Keramahan Ala Jogja di Kota Pusaka Cirebon

Cirebon, 26 Mei 2017,- Cirebon merupakan salah satu kota wisata yang perlu diperhitungkan. Apakah Anda berencana untuk melakukan perjalanan wisata bersama keluarga pada liburan kali ini? Jika ya, cobalah untuk mengunjungi tempat-tempat baru yang belum pernah disinggahi. Tidak harus keluarga negeri, toh masih banyak daerah di nusantara yang belum disinggahi.

Baca Juga : Tradisi Muludan di Cirebon Tak Pernah Sepi

Destinasi yang dapat dipilih pun beragam, tidak melulu hanya Bandung, Jogja, Bali, Malang, Lombok, dan kota-kota besar lainnya. Anda yang tinggal di Pulau Jawa juga memiliki begitu banyak pilihan untuk mengeksplor pulau ini. Salah satunya, Anda dapat mengajak keluarga untuk berlibur ke Cirebon.

Bukan Sekadar Kota Udang

Source – propertynbank

Cirebon merupakan kota dan kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat bagian Timur ini memang terkenal dengan julukannya sebagai Kota Udang. Wajar, mengingat Cirebon yang terletak di pinggir laut dan menghasilkan banyak udang. Akan tetapi, tentu bukan itu yang menjadi daya tarik dan alasan Anda untuk mengunjungi Cirebon.

Kota ini juga menjadi bagian besar dari sejarah bangsa yang tidak dapat diabaikan. Kesultanan Cirebon dulunya merupakan sebuah kesultanan Islam yang terkenal di tanah Jawa Barat pada abad ke-15 dan 16. Kala itu, kesultanan ini juga menjadi pangkalan penting dalam jalur perdagangan dan pelayaran antar pulau. Pendiri Kesultanan Cirebon tidak lain adalah Pangeran Cakrabuana yang merupakan keturunan Kerajaan Pajajaran.

Selain karena faktor historis, Cirebon juga menyediakan beragam kuliner khas serta warisan batiknya yang ikonis. Bagi Anda yang beragama muslim, mengunjungi Cirebon juga bisa sekaligus menjadi aktivitas berziarah wali dan wisata religi. Pasalnya, di kabupaten inilah—sekaligus kawasan Jawa Barat lainnya—Sunan Gunung Jati menyiarkan ajaran Islam kepada masyarakat dan dimakamkan.

BACA YUK:  Rangkaian HUT ke-9, Metland Hotel Cirebon Gelar Aksi Sosial Donor Darah

Seramah Jogja dan Solo

Source – cirebonsatu

Meski berada di tanah yang berbeda dan berbahasa daerah tak sama, Cirebon sedikit banyak akan mengingatkan Anda pada Kota Jogja atau Solo. Pasalnya, Kota Udang masih menyimpan situs warisan budaya leluhur dengan cukup baik. Selain keraton yang nampak secara fisik, kultur masyarakatnya yang damai dan ramah nyaris menyerupai dua kota Jawa khas lainnya.

Baca Juga : 3 Keraton Gelar Tradisi Panjang Jimat

Termasuk keramahannya terhadap biaya. Cirebon bahkan disebut-sebut menjadi salah satu dari lima kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia—lagi, bersaing dengan Solo dan Jogja. Dengan demikian, Anda tak perlu terlalu banyak khawatir jika ingin berwisata di sini.
Termasuk untuk urusan akomodasi menginap. Beragam pilihan hotel dengan tarif terjangkau menjamur di sini. Anda bisa mengecek kesesuaian harga dan fasilitas beserta reservasi hotel ini di berbagai situs pemesanan online seperti Traveloka, Agoda, Pegipegi, dan lain-lain.

