Kamis, 28 Mei 2020

Kemendikbud Gelar Ekspresi Seni Media di Ruang Publik di Grage City Mall

Populer

H-3 Lebaran Idulfitri Kendaraan Roda Dua Padati Jalur Pantura Cirebon

Cirebon,- H-3 menjelang Hari Raya Idulfitri, Jalur Pantura Cirebon dipadati kendaraan roda dua dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah,...

Tetap Dukung PSBB, Grage Mall dan Grage City Mall Memilih Buka Sehabis Lebaran

Cirebon,- Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Cirebon di perpanjang mulai hari ini tanggal 20 Mei - 2...

Inilah Keputusan Bupati Cirebon dan Peraturan Bupati Cirebon tentang PSBB

Keputusan Bupati Cirebon Nomor : 443/Kep.235-Hukum/2020 tentang Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Wilayah Hukum Kabupaten Cirebon dalam rangka...

Inilah Peraturan Wali Kota Cirebon tentang PSBB Tahap Kedua

Peraturan Wali Kota Cirebon No. 15 Tahun 2020. Klik : PDF PERWAL NO 17 TH 2020 TTG PSBB Tahap...

Update Kasus Covid-19 di Kota Cirebon Tanggal 21 Mei 2020

Cirebon,- Kasus terkonfirmasi positif Corona atau Covid-19 di Kota Cirebon berdasarkan data yang dirilis oleh laman resmi pusat informasi...

Cirebon,- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Direktorat Jendral Kebudayaan, dan Direktorat Kesenian bekerjasama dengan pemerintah Kota Cirebon dan managment Grage City Mall, menggelar kegiatan Pendukungan Ekspresi Seni Media di Ruang Publik, yang berlangsung di Atrium Grage City Mall, Jalan Jend. A. Yani, Kota Cirebon, Sabtu (20/10/2018).

Kegiatan dalam rangka mendukung perkembangan Seni Media di Indonesia, tahun ini dilaksanakan di empat kota, diantaranya Lombok, Cimahi, Purwakarta, dan terakhir di Kota Cirebon.

Tubagus Sukmana, selaku Kasubdit Seni Media Direktorat Kesenian Kemendikbud mengatakan khusus di Cirebon, kegiatan Ekspresi Seni Media di Ruang Publik bekerja sama dengan tiga komunitas dari Cirebon dan demo dari Kendang Seni Media.

“Tiga komunitas tersebut yaitu Rumah Kreatif Wajiwa, Komunitas Robotic Cirebon, dan Komunitas WPAP. Sedangkan, Kendang Seni adalah kendang tradisional yang cara memainkannya menggunakan teknologi berbasis Arduino,” ujarnya dalam sambutan.

Loading...

Lanjut Tubagus, kegiatan Pendukungan Ekspresi Seni Media di Ruang Publik, kebetulan ruang publiknya berada di dalam mall.

Pihaknya sengaja mengadakan kegiatan ini untuk menjemput bola untuk menggandeng dan mengajak semua masyarakat, khususnya di Kota Cirebon untuk bisa mengenali. Kemudian, untuk mengapresiasi dan sekaligus bisa belajar, serta menghargai karya-karya para pelaku atau penggiat seni.

“Mudah-mudahan pemerintahan Kota Cirbeon maupun Kabupaten juga punya kesempatan untuk memberikan ruang, agar karya-karya kreatif ini bisa diapresiasi oleh masyarakat banyak, demikian juga kepada para pelajar,” terangnya.

Tubagus menjelaskan, pada kesempatan kali ini misalnya, kolaborasi antara seni media dengan pertunjukan tradisional tari topeng menciptakan sebuah karya yang modern tanpa meninggalkan ciri khas dari seni aslinya.

Tubagus menambahkan, tentu saja dengan begitu diharapkan mampu meningkatkan minat generasi muda untuk dapat mengenal tradisi budaya lokal.

“Hal ini dapat dimaklumi, mengingat banyak generasi muda saat ini lebih tertarik dengan sesuatu yang modern,” ungkapnya.

Pemanfaatan bentuk digital, kata Tubagus, dari seni tradisional menjadi salah satu upaya untuk membangun dan menjaga keragaman budaya yang kita miliki. Pun demikian, dengan pemanfaatan teknologi berbasisi robotic yang dikreasikan bisa menjadi ciri khas Cirebon melalu karya-karya mereka.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap semakin banyak generasi muda yang tergerak untuk memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai media menjaga kebudayaan tradisional, sekaligus menciptakan wadah untuk dapat berkarya, mengekspresikan krearivitas yang positif,” harapnya.

Sementara itu, Managing Director Grage Group, Ratu Sukmayani mengatakan Grage Group dalam hal ini Grage City Mall menyambut baik dan mendukung kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemendikbud.

“Kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan Kemendikbud untuk menyelenggarakan kegiatan ini di GCM, karena acara ini terselenggara hanya di empat kota,” ucapnya.

“Artinya, kegiatan ini juga seiring dengan GCM yang diharapakan menjadi suatu tempat untuk para generasi muda itu mengekspresikan, menampilkan aktivitas yang kreatif dengan kemajuan teknologi yang saat ini semakin berkembang,” singkatnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Tenant Grage Mall Dan Grage City Mall Siap Ikuti Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19

Cirebon,- Grage Group akan membuka operasional Grage Mall dan Grage City Mall, mulai Kamis 28 Mei 2020.Operasional Mall akan...

Mulai Besok Grage Mall dan Grage City Mall Siap Beroperasi Kembali

Cirebon,- Setelah menutup sementara operasional mall, Grage Group memutuskan Grage Mall dan Grage City Mall akan dibuka kembali besok, Kamis 28 Mei 2020.Seluruh tenant...

Kondisi Rumah Sangat Memprihatikan, Baznas Kota Cirebon Turun Tangan⁣ ⁣

Cirebon,- Sungguh mengejutkan saat memasuki rumah warga di RT 005 RW 001 No. 196 Gg. Rebon Pesisir Selatan Kelurahan Panjunan Kec. Lemahwungkuk Kota Cirebon⁣,...

Dampak Pandemi, Oleh-oleh Khas Cirebon Turun Hingga 90 Persen

Cirebon,- Dampak dari Pandemi Covid-19 dan juga larangan mudik oleh pemerintah, mengakibatkan omset tempat oleh-oleh khas Cirebon menurun drastis.Seperti yang dialami toko Oleh-oleh Daud...

25 Tahun Telkomsel Konsisten Melayani Negri Untuk Terus Bergerak Maju Bersama Indonesia

Jakarta,- Pada hari ini Telkomsel telah hadir di tengah masyarakat selama genap 25 tahun. Selama perjalanannya, Telkomsel secara konsisten memperkuat komitmen untuk mendampingi dan...

More Articles Like This