Keberadaan Bunda PAUD di Kota Cirebon Dapat Memaksimalkan Tumbuh Kembang Anak

Cirebon,- Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis mengukuhkan Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD tingkat kota, kecamatan dan kelurahan Kota Cirebon. Kegiatan tersebut berlangsung di Lobby Gedung Sekretariat Daerah Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Rabu (22/9/2021).

Menurut Azis, Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon berkomitmen memajukan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pendidikan anak usia dini menentukan masa depan bangsa ini.

“Pengukuhan yang dilakukan hari ini menunjukkan Bunda PAUD di Kota Cirebon siap untuk mengawal pendidikan anak usia dini di Kota Cirebon,” ujar Azis.

Keberadaan bunda PAUD ini diharapkan dapat memotivasi tenaga pendidik di tingkat PAUD yang ada di Kota Cirebon. Sehingga tenaga pendidik di tingkat PAUD mendidik anak-anak usia dini menjadi generasi yang berakhlak, berbudi pekerti luhur serta cerdas.

Pada kesempatan itu, Azis juga menjelaskan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon memiliki komitmen untuk berperan lebih banyak dalam pendidikan anak usia dini.

BACA YUK:  Info Loker : RS. Sumber Kasih

“Dikarenakan pendidikan usia dini ini menentukan arah bangsa kita,” jelasnya.

Anak-anak yang berbudi luhur, berakhlak baik dan memiliki kecerdasan, sambung Azis, akan mampu membawa bangsa ini menjadi bangsa yang besar dan berjaya.

Untuk itu, Azis meminta kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs. H. Agus Mulyadi, M.Si., selaku ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk dapat ikut andil membiayai kegiatan-kegiatan PAUD.

“Sebagai ketua TAPD, Pak Sekda bisa melakukan sesuatu yang tidak melanggar aturan. Sehingga ke depannya, PAUD di Kota Cirebon dapat berkembang lebih baik lagi,” kata Azis.

Ia juga berharap agar Bunda PAUD yang hari ini baru dikukuhkan dapat berupaya sekuat tenaga untuk mempersiapkan ana-anak usia dini menggapai masa depan yang gemilang. Bunda PAUD diharapkan dapat bekerja sama dengan banyak pihak sehingga pendidikan PAUD berkualitas dapat berjalan dengan baik di Kota Cirebon.

BACA YUK:  Jadwal Pemadaman Listrik di ULP Cirebon Kota, 6 September 2022

Sementara itu, Bunda PAUD Kota Cirebon, NR Madyawati menjelaskan pemerintah terus mendorong partisipasi masyarakat untuk menciptakan PAUD berkualitas.

“Salah satunya dengan adanya bunda PAUD,” kata Madyawati.

Bunda PAUD, lanjut Madyawati, berlandaskan sukarela namun memiliki peran strategis dalam pengembangan sumber daya manusia di Indonesia.

“Keberadaan bunda PAUD dapat memaksimalkan perkembangan dan tumbuh kembang anak,” ujarnya.

Ditambahkan Madyawati, keberhasilan pendidikan anak di usia dini akan menentukan keberhasilan jenjang pendidikan lainnya. Usia dini merupakan usia emas.

Jika anak pendidikan usia dini berhasil maka tumbuh kembang anak akan maksimal dan dapat menjadi modal sumber daya manusia berkualitas dalam pembangunan.

BACA YUK:  Morinaga Dukung Si Kecil Jadi Generasi Berkualitas Lewat Gelaran Dunia Generasi Platinum 2022

Pokja Bunda Paud Kota Cirebon terdiri dari 40 orang, yang berasal dari 22 kelurahan dan 5 kecamatan di Kota Cirebon. Bunda PAUD merupakan predikat yang diberikan kepada istri kepala pemerintah dan kepala daerah. Baik itu presiden, gubernur, bupati atau walikota, camat, desa atau pun lurah.

Predikat bunda PAUD juga dapat disandang oleh kepala pemerintahan dan kepala daerah perempuan yang merupakan penggerak utama dalam pembinaan layanan pendidikan bagi anak usia dini (0 hingga 6 tahun) di wilayahnya untuk mendukung terwujudnya layanan PAUD Berkualitas.

Gerakan Nasional PAUD berkualitas telah dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak 9 Maret 2015. Dukungan, partisipasi dan peran pemerintah dan masyarakat sangat diharapkan untuk terwujudnya PAUD berkualitas di Indonesia. (AC212)

(Dilihat: 16 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.