Kementerian Agama Kota Cirebon Luncurkan Buku Pembinaan Perkawinan

Cirebon,- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Cirebon menggelar bimbingan perkawinan pra nikah bagi calon pengantin. Kegiatan itu diselenggarakan di Aula Kantor Kemenag, Komplek Perkantoran Bima, Kota Cirebon, Selasa (16/5/2023).

Selain menggelar bimbingan perkawinan, Kemenag Kota Cirebon juga melakukan pengecekan kesehatan, tes HIV dan meluncurkan modul Binwin (Pembinaan Perkawinan) Kemenag Kota Cirebon. Buku tersebut berjudul “Modul Pembinaan Perkawinan – Keluarga: Pondasi Utama Kemajuan Bangsa & Agama”.

Kepala Seksi Bimas Islam Kementerian Agama Kota Cirebon, Rizki Riyadu Taufiq mengatakan ada sebanyak 75 pasangan calon pengantin mengikuti bimbingan perkawinan pra nikah. Selain itu, lanjut Rizki, Kementerian Agama Kota Cirebon meluncurkan modul pembinaan perkawinan.

BACA YUK:  Sejarah baru! LPS Sehatkan Kembali BPR Indramayu Jabar

“Modul ini dapat dijadikan pedoman awal bagi calon pengantin dalam rangka membina rumah tangga. Sekiranya ada problematika dalam rumah tangga, modul tersebut pun dapat menjadi acuan dalam mencari solusi,” ujar Rizki.

Setiap insan, kata Rizki, pasti memiliki harapan dapat membangun rumah tangga yang harmonis dan memiliki anak-anak sholeh. Namun problematika senantiasa datang menguji keutuhan rumah tangga.

“Kadangkala sulit ditemukan solusi atas problematika itu. Dengan kehadiran buku ini, para pengantin diharapkan memperoleh titik terang dalam mengatasi permasalahannya,” jelasnya.

BACA YUK:  Kenalkan Sejarah Perkeretaapian di Cirebon, HUT ke-112 Stasiun Cirebon Adakan Napak Tilas

Ada delapan topik yang diangkat dalam buku ini, mengusung tema keluarga sakinah dari berbagai perspektif.

Saefuddin Jazuli selaku kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon menyambut gembira atas peluncurannya. Dikatakannya bahwa buku tersebut ringkas namun kaya akan manfaat.

“Buku ini ringkas namun bermanfaat dalam memberikan pengetahuan dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Dengan peluncuran buku ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kehidupan rumah tangga di kota cirebon,” ujar Saefuddin.

Pihaknya berharap dengan terbitnya buku tersebut, para penyuluh agama, penghulu, dan Kepala KUA di seluruh jajaran Kemenag Kota Cirebon memahami langkah-langkah dan upaya mengatasi problematika umat dikalangan masyarakat pada umumnya dan khususnya di Kota Cirebon.

BACA YUK:  Re-Opening, Kini Toko Mas Pantes Cabang Sindang Laut Lebih Luas dan Nyaman

“Kami harap buku ini dapat disebarluaskan ke seluruh lapisan masyarakat khususnya bagi calon pengantin untuk dijadikan pedoman hidup dalam mengarungi hidup berumah tangga yang sakinah, mawaddah dan warohmah,” pungkasnya. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *