Kendalikan Inflasi, Pemkot Cirebon Kembali Akan Gelar Operasi Pasar

Cirebon,- Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon dalam pekan depan akan menggelar operasi pasar untuk mengendalikan harga komoditas masyarakat, salah satunya beras. Hal ini juga bagian dari upaya Pemerintah Kota Cirebon untuk menekan inflasi.

Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Agus Mulyadi mengatakan operasi pasar merupan bagian dari fokus pemerintah daerah terhadap perkembangan dan pengendalian inflasi, khususnya yang sifatnya volatile food, seperti beras, bawang merah, cabai. Sehingga, dalam waktu dekat akan dilakukan operasi pasar.

“Kita juga sudah merencanakan melakukan operasi pasar. Tentunya operasi pasar ini bekerja sama dengan Bulog dan Bank Indonesia. Rencana pekan ini atau pekan depan,” ujar Agus kepada About Cirebon, Selasa (31/1/2023).

BACA YUK:  Gandeng Pengelola Mal, Hari Jadi ke-597 Cirebon Siap Gelar Cirebon Great Sale

Terkait kenaikan harga beras di pasar, menurut Agus, sangat berpengaruh terhadap inflasi bulan Januari 2023 di Kota Cirebon. Dengan kondisi existing (saat ini), kata Agus, kita sudah merencanakan operasi pasar.

“Itu (kenaikan harga beras) sangat berpengaruh sekali dengan inflasi kita nanti. Oleh karena itu, kita sudah mempersiapkan operasi pasar untuk mengendalikan inflasi,” katanya.

Untuk ketersediaan beras, tambah Agus, sudah melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait. Termasuk, kata Agus, pihaknya bersama stakeholder terkait sudah menghitung kapan terjadinya panen raya.

BACA YUK:  Pj Wali Kota Cirebon Apresiasi Kepolisian dan Stakeholder Terkait Amankan Mudik Lebaran 2024

“Untuk ketersediaan (beras) memang ada yang menurun dii Bulog, hal ini dikarenakan sedang menunggu masa panen. Tapi hasil prediksi bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), sebetulnya stok (beras) untuk tiga bulan ke depan masih aman. Karena setelah tiga bulan akan memasuki masa panen,” pungkasnya. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *