Kasatpol PP Kota Cirebon Himbau Peserta Pemilu Untuk Bersihkan Seluruh APK Jelang Masa Tenang

0
16

Cirebon,- Jelang masa tenang kampanye terbuka Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2019, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cirebon menghimbau kepada seluruh peserta pemilu untuk membersihkan seluruh APK (Alat Peraga Kampanye) yang terpasang.

Kepala Satuan Satpol PP Kota Cirebon, Andi Armawan mengatakan masa tenang kampaye terbuka akan berakhir pada hari Sabtu (13/4) mendatang, kami menghimbau kepada seluruh peserta Pemilu untuk menurunkan semua APK.

Aston Hotel

“Karena dalam aturannya masa tenang akan berlangsung H-3 mulai tanggal 14, 15, dan 16 April 2019,” ujarnya Jumat (12/4/2019).

1. Melakukan Penertiban Sendiri

Pihaknya menghimbau kepada Tim Kampanye Daerah masing-masing calon, baik Calon Presiden dan Wakil Presidin, maupun Calon Legislatif untuk melakukan pembersihan sendiri.

“Kami harapkan H-1 Pemilu semua APK sudah clear, sudah tidak ada,” tegasnya.

Lanjut Andi, yang jadi permasalahan untuk penurunan APK karena jumlahnya tidak sedikit, sehingga perlu adanya partisipasi Bawasli dan KPU sebagai penyelenggara Pemilu.

“Kami dari Pemerintah Daerah dalam hal ini Satpol PP sifatnya hanya perbantuan,” terangnya.

Menurut Andi, pihaknya menyerahkan kepada Bawaslu dan KPU untuk melibatkan unsur-unsur yang ada di Kelurahan maupun di Kecamatan.

“Karena kelihatannya kalau diserahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Daerah, jumalah kami cukup kurang,” jelasnya.

“Tapi, kami pun akan terus lakukan persiapan-persiapan dalam pelaksanaan penertiban APK,” imbuhnya.

2. Ribuan APK

Menurut Andi, APK yang tersebar di Kota Cirebon jumlahnya lebih dari seribu untuk yang kecil-kecil, namun untuk APK di bilboard yang terdata jumlahnya ada 123 buah.

“Untuk penertiban APK di bilboard cukup sulit, karena penanganan yang perlu cukup waktu,” jelasnya.

“Satu bilboard saja bisa memakan waktu hingga 30 menit sampai satu jam,” tandasnya. (AC212)