Kamis, 28 Januari 2021

Katon Tourism Expo 2019 Ajang Promosi Destinasi Wisata di Wilayah Cirebon

Populer

Sensasi Makan Durian Montong Petik Langsung dari Pohon di Kopi Montong

Cirebon,- Berada di ketinggian 150 meter di atas permukaan laut (MDPL), agrowisata durian Kopi Montong yang berlokasi di Sindang...

Saung Kopi Gowes Hadir di Jalur Favorit Bersepeda, ini Konsepnya⁣

Cirebon,- Berada di jalur favorit bersepeda dengan view pesawahan dan berlatar gunung Ciremai, Sakowes (Saung Kopi Gowes) hadir untuk...

Program Jelajah Rasa, Kandang Ayam Hadirkan Menu Korean Taste⁣⁣⁣

⁣⁣Cirebon,- Kandang Ayam Resto yang yang berlokasi di Jalan Sudarsono No. 281A, Kota Cirebon, pada Januari 2021 menghadirkan program...

Agrowisata dan Edukasi Griya Hidroponik Tawarkan Konsep Petik Sendiri⁣

Cirebon,- Griya Hidroponik Cirebon yang berada di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa, Kedawung, Kabupaten Cirebon menjual segala macam produk sayuran...

Vinotel Cirebon Sudah Bisa Terima Tamu

Cirebon, 7 September 2016 - Cirebon yang sedang berkembang membuat bisnis hotel budget semakin menjamur. Salah satunya, Vinotel Hotel...

Cirebon,- Katon Tourism Expo 2019 siap diselenggarakan pada tanggal 12 sampai 15 September 2019 yang akan berlangsung di Hotel Apita, Jalan Tuparev, Kabupaten Cirebon.

Event Katon Tourism Expo 2019 merupakan event pameran nasional promosi wisata, bisnis meeting, fam trip dan juga hiburan untuk memberikan kontribusi pengembangan promosi pariwisata dan pertumbuhan ekonomi daerah.

Rencananya, event Katon Tourism Expo 2019 akan dihadiri para pelaku pariwisata baik dari dalam negeri maupun luar negeri seperti India, Malaysia, Turki, Singapore, dan Thailand.

Loading...

1. Promosikan Wisata Cirebon

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon, H. Hartono mengatakan kegiatan Katon Tourism Expo 2019 merupakan kegiatan dari Disbudparpora Kabupaten Cirebon tahun anggaran 2019 bekerja sama dengan Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Wilayah III Jawa Barat, serta asosiasi lain.

“Tujuan kegiatan ini adalah mempromosikan tentang destinasi wisata yang ada di wilayah Kabupaten Cirebon khususnya, umumnya di wilayah Cirebon,” ujarnya saat Press Conference di Kantor Disbudparpora Kabupaten Cirebon, Senin (9/9/2019).

BACA YUK:  Dua BUMDes di Kabupaten Cirebon Terapkan Transaksi Non Tunai

Baca Yuk: Pemerintah Kabupaten Cirebon dan ASPPI Wilayah III Jawa Barat Siap Gelar Katon Tourism Expo 2019

Lanjut Hartono, tujuan yang utama dari Katon Tourism Expo 2019 selain mempromosikan destinasi wisata, yaitu mengundang wisatawan baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara datang ke Cirebon.

“Oleh karena itu, dengan kegiatan ini harapan Pemerintah Kabupaten Cirebon, bahwa Cirebon akan lebih dikenal dan didatangi oleh wisatawan nusantara maupun mancanegara,” ungkapnya.

2. Pariwisata Sumber PAD

Untuk diketahui, kata Hartono, PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang bersumber dari pariwisata ini merupakan primadona setiap tempat. Kalau secara nasional PAD Pariwisata mendapatkan urutan ketiga diatas minyak bumi.

