Selasa, 30 November 2021

Kelompok Binaan Cirebon Power Berhasil Panen Udang Vaname 1 Ton

Populer

UMK Kota Cirebon Tahun 2022 Naik Sebesar Rp. 33 Ribu

Cirebon,- Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cirebon dan Dewan Pengupahan Kota (Depeko) telah menggelar rapat penetapan Upah Minimum Kota...

Barisa Cafe Usung Konsep Pantai Lengkap dengan Pasirnya

Cirebon,- Jika kamu rindu dengan suasana pantai di Bali, kafe ini menghadirkan konsep dengan suasana pantai. Namanya Barisa Cafe,...

Open Bidding di Pemkab Cirebon Minta Pendampingan KPK RI

Cirebon,- Pemerintah Kabupaten Cirebon meminta para pejabat Eselon II yang ikut tes seleksi open bidding mampu membuat inovasi untuk kemajuan...

Pengurus Ikatan Alumni UGJ Cirebon Periode 2021 – 2025 Resmi Dilantik

Cirebon,- Pengurus Ikatan Alumni (IKA) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) periode 2021-2025 resmi dilantik. Pelantikan tersebut berlangsung di Ruang...

Catat Tanggalnya, TDA Cirebon Gandeng Lintas Institusi Gelar Pesta Wirausaha dan Vaksinasi

Cirebon,- Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Cirebon bersama Polres Cirebon Kota, Pemerintah Daerah Kota Cirebon dan komunitas lainnya akan...

Cirebon,- Senyum merekah terlihat di bibir Toangga, pria ini merupakan Ketua Kelompok Budidaya Udang Vaname Segara Biru, Desa Citemu Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, yang merupakan mitra binaan Cirebon Power.

Toangga sedang bahagia, pasalnya, udang yang dibudidayakannya, sudah berhasil dipanen. Jumlahnyapun tidak sedikit. Diperkirakan, panen udang pertamanya itu, berjumlah sekitar satu ton.

Bukan hal yang mudah untuk bisa mencapai keberhasilan ini. Kelompoknya, sempat mengalami kegagalan hingga dua kali. Beruntung, untuk ketiga kalinya, ia bersama rekan-rekan di kelompoknya, bisa merasakan panen yang cukup besar.

Loading...

“Alhamdulillah, sekarang bisa panen. Senang sekali,” ujar Angga, Kamis (9/7/2020).

Angga mengaku, keberhasilan budidaya ini, salah satunya berkat andil dan dukungan dari Cirebon Power. Menurut Angga, Cirebon Power sangat maksimal dalam memberikan dukungan kepada kelompoknya.

“Cirebon Power sangat maksimal dalam memberikan dukungan, baik itu dari segi fasilitas, maupun memberikan pendampingan kepada tim ahli,” ungkapnya.

BACA YUK:  Tingkatkan Pemahaman Layanan Jasa Keuangan, OJK Cirebon Gelar Kegiatan BIK 2021

Dengan memanfaatkan tambak seluas 50 x 12 meter yang berlokasi tak jauh dari pembangkit Cirebon Power, Angga bersama sejumlah anggota lainnya membudidayakan benur udang vaname sebanyak 70 ribu benih.

Setelah dibudidaya selama tiga bulan, hasil tambak tersebut akhirnya bisa berhasil dipanen. Udang hasil panennya pun langsung dipesan oleh pedagang.

“Langsung dipesan oleh pedagang dari Indramayu. Udangnya langsung diangkut setelah panen. Hasil panennya sekitar satu ton,” kata Angga.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih, kepada Cirebon Power, atas dukungan yang telah diberikan, sehingga akhirnya bisa berhasil melakukan budidaya udang vaname.

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Cirbeon Power, atas bantuan dan dukungannya selama ini,” ucapnya.

Hal serupa disampaikan Carwita, pria ini juga terlibat langsung dalam budidaya udang vaname ini. Menurut Carwita, pertama kali melakukan budidaya, ia dan rekannya tersebut mengalami kegagalan. Begitu pula saat upaya yang kedua.

BACA YUK:  Tingkatkan Pemahaman Layanan Jasa Keuangan, OJK Cirebon Gelar Kegiatan BIK 2021

“Saat pertama, udangnya tidak berkembang. Budidaya kedua, baru lima hari bibitnya mati. Alhamdulillah yang ketiga berhasil,” ujar Carwita.

Carwita mengungkapkan, betapa maksimalnya dukungan yang diberikan oleh Cirebon Power. Selain membantu pembiayaan, Cirebon Power juga membantu pembuatan kincir air, terpal tambak, instalasi listrik, dan masukan serta saran yg produktif.

Ia juga sempat mengikuti studi banding langsung ke salah satu petambak di Pemalang, dengan difasilitasi oleh Cirebon Power. Dari kunjungan itu pula, ia mengaku banyak mendapatkan pengalaman.

“Awalnya, untuk menjalankan kincir air ini menggunakan solar. Ternyata boros. Setelah kunjungan ke Pemalang, ternyata mereka menggunakan listrik. Akhirnya diubah menggunakan listrik,” jelas Carwita.

Sementara itu, Senior Corporate Affairs Manager Cirebon Power, Yusuf Arianto mengaku ikut bangga dengan berhasilnya panen budidaya udang vaname ini.

Menurut Yusuf, pihaknya memang memiliki program, untuk mengembangkan mata pencaharian masyarakat. Salah satunya, adalah dukungan terhadap budidaya udang vaname.

Dukungan yang diberikan, salah satunya adalah pembiayaan dan pinjaman dana bergulir. Dimana dana bergulir ini, ketika sudah dibayarkan, maka akan kembali digunakan untuk mendukung kegiatan ini kembali.

BACA YUK:  Tumbuhkan Minat Olahraga, ANT Sport Center Gelar Berbagai Turnamen Olahraga

“Nanti, uangnya akan kembali digulirkan untuk mendukung kegiatan ini,” jelas Yusuf.

Yusuf juga berharap, budidaya ini bisa berkembang dan bisa menambah jumlah tambak yang digunakan. Selain itu, ia juga berharap kelompok ini, nantinya bisa berbagi pengalaman kepada masyarakat lainnya.

“Kami komitmen untuk terus memberikan dukungan terhadap budidaya ini, guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di sekitar pembangkit,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Kenaikan Harga Minyak Goreng Harus Diredam

Jakarta,- Gejolak kenaikan harga minyak goreng hingga akhir tahun diprediksi masih terus merangkak naik. Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik...

Ratusan ASN di Kota Cirebon Dapat Anugerah Satyalancana Karya Satya

Cirebon,- Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), Pemerintah Daerah Kota Cirebon memberikan anugerah kepada 218 Aparatur Sipil Negara (ASN). Anugerah...

Hadirkan Program Yes Preneur, Anis Matta: UMKM Masa Depan dan Pilar Ekonomi Indonesia

Cirebon,- Ketua Umum Partai Gelora, Anis Matta bersama rombongan terus melakukan roadshow ke berbagai daerah di Indonesia. Kali ini, Ketua Umum bersama rombongan mengunjungi...

Jalin Kemitraan, RS Sumber Kasih Cirebon Gelar Kompetisi Futsal

Cirebon,- Rumah Sakit Sumber Kasih Cirebon menggelar Futsal Competition bersama mitra kerja. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari 27 -28 November 2021 di Lapangan...

More Articles Like This