Keberangkatan Haji 2018 Sudah Bisa Melalui Bandara Kertajati

Cirebon,- Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufikukurohman menyatakan, pemberangkatan Haji tahun 2018 sudah bisa melalui Bandara Kertajati.

“Pemberangkatan haji ada dua tahap di Jawa Barat yaitu di pertengahan Bulan Juli dan awal Agustus,” ujarnya usai menghadiri Musrembang di Hotel Luxton, Jalan Kartini, Kota Cirebon, Senin (26/3/2018).

Kata dia, ini sudah menjadi konsen, bahwa haji itu harus melalui Bandara Kertajati. Karena, adanya Kertajati ini membawahi atau bisa merespon kawasan Barat Jawa Tengah sampai ke Semarang, Cilacap, Pekalongan, Brebes, Tegal, Pemalang, dan sebagian Purwokerto.

BACA YUK:  Mahasiswa KKN-T IPB University Lakukan Gerakan Protein Sehat di Desa Mertapada Kulon

“Ini bisa menjadikan penerbangan dari wilayah Barat Jawa Tengah, lalu konsen juga untuk wilayah Jawa Barat bagian Timur,” katanya.

Untuk konsen penerbangan haji, lanjut dia, yang menjadi embarkasi di daerah Bekasi. Itu sudah disepakati saat kunjungan Kementerian Agama dan sudah menilai kesiapan keberadaan Bandara Kertajati ini, yang memang sudah disampaikan oleh Presiden harus bisa penerbangan haji.

Mengenai run way, kata Dedi, mudah-mudahan bisa diselesaikan run way eksisting 2.500, tinggal sisanya 500 meter lagi. Untuk lahan sudah bebas, tinggal dibangun oleh Angkasa Pura II sebagai operator, yang nanti akan share holder di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB).

BACA YUK:  Banjir Rob di Kesunean Cirebon Masuk ke Pemukiman Warga

“Sekarang kita eksisting 2.500 meter, diharapkan bisa 3.000 meter, sehingga bisa didarati oleh pesawat seperti Saudi Arabia Airline,” tandasnya. (AC212)

(Dilihat: 12 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.