Kemenag Kota Cirebon Gelar Bimbingan Manasik Haji Massal 2019

0
15

Cirebon,- Kementerian Agama (Kemenag) Kota Cirebon menggelar kegiatan bimbingan manasik haji massal tingkat Kota Cirebon tahun 1440 Hijriah/2019 Masehi, yang berlangsung di Aula Korem 063/SGJ, Jalan Brigjen Darsono, Bypass, Kota Cirebon, Senin (24/6/2019).

Kegiatan bimbingan manasik haji massal untuk Calon Jemaah Haji (CJH) Tingkat Kota Cirebon dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Asep Dedi.

Aston Hotel

1. Pembekalan Untuk CJH

Asep menyampaikan kegiatan bimbingan manasik haji massal tingkat Kota Cirebon merupakan persiapan untuk pemberangkatan haji pada tahun 2019.

“Pada kegiatan ini KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) yang ada di Kota Cirebon, Kemenag dan juga tim panitia pemberangkatan dan pemulangan haji memberikan bimbingan kepada CJH agar saat di tanah suci yang berkaitan dengan ibadah bisa dikomunikasikan dari sekarang,” ujar Asep usai membuka kegiatan.

Lanjut Asep, walaupun sudah ada petugas, tetapi harus ada komunikasi-komunikasi dan penjelasan teknis yang lebih jelas kepada CJH.

“Sehingga, bekal dan persiapan dari bimbingan manasik haji ini bisa diikuti dengan baik dan cermat oleh CJH,” terangnya.

2. Dibagi Perkelas

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Cirebon, Muh. Mulyadi menjelaskan pada hari ini merupakan kegiatan bimbingan Manasik Haji Massal I, dan besok (25/6) sampai hari Minggu (30/6) manasik tingkat kecamatan.

“Insyaallah akan dilaksanakan di MTS Cirebon I yang klasikal, dari total CJH akan dibagi perkelas,” ujarnya kepada About Cirebon usai kegiatan.

Lanjut Mulyadi, sistem manasik perkelas ini menjadi efektif, karena CJH dibagi perkelas dengan masing-masing pembimbing.

“Biasanya kan bimbingan manasik haji ini digabung menjadi satu kelompok,” terangnya.

Untuk materi yang diberikan, tambah Mulyadi, semua CJH akan mendapat materi yang berkaitan dengan manasik haji, teori, dan dua hari terakhi akan dilakukan praktek.

“Nanti pada tanggal 1 Juli 2019 akan dilakukan penutupan,” jelasnya.

3. Jumlah Jemaah Dari Kota Cirebon

Mulyadi mengatakan untuk pemberangkatan CJH Kota Cirebon akan berangkat ke tanah suci pada tanggal 29 Juli 2019 dari Makorem 063/SGJ.

“Dan kembali lagi ke tanah air pertengahan bulan Agustus pada tanggal 16,” sebutnya.

Total CJH dari Kota Cirebon, kata Mulyadi, sebanyak 331 Jemaah yang akan berangkat, ditambah petugas kloter dan TPHD menjadi 341.

“Sisanya karena satu kloter berjumlah 410 jemaah, maka digabung dengan CJH dari Bekasi ditambah 2 jemaah dari Kabupaten Cirebon,” bebernya.

4. Himbauan Kemenag

Terkait suhu di tanah suci yang mencapai 40 derajat celcius, Mulaydi menghimbau kepada seluruh CJH saat di tanah suci jangan terlalu banyak keluar pada saat siang hari.

“Terus banyakin minum air putih dan jangan dingin, sering makan buah agar tidak dehidrasi,” imbaunya. (AC212)