Kapolda Jabar Tinjau Arus Balik di Rest Area Tol Palikanci

Cirebon,- Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Drs. Suntana meninjau arus lalu lintas di Rest Area 229B Tol Palikanci, Kabupaten Cirebon, Kamis (5/5/2022). Peninjauan tersebut untuk memastikan kesiapan arus balik lebaran 2022.

Dalam peninjauannya juga, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah melaksanakan kegiatan rangkaian Ramadan dan Idul Fitri dengan disiplin menjaga prokes (protokol kesehatan).

Situasi Kamtibmas menurut Suntana, relatif terkendali dan kasus menonjol bisa dicegah. Begitu juga dengan kecelakaan, walaupun terjadi hanya beberapa kecil saja.

BACA YUK:  Arus Balik Lebaran 2022, Jalur Arteri Terjadi Peningkatan Volume Kendaraan

“Ini semua berkat disiplin dan kerja sama partisipasi semua masyarakat. Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat, sekaligus saya ingin menyampaikan permohonan maaf bila ada kebijakan one way yang terpaksa kami lakukan dengan pertimbangan arus kendaraan yang dinamika,” ujar Suntana.

Menurut Suntana, saat arus mudik yang lalu, pemerintah telah menyarankan kepada masyarakat untuk tidak pulang pada tanggal 28 – 30 April 2022. Hal tersebut untuk menghindari puncak arus mudik dan masyarakat mengikuti himbauan tersebut.

BACA YUK:  Arus Balik Lebaran 2022, Jumlah Penumpang Kereta Api ke Arah Jakarta Masih Tinggi

“Sehingga kepadatan arus mudik, walaupun terjadi tidak terlalu parah. Hanya beberapa penggal saja, dan kepadatan dikarenakan keluar masuk rest area dan ada masyarakat yang kurang disiplin yang masih berhenti di bahu jalan,” kata Suntana.

“Tapi secara umum, kelancaran dapat kita buktikan di arus mudik. Nah, kita pingin di arus balik juga terjadi seperti di arus mudik, pemerintah telah menghimbau kepada masyarakat untuk tidak pulang bersama-sama saat pada tanggal 6-8 Mei 2022 yang diprediksi puncak arus balik,” sambungnya.

BACA YUK:  Tahun 2021, Sektor Pariwisata Sumbang Rp. 56 Miliar untuk PAD Kota Cirebon

Dari data hari Rabu dan Kamis ini, menurut Suntana, masyarakat dari wilayah Jawa Tengah dan Bandung sudah mulai kembali dan memenuhi himbauan pemerintah. Dengan demikian, jumlah kendaraan yang akan balik pada 6 – 8 Mei 2022 sudah bisa berkurang.

“Secara umum situasi masih relatif kondusif, begitu juga tempat-tempat wisata wilayah Ciwedey, Bandung dan lain-lain. Saya mohon masyarakat tetap disiplin, tetap sehat, fisik dan kendaraan juga sehat. Jangan memaksakan kendaraan dalam keadaan lelah,” pungkasnya. (HSY)

(Dilihat: 36 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.