Kecepatan Angin Cukup Tinggi di Wilayah Cirebon, ini Penjelasan BMKG

Cirebon,- Sejak pagi hari tadi, kecepatan angin di wilayah Cirebon dan sekitarnya terpantau cukup tinggi. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kertajati memperkirakan kecepatan angin mulai berangsur normal pada dini hari nanti.

Prakirawan BMKG Kertajati Ahmad Faa Izyin mengatakan untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya pagi ini terpantau kecepatan angin cukup tinggi. Arah angin berhembus dari Selatan.

“Pagi ini terpantau dari alat kami, kecepatan angin di wilayah Cirebon dan sekitarnya cukup tinggi. Kecepatan angin rata-ratanya 16 Knot atau 30 KM/jam dan kecepatan angin maksimumnya mencapai 20 Knot atau 37 Km/jam,” ujar Faa Izyin saat dihubungi About Cirebon, Jumat (3/9/2021).

BACA YUK:  DPRD Kota Cirebon Minta Pemkot Tertibkan Bangunan Tidak Berizin

Kecepatan angin di wilayah Cirebon dan sekitarnya, kata Faa Izyin, disebabkan oleh adanya perbedaan tekanan udara yang cukup signifikan di wilayah Selatan dan Utara Ekuator Indonesia.

“Perbedaan tekanan yang cukup signifikan tersebut dengan didukung faktor lokal (Gunung Ciremai menjadi angin kumbang), sehingga berpengaruh pada peningkatan kecepatan angin,” ungkapnya.

Pihaknya memperkirakan kecepatan angin di wilayah Cirebon mulai berangsur normal pada malam dini hari nanti. Dan menghimbau agar masyarakat untuk berhati-hati ketika beraktivitas di luar rumah.

“Masyarakat agar lebih berhati-hati terhadap dampak yang bisa ditimbulkan, seperti debu, pohon tumbang, baliho roboh, potensi kebakaran lahan/hutan, serta minum air yang cukup dan menjaga kondisi tubuh,” pungkasnya. (AC212)

BACA YUK:  Turtles Jr, Band Punk Indonesia akan Tampil di Rebellion Festivals
(Dilihat: 32 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.