Sabtu, 30 Mei 2020

Kampung Wisata Seni RW 10 Kanoman Utara Kota Cirebon Diresmikan

Populer

Ada Pedagang Positif Covid-19, Pasar Sumber Ditutup Sementara Selama 14 Hari

Cirebon,- Dua Pedagang Pasar Sumber Kabupaten Cirebon terkonfirmasi Positif Covid-19 setelah dilakukan tes massal swab pada tanggal 18 Mei...

Masuk Zona Biru, Kabupaten Cirebon Tidak Perpanjang PSBB

Cirebon,- Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Cirebon berakhir pada hari ini, Jumat 29 Mei 2020.Pemerintah Daerah Kabupaten...

Mulai Besok Grage Mall dan Grage City Mall Siap Beroperasi Kembali

Cirebon,- Setelah menutup sementara operasional mall, Grage Group memutuskan Grage Mall dan Grage City Mall akan dibuka kembali besok,...

Tanpa Gejala Klinis, Dua Pedagang Pasar Sumber Terkonfirmasi Positif Covid-19

Cirebon,- Dua pedagang Pasar Sumber terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil test swab massal menggunakan metode PCR (Polymerase Chain Reaction)...

Kondisi Rumah Sangat Memprihatikan, Baznas Kota Cirebon Turun Tangan⁣ ⁣

Cirebon,- Sungguh mengejutkan saat memasuki rumah warga di RT 005 RW 001 No. 196 Gg. Rebon Pesisir Selatan Kelurahan...

Cirebon,- Kampung Wisata Seni di RW 10 Kanoman Utara, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, diresmikan, Senin (16/12/219).

Peluncurkan tersebut ditandai dengan pemecahan kendi oleh Wakil Wali Kota Cirebon Dra. Eti Herawati dan Pangeran Patih Keraton Kanoman Cirebon Muhammad Qodiran.

Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Eti Herawati mengatakan Kampung Wisata Seni Kanoman Utara harus dikembangkan, bukan hanya seremonial saja hari ini.

“Itu tidak boleh, karena kalo kita hanya seremonial tidak menata lingkungan dan sebagainya ini bukan menjadi keberhasilan kita,” ujarnya usai meresmikan Kampung Wisata Seni Kanoman Utara.

Loading...

Lanjut Eti, penataan lingkungan kita masih sangat membutuhkan proses yang panjang, karena lingkungan disini harus benar-benar ditata. Oleh karena itu, kedepan masalah infrastruktur Pemerintah Daerah akan memfasilitasi untuk lebih mengembangkan dari kegitan pariwisata Kampung Wisata Seni ini.

“Intinya Kampung Wisata harus benar-benar hidup. Dilain itu saya ucapkan selamat, dan ini menjadi semangat untuk kawan-kawan lain di setiap RW, kelurahan, kecamatan bahwa ada icon di setiap satu wilayah,” ungkapnya.

Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Eti Herawati saat meninjau Kampung Wisata Senin Kanoman Utara.

Menurut Eti, Pemerintah Kota Cirebon akan mendorong wilayah lain untuk dijadikan Kampung Wisata. Karena kita banyak sekali daerah-daerah yang akan kita dorong.

“Yang sudah kita dorong yaitu Kota Pusaka sepanjang BAT dan sekitarnya. Itu sedang kita proses dan akan dijadikan salah satu tujuan wisata juga,” bebernya.

Tambah Eti, kita berkeinginan menjadikan kampung-kampung wisata, karena Cirebon sangat luar biasa beragam. Namun yang terpenting adalah komitmen dari masyarakatnya.

“Komitmen masyarakat dan Komitmen Pemerintah Kota harus bersinergi bersama-sama. Dan yang paling utama adalah komitmen masyarakat, bagaimana mengedukasi masyarakat ini bersama-sama untuk kebersihan dan lain sebagainya,” pungkasnya.

Sementara itu, Pangeran Patih Keraton Kanoman Cirebon, Muhammad Qodiran mengaku bangga dan sangat luar biasa dengan diluncurkannya Kampung Wisata Seni di RW 10 Kanoman Utara.

