Rabu, 12 Agustus 2020

Kelompok Binaan Cirebon Power Berhasil Panen Udang Vaname 1 Ton

Populer

Inilah Tambahan 16 Kasus Baru Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon

Cirebon,- Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon bertambah 16 kasus baru. Penambahan baru tersebut merupakan kasus ke-79 sampai...

8 Orang Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Lalu Lintas di Tol Cipali

Cirebon,- Delapan orang tewas dalam kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Tol Cikopo - Palimanan (Cipali) KM 184.300, Senin...

Budidaya Ikan Dalam Ember Semakin Diminati di Tengah Pandemi⁣

Cirebon,- Budidaya ikan lele dan ikan patin merupakan salah satu peluang usaha dengan keuntungan yang sangat menggiurkan. Bahkan, untuk...

Sentosa Live Seafood Market Hadir di Kota Cirebon

Cirebon,- Sentosa Live Seafood Market by Kharisma hadir di Kota Cirebon. Restoran Seafood hidup pertama di Kota Cirebon ini...

Terkait Pengukuhan Polmak Oleh Keturunan Sultan Kasepuhan XI, Putra Mahkota Angkat Bicara

Cirebon,- Keturunan Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon XI, Radja Jamaludin Aluda Tajul Arifin, Rahardjo Djali mengukuhkan dirinya sebagai Polmak atau...

Cirebon,- Senyum merekah terlihat di bibir Toangga, pria ini merupakan Ketua Kelompok Budidaya Udang Vaname Segara Biru, Desa Citemu Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, yang merupakan mitra binaan Cirebon Power.

Toangga sedang bahagia, pasalnya, udang yang dibudidayakannya, sudah berhasil dipanen. Jumlahnyapun tidak sedikit. Diperkirakan, panen udang pertamanya itu, berjumlah sekitar satu ton.

Bukan hal yang mudah untuk bisa mencapai keberhasilan ini. Kelompoknya, sempat mengalami kegagalan hingga dua kali. Beruntung, untuk ketiga kalinya, ia bersama rekan-rekan di kelompoknya, bisa merasakan panen yang cukup besar.

Loading...

“Alhamdulillah, sekarang bisa panen. Senang sekali,” ujar Angga, Kamis (9/7/2020).

Angga mengaku, keberhasilan budidaya ini, salah satunya berkat andil dan dukungan dari Cirebon Power. Menurut Angga, Cirebon Power sangat maksimal dalam memberikan dukungan kepada kelompoknya.

“Cirebon Power sangat maksimal dalam memberikan dukungan, baik itu dari segi fasilitas, maupun memberikan pendampingan kepada tim ahli,” ungkapnya.

Dengan memanfaatkan tambak seluas 50 x 12 meter yang berlokasi tak jauh dari pembangkit Cirebon Power, Angga bersama sejumlah anggota lainnya membudidayakan benur udang vaname sebanyak 70 ribu benih.

Setelah dibudidaya selama tiga bulan, hasil tambak tersebut akhirnya bisa berhasil dipanen. Udang hasil panennya pun langsung dipesan oleh pedagang.

“Langsung dipesan oleh pedagang dari Indramayu. Udangnya langsung diangkut setelah panen. Hasil panennya sekitar satu ton,” kata Angga.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih, kepada Cirebon Power, atas dukungan yang telah diberikan, sehingga akhirnya bisa berhasil melakukan budidaya udang vaname.

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Cirbeon Power, atas bantuan dan dukungannya selama ini,” ucapnya.

Hal serupa disampaikan Carwita, pria ini juga terlibat langsung dalam budidaya udang vaname ini. Menurut Carwita, pertama kali melakukan budidaya, ia dan rekannya tersebut mengalami kegagalan. Begitu pula saat upaya yang kedua.

“Saat pertama, udangnya tidak berkembang. Budidaya kedua, baru lima hari bibitnya mati. Alhamdulillah yang ketiga berhasil,” ujar Carwita.

Carwita mengungkapkan, betapa maksimalnya dukungan yang diberikan oleh Cirebon Power. Selain membantu pembiayaan, Cirebon Power juga membantu pembuatan kincir air, terpal tambak, instalasi listrik, dan masukan serta saran yg produktif.

Ia juga sempat mengikuti studi banding langsung ke salah satu petambak di Pemalang, dengan difasilitasi oleh Cirebon Power. Dari kunjungan itu pula, ia mengaku banyak mendapatkan pengalaman.

“Awalnya, untuk menjalankan kincir air ini menggunakan solar. Ternyata boros. Setelah kunjungan ke Pemalang, ternyata mereka menggunakan listrik. Akhirnya diubah menggunakan listrik,” jelas Carwita.

Sementara itu, Senior Corporate Affairs Manager Cirebon Power, Yusuf Arianto mengaku ikut bangga dengan berhasilnya panen budidaya udang vaname ini.

Menurut Yusuf, pihaknya memang memiliki program, untuk mengembangkan mata pencaharian masyarakat. Salah satunya, adalah dukungan terhadap budidaya udang vaname.

Dukungan yang diberikan, salah satunya adalah pembiayaan dan pinjaman dana bergulir. Dimana dana bergulir ini, ketika sudah dibayarkan, maka akan kembali digunakan untuk mendukung kegiatan ini kembali.

“Nanti, uangnya akan kembali digulirkan untuk mendukung kegiatan ini,” jelas Yusuf.

Yusuf juga berharap, budidaya ini bisa berkembang dan bisa menambah jumlah tambak yang digunakan. Selain itu, ia juga berharap kelompok ini, nantinya bisa berbagi pengalaman kepada masyarakat lainnya.

“Kami komitmen untuk terus memberikan dukungan terhadap budidaya ini, guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di sekitar pembangkit,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Kendaraan Elf yang Terlibat Kecelakaan di Cipali Diduga Ada Pelanggaran Trayek Angkutan Umum

Cirebon,- Kendaraan mikrobus jenis elf bernomor polisi D-7013-AN yang terlibat kecelakaan lalu lintas di Tol Cipali KM 184.300 pada...

Kasus Kecelakaan Lalu Lintas Cipali Masuk Tahap Penyidikan

Cirebon,- Kasus kecelakaan lalu lintas di Tol Cikopo - Palimanan (Cipali) KM 184.300 yang mengakibatkan 8 orang meninggal dunia dan belasan luka-luka pada Senin...

Aston Cirebon Hotel Gelar Donor Darah dengan Menerapkan Protokol Kesehatan

Cirebon,- Aston Cirebon Hotel & Convention Center menggelar kegiatan donor darah yang berlangsung di Onyx Room Aston Cirebon Hotel, Selasa (11/8/2020).Aksi sosial donor darah...

Pertashop Pertamina Hadir di 19 Provinsi, Siap Layani Masyarakat Desa

Jakarta,- PT Pertamina (Persero) terus menjalankan program pembangunan Pertamina Shop (Pertashop) di seluruh wilayah Indonesia. Hingga Agustus 2020, mini outlet Pertashop telah hadir di...

13 Korban Kecelakaan Cipali Masih Perawatan dan 2 Orang Sudah Diperbolehkan Pulang

Cirebon,- Korban kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Tol Cikopo - Palimanan KM 184.300 pada Senin (10/8/2020) kemarin masih menjalani perawatan di Rumah Sakit...

More Articles Like This