Karya Pelukis Cirebon Pamerkan Lukisan Kaligrafi di Bentani Hotel

Cirebon,- Cheribon Gallery bekerja sama dengan Bentani Hotel & Residence menggelar pameran lukisan kaligrafi karya seni Islam. Dengan mengusung tema “Ikhtiart” pameran lukisan kaligrafi ini sudah berlangsung sejak tanggal 9 April sampai 23 Mei 2021.

Lebih dari 15 karya dari 13 pelukis memamerkan karya seni kaligrafi yang berada di Lobi Bentani Hotel, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon.

Hade Erman, selaku Owner Cirebon Gallery mengatakan hadirnya pameran lukisan kaligrafi salah satu cara untuk mengekspresikan karya para pelukis-pelukis di Cirebon sekaligus dalam rangka meramaikan bulan suci Ramadan.

“Kurang lebih ada 13 pelukis yang ikut dalam ujuk karya pameran kaligrafi ini. Satu pelukis bisa menampilkan satu sampai dua karya,” ujar Hade saat ditemui About Cirebon, Selasa (20/4/2021).

BACA YUK:  Jadikan Skala Prioritas, Sekda Minta SKPD Hadir Saat Rapat Paripurna DPRD Kota Cirebon

Menurut Hade, karena waktu pameran yang panjang, kemungkinan para pelukis yang ikut berpartisipasi dalam pameran lukisan kaligrafi tahun ini akan terus bertambah. Mengingat masih ada beberapa karya kaligrafi yang tengah proses pembuatan.

“Kemungkinan akan terus bertambah lukisan-lukisan yang ikut pameran ini. Karena ada beberapa pelukis yang masih mengerjakan kaligrafi untuk pameran ini,” ungkapnya.

Karya-karya lukisan yang dipamerkan, kata Hade, ada yang menggunakan media kanvas dan juga media kaca. Bahkan, motifnya bervariatif mulai dari motif Cirebonan, motif abstrak, dan lain-lain.

BACA YUK:  Satnarkoba Polres Cirebon Kota Berhasil Amankan 1,1 kg Narkotika Jenis Ganja

“Karakternya lukisan yang ditonjolkan di pameran ini kebanyakan abstrak, surealisme, hingga kontemporer. Jadi intinya banyak aneka rag karakter yang ditonjolkan dalam pameran ini,” bebernya.

Sementara itu, salah satu pelukis dalam pameran ini, Nila Jet mengungkapkan hadirnya pameran lukisan kaligrafi ini untuk membangkitkan kembali semangat para pelukis di tengah Pandemi Covid-19.

“Dengan adanya pameran ini, para pelukis di Cirebon bisa bangkit kembali ditengah Pandemi Covid-19,” ujar Nila Jet.

Menurut Nila, seperti kandungan dalam surat Asy Syarh 94: ayat 5-6 menyebutkan bahwa sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Sehingga, berikhtiar seorang manusia merupakan sebuah sikap optimis yang harus selalu ada. Supaya sebuah kondisi berubah menjadi kondisi yang baik.

BACA YUK:  Atalia Praratya Terpilih sebagai Influential Woman in Local Government of The Year

“Sesuai dengan judul ikhtiart dalam pameran ini, mengambil peran untuk saling menularkan optimisme ke segala penjuru,” katanya.

Oleh karena itu, Nila berharap, dengan adanya pameran lukisan kaligrafi ini bisa berlangsung lebih baik lagi. Dan dengan ikhtiar ini, bisa ada kemajuan untuk pelukis-pelukis Cirebon.

Dalam pameran ini, lukisan-lukisan yang dipajang selama pameran dibandrol mulai dari Rp. 2 juta sampai diatas Rp. 10 juta. Sasarannya, tambah Hade yakni tamu-tamu hotel dan masyarakat luas. (AC212)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *