Sabtu, 8 Agustus 2020

Katon Tourism Expo 2019 Ajang Promosi Destinasi Wisata di Wilayah Cirebon

Populer

Dalam Tiga Hari, Kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon Bertambah 8 Orang

Cirebon,- Sejak hari Jumat 31 Juli sampai 2 Agustus 2020, kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon kembali bertambah 8 orang....

Terkait Pengukuhan Polmak Oleh Keturunan Sultan Kasepuhan XI, Putra Mahkota Angkat Bicara

Cirebon,- Keturunan Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon XI, Radja Jamaludin Aluda Tajul Arifin, Rahardjo Djali mengukuhkan dirinya sebagai Polmak atau...

Keturunan Sultan XI Kasepuhan Cirebon, Mengukuhkan Sebagai Polmak

Cirebon,- Keturunan Sultan Sepuh XI Radja Jamaludin Aluda Tajul Arifin, Rahardjo Djali mengukuhkan diri sebagai Polmak atau Pejabat Sementara...

Catat Tanggalnya, Kota Baru Keandra Akan Gelar Open House Night

Cirebon,- Kota Baru Keandra, kawasan hunian mandiri dengan luas 110 hektar mengundang seluruh masyarakat wilayah III Cirebon untuk hadir...

Pembukaan Sekolah Tatap Muka Akan Dikaji Pemerintah Kabupaten Cirebon

Cirebon,- Pemerintah Kabupaten Cirebon sedang mengkaji rencana untuk membuka pembelajaran sekolah dengan tatap muka secara langsung.Hal tersebut disampaikan Bupati...

Cirebon,- Katon Tourism Expo 2019 siap diselenggarakan pada tanggal 12 sampai 15 September 2019 yang akan berlangsung di Hotel Apita, Jalan Tuparev, Kabupaten Cirebon.

Event Katon Tourism Expo 2019 merupakan event pameran nasional promosi wisata, bisnis meeting, fam trip dan juga hiburan untuk memberikan kontribusi pengembangan promosi pariwisata dan pertumbuhan ekonomi daerah.

Rencananya, event Katon Tourism Expo 2019 akan dihadiri para pelaku pariwisata baik dari dalam negeri maupun luar negeri seperti India, Malaysia, Turki, Singapore, dan Thailand.

Loading...

1. Promosikan Wisata Cirebon

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon, H. Hartono mengatakan kegiatan Katon Tourism Expo 2019 merupakan kegiatan dari Disbudparpora Kabupaten Cirebon tahun anggaran 2019 bekerja sama dengan Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Wilayah III Jawa Barat, serta asosiasi lain.

“Tujuan kegiatan ini adalah mempromosikan tentang destinasi wisata yang ada di wilayah Kabupaten Cirebon khususnya, umumnya di wilayah Cirebon,” ujarnya saat Press Conference di Kantor Disbudparpora Kabupaten Cirebon, Senin (9/9/2019).

Baca Yuk: Pemerintah Kabupaten Cirebon dan ASPPI Wilayah III Jawa Barat Siap Gelar Katon Tourism Expo 2019

Lanjut Hartono, tujuan yang utama dari Katon Tourism Expo 2019 selain mempromosikan destinasi wisata, yaitu mengundang wisatawan baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara datang ke Cirebon.

“Oleh karena itu, dengan kegiatan ini harapan Pemerintah Kabupaten Cirebon, bahwa Cirebon akan lebih dikenal dan didatangi oleh wisatawan nusantara maupun mancanegara,” ungkapnya.

2. Pariwisata Sumber PAD

Untuk diketahui, kata Hartono, PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang bersumber dari pariwisata ini merupakan primadona setiap tempat. Kalau secara nasional PAD Pariwisata mendapatkan urutan ketiga diatas minyak bumi.

“Di Kabupaten Cirebon juga, ini merupakan primadona PAD Pariwisata dari pajak hotel dan restoran, kita mendapat urutan yang ke-3, setelah PBB,” jelasnya.