“Ini bahwasanya saya dan Cak Mamat sudah mengagas dari dulu untuk adanya Kampung Wisata, khususnya di Kampung Kanoman ini,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Pangeran Patih, kehadiran Kampung Wisata Seni ini sebagai awal dan untuk menunjukkan eksistensi, serta kembali membangun kampung wisata lain.

“Maka dari itu, kami mencoba untuk mengatur design-design atau membangun gapura-gapura yang menyamai dengan gapura lawang siblawong,” terangnya.

Selain itu, Elang Mamat Nurahmat, Ketua Sanggar dan juga Ketua Kampung Seni Kanoman Utara mengatakan konsep Kampung Seni di RW 10 Kanoman Utara ini untuk bersama-sama maju, menaikan ekonomi masyarakat. Tapi, basic yang dikembangkan adalah  seni.

“Jadi dari seni itu, kita bikin semacam mercusuar terlebih dahulu, yang imbas dari seni itu akan berimbas kepada seluruh masyarakat yang ada di Kampung Kanoman Utara ini,” terangnya.

Yang ada di Kampung Seni ini, kata Ca Mamat, sapaan akrabnya, banyak komunitas dan ekonominya sendiri ada sirup pusaka yang sudah berkembang sejak tahun 70. Apalagi masyarakat disini, kebanyakan hobi berdagang seperti masakan tradisional sudah ada disini.

Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Eti Herawati saat meninjau Kampung Wisata Senin Kanoman Utara.

“Ada nasi lengko, docang, empal gentong, mie koclok, hingga tahu gejrot. Nah kita tinggal menata bagaimana caranya supaya tenpat jualan mereka terlihat rapi, indah, sehingga wisatawan pun nyaman,” bebernya.

Untuk penampilan keseniannya, tambah Ca Mamat, pusatnya berada di Sanggar Klapa Jajar. Disini kesenian yang ditonjolkan banyak sekali, khusunya kesenian tradisional Cirebon seperti Tari Topeng, Sintren, Karawitan, hingga seni rupa.

Bila wisatawan ini berkunjung ke Kampung Wisata Seni Kanoman Utara, cukup membeli cendera mata. Cenderamata ini sebagi tiket masuk ke Kampung Wisata.

“Cenderamata ini dihasilkan dari masyarakat Ibu PKK. Jadi cenderamata ini dijual sebagai tanda masuk ke Kampung Wisata,” tandasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Kepala Daerah di Ciayumajakuning Sepakat Perniagaan Antar Wilayah Ada Kelonggaran⁣

⁣Cirebon,- Pemerintah Provinsi Jawa Barat memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau...

Tren Kopi Susu Literan, Lebih Hemat dan Bisa Untuk Hampers

Cirebon,- Belum selesai dengan tren kopi susu, akhir-akhir ini berbagai Coffee Shop mulai mengembangkan produksi kopi susu dengan kemasan literan.Apalagi, di tengah situasi Pandemi...

Mulai Hari ini Objek Wisata Keraton Kasepuhan, Goa Sunyaragi, dan Makam Sunan Gunung Jati Dibuka Kembali

Cirebon,- Setelah pusat perbelanjaan dan masjid diperbolehkan untuk ibadah Salat Jumat di Kota Cirebon, kini tempat wisata di Cirebon juga mulai buka.Sudah hampir 3...

Moment RAFI 2020, Layanan Data Telkomsel Alami Peningkatan

Jakarta,- Momen Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) yang baru saja berlalu, pemanfaatan layanan berbasis data Telkomsel mengalami peningkatan.Seperti layanan data mengalami peningkatan yang tertinggi...

Setiap Pekan, PT Soca Samudera Nusantara Rutin Berbagi Nasi dan Masker

Cirebon,- PT Soca Samudera Nusantara membagikan nasi kotak dan masker kepada para pengendara yang melintas di Jalan Pangeran Cakrabuana, Kelurahan Sendang, Kabupaten Cirebon, Jumat...

More Articles Like This