Rabu, 26 Februari 2020

Kemendikbud Gelar Ekspresi Seni Media di Ruang Publik di Grage City Mall

Populer

Satlantas Polres Cirebon Kota Gelar Operasi Jaran Lodaya 2020, Ini Sasarannya

Cirebon,- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cirebon Kota menggelar Operasi Jaran Lodaya 2020 yang berlangsung dari tanggal 22 Februari...

McDonald’s Kembali Membuka Gerainya di Kota Cirebon, Ini Kelebihannya

Cirebon,- McDonald’s Indonesia kembali membuka gerainya kembali yang bertempat di Jalan Brigjen Darsono, Bypass, Kota Cirebon dan akan resmi...

KPP Pratama Cirebon Dua Gelar Pelatihan Media Sosial

Cirebon,- Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cirebon Dua yang berlokasi di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon, menggelar pelatihan...

Pertama di Indonesia, Imigrasi Cirebon Hadirkan Pelayanan Paspor Senja Hingga Malam Hari

Cirebon,- Setelah sukses menghadirkan program Imigrasi Masuk Desa, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon kembali menghadirkan terobosan baru yakni...

Sultan Sepuh XIV Prihatin Atas Rusaknya Situs Petilasan Matangaji

Cirebon,- Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon, PRA. Arief Natadiningrat sangat prihatin atas kejadian rusaknya petilasan Matangaji yang berada...

Cirebon,- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Direktorat Jendral Kebudayaan, dan Direktorat Kesenian bekerjasama dengan pemerintah Kota Cirebon dan managment Grage City Mall, menggelar kegiatan Pendukungan Ekspresi Seni Media di Ruang Publik, yang berlangsung di Atrium Grage City Mall, Jalan Jend. A. Yani, Kota Cirebon, Sabtu (20/10/2018).

Kegiatan dalam rangka mendukung perkembangan Seni Media di Indonesia, tahun ini dilaksanakan di empat kota, diantaranya Lombok, Cimahi, Purwakarta, dan terakhir di Kota Cirebon.

Tubagus Sukmana, selaku Kasubdit Seni Media Direktorat Kesenian Kemendikbud mengatakan khusus di Cirebon, kegiatan Ekspresi Seni Media di Ruang Publik bekerja sama dengan tiga komunitas dari Cirebon dan demo dari Kendang Seni Media.

“Tiga komunitas tersebut yaitu Rumah Kreatif Wajiwa, Komunitas Robotic Cirebon, dan Komunitas WPAP. Sedangkan, Kendang Seni adalah kendang tradisional yang cara memainkannya menggunakan teknologi berbasis Arduino,” ujarnya dalam sambutan.

Loading...

Lanjut Tubagus, kegiatan Pendukungan Ekspresi Seni Media di Ruang Publik, kebetulan ruang publiknya berada di dalam mall.

Pihaknya sengaja mengadakan kegiatan ini untuk menjemput bola untuk menggandeng dan mengajak semua masyarakat, khususnya di Kota Cirebon untuk bisa mengenali. Kemudian, untuk mengapresiasi dan sekaligus bisa belajar, serta menghargai karya-karya para pelaku atau penggiat seni.

“Mudah-mudahan pemerintahan Kota Cirbeon maupun Kabupaten juga punya kesempatan untuk memberikan ruang, agar karya-karya kreatif ini bisa diapresiasi oleh masyarakat banyak, demikian juga kepada para pelajar,” terangnya.

Tubagus menjelaskan, pada kesempatan kali ini misalnya, kolaborasi antara seni media dengan pertunjukan tradisional tari topeng menciptakan sebuah karya yang modern tanpa meninggalkan ciri khas dari seni aslinya.

Tubagus menambahkan, tentu saja dengan begitu diharapkan mampu meningkatkan minat generasi muda untuk dapat mengenal tradisi budaya lokal.

“Hal ini dapat dimaklumi, mengingat banyak generasi muda saat ini lebih tertarik dengan sesuatu yang modern,” ungkapnya.

Pemanfaatan bentuk digital, kata Tubagus, dari seni tradisional menjadi salah satu upaya untuk membangun dan menjaga keragaman budaya yang kita miliki. Pun demikian, dengan pemanfaatan teknologi berbasisi robotic yang dikreasikan bisa menjadi ciri khas Cirebon melalu karya-karya mereka.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap semakin banyak generasi muda yang tergerak untuk memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai media menjaga kebudayaan tradisional, sekaligus menciptakan wadah untuk dapat berkarya, mengekspresikan krearivitas yang positif,” harapnya.

Sementara itu, Managing Director Grage Group, Ratu Sukmayani mengatakan Grage Group dalam hal ini Grage City Mall menyambut baik dan mendukung kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemendikbud.

“Kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan Kemendikbud untuk menyelenggarakan kegiatan ini di GCM, karena acara ini terselenggara hanya di empat kota,” ucapnya.

“Artinya, kegiatan ini juga seiring dengan GCM yang diharapakan menjadi suatu tempat untuk para generasi muda itu mengekspresikan, menampilkan aktivitas yang kreatif dengan kemajuan teknologi yang saat ini semakin berkembang,” singkatnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Tingkatkan Pelayanan, Indosat Ooredoo Kembali Membuka Gerai Baru di Kota Cirebon

Cirebon,- Untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelanggan, Indosat Ooredo kembali menambah gerai baru di Kota Cirebon, Selasa (25/2/2020). Terletak di...

BPOM Jawa Barat Sita Ribuan Kosmetik Tanpa Ijin Edar di Cirebon

Cirebon,- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Jawa Barat menyita ribuan kosmetik yang diduga ilegal di rumah penyimpanan di Jalan Tuparev, Kabupaten Cirebon, Senin...

Deputi Gubernur Bank Indonesia: Cirebon Memiliki Potensi yang Bisa Dikembangkan

Cirebon,- Deputi Gubernur Bank Indonesia, Rosmaya Hadi melihat beberapa potensi yang bisa dikembangkan di Cirebon. Bahkan, Cirebon memiliki daya akses yang sangat luar biasa...

Akibat Banjir Jakarta, Sejumlah Perjalanan Kereta di Daop 3 Cirebon Alami Keterlambatan

Cirebon,- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 3 Cirebon menyampaikan permohonan maaf kepada para pengguna jasa kereta api jarak jauh (KA Intercity)...

Crab 1818 Kini Hadir di Foodalicious CSB Mall

Cirebon,- Restoran Pelopor Bancakan Seafood pertama di Kota Cirebon, Crab 1818 kembali membuka outletnya di Kota Cirebon, tepatnya di Foodalicious CSB Mall, Senin (24/2/2020).Sebelumnya,...

More Articles Like This