Kecintaan Hariyani Prasetyaningtyas terhadap Dunia Perpustakaan Membuahkan Banyak Prestasi

Cirebon,- Kecintaan di bidang perpustakaan, dirasakan oleh Hariyani Prasetyaningtyas. Seorang librarian yang bekerja di BPK Penabur Cirebon sejak tahun 1999 sampai dengan saat ini. Berbagai torehan prestasi di bidang perpustakaan telah diraihnya, dari tingkat provinsi hingga nasional.

Sejak duduk di bangku SMA, wanita yang akrab disapa Yayas ini mengaku sangat senang dan tertarik di bidang perpustakaan, sehingga ingin menyelami lebih dalam. Kemudian, memutuskan untuk menempuh pendidikan Ilmu Perpustakaan UGM Jogjakarta dan lulus tahun 1998.

“Awalnya ragu-ragu sebenarnya, tetapi akhirnya jurusan ini menjadi pilihan untuk lebih menekuni dunia perpustakaan. Hingga akhirnya saya diterima di UGM. Dari sini tumbuhlah kecintaan yang mendalam,” ujarnya kepada About Cirebon melalui pesan singkat.

BACA YUK:  Pluang Hadiri Pra-KTT 2 Y20 Indonesia 2022 di Lombok, Bahas Transformasi Digital

Sejak saat itu, Yayas mendapatkan banyak karya yang inovatif di berbagai bidang dan mendapatkan kesempatan untuk meraih penghargaan baik tingkat provinsi maupun nasional.

Hariyani Prasetyaningtyas

Prestasi yang pernah diraihnya di bidang ini, antara lain: Juara 1 Pustakawan Jawa Barat pada tahun 2018, Penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai Pustakawan Berdedikasi tahun 2018, Juara 2 tingkat Nasional Pustakawan Berprestasi tahun 2018 dan Juara 2 Pustakawan Berprestasi Terbaik Jawa Barat pada tahun 2021 ini.

Dengan prestasi yang telah dicapainya, Yayas pun berkesempatan untuk mengikuti Japan Education Visit Program di Chiba University pada tahun 2018 lalu. Hal ini tentu mengharumkan nama baiknya, dan menambah motivasi diri untuk terus belajar lebih baik lagi.

BACA YUK:  Siap-siap, 18 Taman di Kota Cirebon akan Dilakukan Pembangunan

Yayas saat ini memiliki banyak kesibukan yakni untuk memberikan solusi dan berbagi pengalaman bersama banyak orang di bidang perpustakaan. Berharap, kedepannya masyarakat akan meningkatkan diri untuk melek literasi.

“Kesibukan saya sekarang sebagai Koordinator Perpustakaan dan Koordinator Humas BPK Penabur Cirebon. Disamping itu sedang sibuk menjadi narasumber webinar dan sibuk dengan organisasi profesi saya di kota Cirebon maupun tingkat provinsi,” jelas wanita yang lahir tanggal 17 September tersebut.

Baginya, pekerjaan yang tengah dijalaninya ini, memiliki banyak kesukaan dibenaknya. Dia bisa menuangkan banyak ide dan gagasan baru tentang program-program yang bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) baik bagi siswa, guru, orang tua, dan masyarakat dalam hal literasi.

BACA YUK:  Antisipasi Penyebaran Hepatitis Akut Misterius, Ini yang Dilakukan Dinkes Kota Cirebon

Namun, dia juga merasa sangat sedih bahwa masih banyak masyarakat yang belum mengetahui pentingnya edukasi literasi. Mereka menganggap hal membangun budaya literasi itu di nomer kesekian. Padahal, menurutnya, kemajuan bangsa salah satunya ditentukan dari tinggi rendahnya budaya literasi suatu bangsa.

Kedepannya, wanita yang memiliki hobi berkebun ini, ingin terus berbagi dan menginspirasi dengan tetap mencintai dunia perpustakasn dan literasi. Dia juga ingin selalu berinovasi dan kreatif dengan program-program yang tercipta olehnya. (AC560)

(Dilihat: 72 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.