BACA YUK:  Dua BUMDes di Kabupaten Cirebon Terapkan Transaksi Non Tunai

“Di Kabupaten Cirebon juga, ini merupakan primadona PAD Pariwisata dari pajak hotel dan restoran, kita mendapat urutan yang ke-3, setelah PBB,” jelasnya.

Pihaknya berharap, kegiatan Katon Tourism Expo 2019 bisa berjalan sukses, sukses kehadirannya para pelaku pariwisata ke Cirebon dan sukses pelaksanaannya berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana, serta akhirnya Cirebon akan lebih dikenal dan didatangai oleh wisatawan sesuai dengan tagline yang dimiliki yaitu Kabupaten Cirebon Katon.

3. Diakui Event Nasional

Puncak dari acara Katon Tourism Expo 2019, kata Hartono, akan dimeriahkan dengan arak-arakan Nadran di Gunung Jati pada tanggal 14 September 2019.

“Perlu saya sampaikan, acara Nadran Gunung Jati mulai tahun kemarin diubah namanya menjadi Festival Budaya Cirebon,” ujarnya.

“Perubahan nama itu oleh Kementerian Pariwisata sudah diakui dan sudah masuk di dalam seratus kalender event nasional,” imbuhnya.

Tahun depan, tambah Hartono, sudah mengusulkan beberapa event seperti Festival Budaya Cirebon di Gunung Jati, Kirab setiap hari jadi Kabupaten Cirebon, hingga Memayu Trusmi diusulkan sebagai event nasional.

“Mudah-mudahan tahun depan Cirebon Carnival juga menjadi event nasional,” ungkapnya.

Baca Yuk: Katon Tourism Expo 2019 Akan Dihadiri Buyer dari Dalam dan Luar Negeri

4. Persiapan Mencapai 90 Persen

Sementara itu, Ketua DPC ASPPI Wilayah III Jawa Barat, Abdul Rozak menambahkan untuk persiapan Katon Tourism Expo 2019 sudah mencapai 90 persen.

“Untuk perubahan agenda tidak begitu berarti, hanya saja yang awalnya di hari ketiga akan di Batulawang, kita ubah dihari terakhir,” jelasnya.

BACA YUK:  Rindu Berkarya di Dunia Entertainment⁣ ⁣

Untuk peserta sendiri, lanjut Rozak, dari 100 buyer yang rencananya akan hadir, sampai saat ini yang sudah konfirmasi sudah 80 persen.

“Bahkan ada tambahan lagi peserta dari mancanegara yang akan hadir yakni dari India. Kemarin sudah ada Turki, Malaysia, Singapore, dan Thailand, dan sekarang ditambah dari India,” bebernya.

BACA YUK:  Rindu Berkarya di Dunia Entertainment⁣ ⁣

Pihaknya menargetkan, kunjungan masyarakat pada acara Katon Tourism Expo 2019 sebesar 5 ribu sampai 10 ribu pengunjung.

“Mudah-mudahan acara Katon Tourism Expo 2019 bisa berjalan sukses dan sesuai dengan yang diinginkan,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

JNE Cabang Cirebon Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir

Cirebon,- JNE perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman, menyalurkan bantuan untuk korban banjir yang terjadi pekan lalu di Desa...

Gamis Menjadi Tren Busana Muslimah Semua Usia

Cirebon, - Gamis dan hijab merupakan kebutuhan bagi wanita muslimah. Hal ini menjadikan peluang bagi Putry Endang Hutami untuk membuka usaha di bidang fashion,...

8 Rumah Korban Puting Beliung Rampung Diperbaiki Kodim 0620/Kabupaten Cirebon

Cirebon,- Sebanyak 8 rumah di Desa Slangit, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon telah rampung diperbaiki oleh Kodim 0620/Kabupaten Cirebon. Sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat, Kodim...

Kota Cirebon Terapkan PSBB Secara Proposional Sampai 8 Februari 2021

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) secara proposional selama 14 hari dalam rangka penanganan Covid-19 di Kota Cirebon. Pembatasan aktivitas...

More Articles Like This