Kepala BI Cirebon: Informasi Data Nasabah Aman dan Tidak Diketahui Lembaga Luar Negeri, Bila Gunakan Kartu GPN

0
66
Launching Gerakan Pembayaran Nasional (GPN) di Kawasan Bima Cirebon, Minggu (29 Juli 2018)

Cirebon,- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon bekerja sama dengan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) se-Ciayumajakuning menggelar kampanye program GPN (Gerbang Pembayaran Nasional), Minggu (29/7/2018).

Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Bima, Kota Cirebon diikuti oleh sembilan bank untuk penukaran dari kartu Debit/ATM ke kartu GPN.

Aston Hotel

Sembilan bank tersebut diantaranya Bank BCA, Bank BRI, Mandiri, BNI, BJB, BTN, Permata, Mandiri Syariah, dan Bank Artha Graha.

Kepala KPw BI Cirebon, M. Abdul Majid Ikram mengatakan GPN merupakan program yang dikembangkan oleh Bank Indonesia yang bertujuan untuk membawa semua transaksi keuangan yang melalui perbankan terutama non tunai untuk menggunakan kartu yang berlogo GPN.

“GPN adalah satu fasilitas satu sistem, yaitu semua transaksi yang dilakukan oleh masyarakat tidak lagi bisa direkam dan feenya diterima oleh lembaga di luar negeri,” ujarnya usai launching ceremony GPN.

Lanjut Majid, GPN dalam hal ini mendorong lembaga-lembaga keuangan, non keuangan untuk mendirikan fasilitas membantu transaksi keuangan yang menggunakan kartu GPN.

“Hal ini penting, kalau kita menggunakan kartu bukan logo GPN, informasi transaksi yang dilakukan pengguna kartu direkam oleh lembaga keuangan yang berdomisili di luar negeri,” bebernya.

“Kemudian, setiap transaksi yang menggunakan kartu bukan GPN sebenarnya dikenakan biaya oleh lembaga luar negeri. Biaya tersebut menjadi pendapatan mereka, dalam pengertian bahwa pendapatan itu adalah menjadi devisa yang keluar,” imbuhnya.

Perhitungan biaya devisa yang keluar, kata Majid, ada sekitar Rp. 10 sampai Rp. 15 triliyun dari hasil transaksi, yang menjadi pendapatan mereka.

“Inilah yang kita coba, jangan sampai biaya yang dikenakan setiap transaksi pendapatannya untuk lembaga luar negeri. Kita berharap bisa masuk untuk negara kita,” terangnya.

Dengan menggunakan kartu GPN ini, kata Majid, informasi data yang dimiliki oleh nasabah lebih aman, dan tidak perlu diketahui oleh lembaga luar negeri.

[Baca juga : Tukarkan Kartu Debit/ATM dengan GPN, ini Keuntungannya]

Pihaknya mendorong kepada masyarakat, untuk bisa menggantikan kartu Debit/ATM nya dari non GPN kepada kartu GPN.

“Alhamdulilah, di wilayah kerja KPw BI Cirebon sudah ada sekitar 15 ribu kartu yang sudah ditukar menggunakan GPN. Kami menargetkan sebanyak-banyaknya untuk bisa memigrasikan kartu lama ke GPN,” jelasnya.

Kegiatan penukaran kartu GPN tidak berhenti sampai sini, penukaran akan berlanjut di tempat-tempat keramaian seperti tanggal 30-31 Juli 2018 ada di CSB Mall. Lalu dilanjut kembali pada tanggal 1 sampai 2 Agustus 2018 di Grage Mall Cirebon. (AC212)