Pihaknya berharap, kegiatan Katon Tourism Expo 2019 bisa berjalan sukses, sukses kehadirannya para pelaku pariwisata ke Cirebon dan sukses pelaksanaannya berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana, serta akhirnya Cirebon akan lebih dikenal dan didatangai oleh wisatawan sesuai dengan tagline yang dimiliki yaitu Kabupaten Cirebon Katon.

3. Diakui Event Nasional

Puncak dari acara Katon Tourism Expo 2019, kata Hartono, akan dimeriahkan dengan arak-arakan Nadran di Gunung Jati pada tanggal 14 September 2019.

“Perlu saya sampaikan, acara Nadran Gunung Jati mulai tahun kemarin diubah namanya menjadi Festival Budaya Cirebon,” ujarnya.

“Perubahan nama itu oleh Kementerian Pariwisata sudah diakui dan sudah masuk di dalam seratus kalender event nasional,” imbuhnya.

Tahun depan, tambah Hartono, sudah mengusulkan beberapa event seperti Festival Budaya Cirebon di Gunung Jati, Kirab setiap hari jadi Kabupaten Cirebon, hingga Memayu Trusmi diusulkan sebagai event nasional.

“Mudah-mudahan tahun depan Cirebon Carnival juga menjadi event nasional,” ungkapnya.

Baca Yuk: Katon Tourism Expo 2019 Akan Dihadiri Buyer dari Dalam dan Luar Negeri

4. Persiapan Mencapai 90 Persen

Sementara itu, Ketua DPC ASPPI Wilayah III Jawa Barat, Abdul Rozak menambahkan untuk persiapan Katon Tourism Expo 2019 sudah mencapai 90 persen.

“Untuk perubahan agenda tidak begitu berarti, hanya saja yang awalnya di hari ketiga akan di Batulawang, kita ubah dihari terakhir,” jelasnya.

Untuk peserta sendiri, lanjut Rozak, dari 100 buyer yang rencananya akan hadir, sampai saat ini yang sudah konfirmasi sudah 80 persen.

“Bahkan ada tambahan lagi peserta dari mancanegara yang akan hadir yakni dari India. Kemarin sudah ada Turki, Malaysia, Singapore, dan Thailand, dan sekarang ditambah dari India,” bebernya.

Pihaknya menargetkan, kunjungan masyarakat pada acara Katon Tourism Expo 2019 sebesar 5 ribu sampai 10 ribu pengunjung.

“Mudah-mudahan acara Katon Tourism Expo 2019 bisa berjalan sukses dan sesuai dengan yang diinginkan,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Mahasiswa KKN UNDIP Kota Cirebon Ajarkan Cara Budi Daya Microgreen⁣

Cirebon,- Mahasiswa KKN UNDIP Kota Cirebon, mengajarkan cara budidaya tanaman microgreen kepada ibu-ibu rumah tangga di daerah Kelurahan Kebon...

Pemda Kota Cirebon dan Ombudsman Gelar Sosialisasi Laporan Publik

Cirebon,- Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon menggelar acara sosialisasi tentang tata cara pemeriksaan laporan pengaduan masyarakat, Jumat (7/8/2020).Acara yang berlangsung di Ruang Adipura Balaikota...

Okupansi di Aston Cirebon Hotel Mulai Meningkat

Cirebon,- Setelah tiga bulan tidak beroperasi karena Pandemi Covid-19, okupansi Aston Cirebon Hotel & Convention Center mulai meningkat.Hotel yang terletak di Jalan Brigjen Darsono...

Satreskrim Polresta Cirebon Ungkap Kasus Pencabulan Anak Dibawa Umur

Cirebon,- Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Cirebon mengungkap kasus pencabulan anak di bawah umur.Dalam kasus tersebut, Satreskrim mengamankan dua orang tersangka. Tersangka pertama merupakan...

Mahasiswa Undip Jalankan Dua Program KKN Dalam Rangka Mendukung SDGs dan Sosialisasi Covid

Cirebon (31/07) - Cirebon menjadi kota yang tak luput dari persebaran mahasiswa Undip dalam melaksanakan program KKN Pulang Kampung. Dengan jumlah 14 mahasiswa yang...

More Articles Like This