Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon Terus Kembangkan Potensi Wisata

Cirebon,- Wilayah Timur Kabupaten Cirebon, tepatnya di Kecamatan Sedong banyak memiliki potensi wisata alam yang kini sedang dikembangkan.

Potensi Wisata Alam yang dimiliki Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon tersebut yakni Wisata Argowisata Setu Sedong, Wisata Paralayang di Kawasan Agroforestri Bukit Salawe, dan masih banyak lainnya.

Seperti yang diungkapkan oleh Camat Sedong, Kabupaten Cirebon, Sund Dewi mengatakan bahwa potensi yang sedang dikembangkan di Kecamatan Sedong yaitu Setu Sedong yang sudah terbentuk kawasan pedesaan yang mencakup 5 desa yang dinamakan kawasan pedesaan Argowisata Setu Sedong.

“Kawasan pedesaan Argowisata Setu Sedong ini sudah di SK kan oleh Bupati Cirebon yang mencakup 5 desa,” ujar Dewi saat ditemui About Cirebon di Kopi Gincu, Jumat (11/9/2020).

BACA YUK:  Datangkan Pasir Pantai, Metland Hotel Cirebon Sukses Gelar Summer Paradise Wedding Showcase

Selain kawasan pedesaan Argowisata Setu Sedong, lanjut Dewi, potensi wisata yang sedang dikembangkan di Kecamatan Sedong yaitu Argowisata Gedong Gincu, Kebun Buah Naga di Taman Teknologi Pertanian, dan rencana pengembangan Bukit Paralayang di Bukit Salawe yang sedang dirintis.

“Tak hanya itu, kita juga ada potensi fosil gajah di Sedong kidul dan wisata ziarah di dua desa yaitu Desa Putat dan Desa Panambangan. Untuk kuliner, akan kita kembangkan di desa-desa lainnya,” ungkapnya.

Camat Sedong mendorong Desa Panambangan untuk wisata sungai, karena memiliki potensi dilalui sungai yang berbatu-batu.

BACA YUK:  Info Loker! Lowongan Kerja Terbaru Untuk Posisi Marketing Rumah Sakit

“Karena saat ini sedang Pandemi Covid-19, mudah-mudahan tahun depan bisa terealisasi wisata sungai,” katanya.

Pihaknya berharap dengan banyaknya potensi wisata yang ada di Kecamatan Sedong ini bisa menarik investor untuk mengembangkan bisnisnya di wilayah Kecamatan Sedong. Sehingga, bisa mendukung antara satu desa dengan desa lainnya.

“Mudah-mudahan dengan banyaknya potensi wisata yang sedang dikembangan di Kecamatan Sedong, bisa menarik para investor datang,” harapnya.

Mengenai potensi wisata paralayang yang ada di Bukti Salawe, Dewi menargetkan, satu sampai dua bulan kedepan sudah bisa terwujud dan menjadi wisata unggulan di Kecamatan Sedong.

BACA YUK:  Tugas Damkar Kota Cirebon Tidak Hanya Memadamkan Kebakaran Tapi Juga Penyelamatan

“Sebelumnya Bukti Salawe sudah dinyatakan layak saat survey pertama yang dilakukan oleh pihak tim paralayang dari Bogor dan atlet paralayang, serta dari Lanud Sukani Majalengka. Mudah-mudahan ada survey lanjutan untuk uji coba dan saat uji coba bisa langsung launching mini,” katanya.

Intinya, tambah Dewi, dengan dikembangkan potensi wisata yang ada di Kecamatan Sedong ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

“Sehingga, masyarakat Sedong bukan menjadi penonton, tetapi bisa ikut menikmati adanya pengembang potensi wisata,” pungkasnya. (AC212)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *