Kecepatan Angin di Wilayah Ciayumajakuning Alami Peningkatan, ini Sebabnya

Cirebon,- Berdasarkan hasil pengamatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kertajati, kondisi kecepatan angin di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) mengalami peningkatan kecepatan angin.

Hari ini, Selasa (8/12/2020) BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati mencatat, arah angin umumnya dari Barat dengan kecepatan maksimum mencapai 54 km/Jam di wilayah Ciayumajakuning.

Faa Iziyn, selaku Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati menjelaskan hari ini sampai beberapa hari kedepan di wilayah Ciayumajakuning mengalami peningkatan kondisi kecepatan angin.

Kondisi tersebut, lanjut Faa Izyin, disebabkan oleh adanya perbedaan tekanan udara yang cukup signfikan di wilayah Selatan pulau Jawa dan Utara ekuator Indonesia.

BACA YUK:  Detik-detik Proklamasi, Masyarakat Antusias Lakukan Hormat Bendera di Perempatan Jalan

“Terbentuknya pusat tekanan rendah di wilayah Selatan Pulau Jawa mencapai 993 hPa, sedangkan di wilayah Utara ekuator Indonesia mulai terbentuk pusat tekanan tinggi (1030 hPa),” ujarnya saat dihubungi About Cirebon, Selasa (8/12/2020).

Menurut Faa Izyin, perbedaan tekanan yang cukup signifikan tersebut sehingga berpengaruh pada peningkatan kecepatan angin di Pulau Jawa termasuk wilayah Ciayumajakuning.

“Kondisi peningkatan kecepatan angin di wilayah Ciayumajakuning diprakirakan dapat mencapai nilai maksimum hingga 59 km/jam dan masih akan berlangsung hingga 2 hari kedepan,” ungkapnya.

BACA YUK:  Harap Waspada, inilah Modus Komplotan Ganjal ATM di Kota Cirebon

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar lebih waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang bisa ditimbulkan seperti pohon tumbang, dan baliho roboh.

“Serta tinggi gelombang di perairan Cirebon dan Indramayu mencapai maksimum 2,5 meter,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 10 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.