Kenalkan Kamera Lubang Jarum, Klise Photography dan KLJI Gelar Workshop

0
491
Perayaan hari kamera lubang jarum seduania di Cirebon.

Cirebon, 30 April 2017, Dalam rangka memperingkati Hari Kamera Lubang Jarum Sedunia atau World Wide Pin Hole Day, Klise Photograpy Unswagati Cirebon dan Komunitas Lubang Jarum Indonesi (KLJI) Cirebon menggelar Workshop yang berlangsung di area Car Free Day (CFD) Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Minggu (30/04/2017).

Wulan, selaku Ketua Pelaksana mengatakan, peringatan hari kamera lubang jarum sedunia selalu diperingati setiap minggu terakhir di bulan April. Kebetulan tahun ini bertepatan pada hari Minggu 30 April 2017 dengan mengadakan workshop, hunting foto bersama, gelar karya, dan membuat kamera bareng.

Aston Hotel

Katanya, kegiatan ini digelar di area CFD Jalan Siliwangi bertujuan, agar masyarakat yang melihat bisa tahu sejarah dari kamera, kemudian bisa melihat cara pembuatan kamera lubang jarum hingga proses pencucian kertas hasil jepretan.

Kemudian, Ketua KLJI Cirebon, Ramdhan menambahkan, ini merupakan peringatan rutin hanya sekedar hunting bareng, belajar kamera, pembuatan kamera menggunakan kaleng, hingga proses pencucian hasilnya.

Lanjut dia, peringatan hari kamera lubang jarum ini tujuannya sekaligus kampanye, bahwa pentingnya kamera lubang jarum untuk mengajarkan kita proses photograpy olah rasa, olah pikir dalam mengenal dunia photogrpy.

Teja Berlian
Teja Berlian 2
Teja Berlian 3

” Jaman sekarang benar-benar dimanjakan dengan dunia yang instan. Perayaan ini juga ingin mengkampanyekan, bahwa barang-barang bekas bisa digunakan dan bernilai bendanya menjadi kamera seperti kardus bekas dan kaleng bekas,” ujarnya kepada About Cirebon.

Pada kegiatan tersebut, dihadiri oleh pelopor KLJI Ray Bachtiar dan banyak juga masyarakat yang penasaran dan ingin mencoba mengabadikan gambar menggunakan kamera lubang jarum. Masyarakat yang hadir dan ingin mencoba cukup dengan membeli kertas khusus dengan harga Rp. 5 ribu.

“Mudah-mudahan, dengan adanya kegiatan ini, bisa lebih mengenalkan kepada masyarakat tentang kamera lubang jarum dan bisa memanfaatkan barang bekas sebagi media kamera,” harapnya. (AC212)