Hotel Murah di Cirebon

Sesuai dengan predikat sebagai salah satu kota/kabupaten dengan biaya hidup terendah, tarif untuk berwisata di Cirebon juga cukup murah. Belum lagi jika ditambah dengan berbagai promo jika melakukan reservasi pada travel agent seperti Traveloka Hotel. Anda dan keluarga bisa mendapatkan harga terbaik dengan fasilitas yang tidak akan mengecewakan.
Nah, sebagai referensinya, berikut ini adalah beberapa hotel murah di Cirebon yang pas untuk hunian sementara Anda dan keluarga.
Amaris Hotel Cirebon
Anda mungkin sudah tak lagi asing dengan nama hotel yang berada di mana-mana ini. Amaris Hotel juga hadir di tengah-tengah Kota Udang. Hotel bujet ini beralamat di Jalan Siliwangi no. 70 Cirebon.

BACA YUK:  Serunya Jakarta Humanity Festival, Ajakan Kepedulian Semakin Luas Terbuka

Dari kejauhan, Anda akan dengan mudah menemukan Amaris. Bangunan lima lantai ini memang sangat khas dengan warna-warna cerahnya, baik untuk keperluan eksterior maupun interior.

Fasilitas Amaris Cirebon tidak jauh berbeda dengan fasilitas pada Amaris di kota-kota lainnya. Kamarnya berlantai parket kayu modern, dipadu dengan perabotan kayu ringan lainnya seperti meja, head bed, dan ranjang. Tentu saja, kesan warna-warni juga hadir di setiap kamar menemani warna putih sebagai dasar interior. Anda bisa leluasa beristirahat di kamar ini setelah berkeliling dengan merebahkan diri sembari menonton televisi atau menikmati akses internet di ruang ber-AC.
Cordela Hotel Cirebon
Dari luar, Cordela Hotel Cirebon sangat menarik perhatian. Gedungnya ramping setinggi enam lantai dengan terali kayu yang dikombinasikan dengan balutan kaca khas tren modern. Lokasinya dapat Anda temui di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo 111 Cirebon.

Anda dan keluarga akan menemukan kemewahan dan kenyamanan di salah satu hotel murah di Cirebon ini. Meski dari luar bangunan ini seolah-olah hanya menang secara ukuran vertikal, kenyataannya ruangan di dalam Cordela cukup luas. Lobi, restoran, hingga ruang pertemuan, semua memiliki ukuran yang cukup lega untuk mobilisasi Anda dan tamu lainnya.

BACA YUK:  HAB ke-77 Kementerian Agama Kota Cirebon, Peserta Upacara Kenakan Baju Adat

Pun demikian dengan kamarnya. Seperti Amaris, Cordela menggunakan parket kayu yang dikombinasikan fasilitas bergaya terkini. Ada kursi kayu panjang di dalam kamar yang bisa Anda gunakan untuk bersantai selain di tempat tidur nyaman. Jika bosan dengan acara hiburan televisi atau bermain gadget dengan koneksi internet hotel, Anda bisa mengamati pemandangan luar yang menarik dari dalam kamar.
Hotel Sidodadi
Referensi hotel murah di Cirebon yang terakhir adalah Hotel Sidodadi. Sidodadi memang bukan merupakan hotel berjaringan seperti beberapa hotel yang disebutkan di atas. Namun jangan salah sebab Hotel Sidodadi yang berada di Jalan Siliwangi no. 72 Cirebon ini justru menjadi favorit banyak wisatawan untuk menginap.

Bangunannya tidak mengintimidasi dengan menjulang tinggi. Alih-alih demikian, Sidodadi justru terlihat begitu ramah dan terbuka dengan bangunannya yang luas dan terlihat adem. Eksteriornya menggunakan batu alam ekspos, jalan berpaving, dan tanaman rindang serta hias di mana-mana. Kesan modern yang homey sangat kental terasa di sini.

Luas kamarnya pun cukup lega—cocok untuk Anda yang datang bersama keluarga. Dengan lantai keramik putih yang bersih, furniture kayu jati terlihat begitu serasi. Setiap kamar dilengkapi dengan fasilitas standar seperti tempat tidur nyaman, televisi, AC, meja, kursi, dan koneksi internet. Kamar mandinya pun menyediakan fasilitas air panas.

Selain tiga hotel ini, Cirebon masih memiliki beberapa pilihan menginap berbujet murah untuk Anda dan keluarga. Selamat berwisata!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *