Kebudayaan yang Maju Akan Membuat Pendidikan Menjadi Kuat

0
17

Cirebon,- Memperingati Hari Pendidikan Nasional, pemerintah Kota Cirebon menggelar upacara bendera yang berlangsung di Alun-Alun Kejaksan, Kota Cirebon, Rabu (2/5/2018).

Sebagaimana diketahui, tanggal 2 Mei telah ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional dan tanggal tersebut bertepatan dengan kelahiran Ki Hadjar Dewantara seorang tokoh pelopor pendidikan di Indonesia.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 kali ini mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Aston Hotel

Pj Wali Kota Cirebon, Dr. H. Dedi Taufik mengatakan, sesuai dengan tema tersebut, marilah kita jadikan peringatan kali ini sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan.

“Sebagaimana tercermin dalam ajaran pemikiran dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara,” ujarnya.

Lanjut dia, Peringatan Hari Pendidikan Nasional kali ini juga, kita jadikan momentum untuk melakukan muhasabah atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah diperjuangkan di bidang pendidikan. Kita juga perlu menengok ke belakang, melihat apa yang telah dikerjakan dalam bidang pendidikan.

Terkait dengan tema, kata dia, kebudayaan ini selain kita lestarikan, juga harus lakukan ekspansi. Sehingga, khususnya di Kota Cirebon dengan ekspansi mudah-mudahan akan menguasai budaya-budaya.

“Kebudayaan Nasional merupakan akar pendidikan nasional, di sini lah terjadi titik temu antara pendidikan dan kebudayaan,” ungkpanya.

Menurutnya, jika kebudayaan nasional kita menglekat kuat di dalam tanah tumpah darah Indonesia, akan subur dan kukuh bangunan pendidikan nasional Indonesia.

Di samping itu, disahkannya Undang-undang No. 5 Tahun 2017 tentang Kemajuan Kebudayaan, akan mempertegas posisi kebudayaan nasional sebagai ruh pemberi hidup dan penyangga bangunan pendidikan nasional.

“Oleh sebab itu, kebudayaan yang maju adalah prasyarat yang harus dipenuhi, jika pendidikan nasional tumbuh subur, kukuh dan menjulang,” jelasnya.

Terpopuler

“Atas pemikiran tersebut, pada Hari Pendidikan Nasional 2018 ini kita berkomitmen untuk terus berikhtiar membangun pendidikan. Kami yakin bahwa kebudayaan yang maju akan membuat pendidikan menjadi kuat,” imbuhnya. (AC212)

Bagikan:
Signup for the newsletter