Kampanyekan Anti Korupsi, Roadshow Bus KPK Hadir di Kota Cirebon

Cirebon,- Dalam rangka mengajak ketertiban masyarakat dalam gerakan pemberantasan korupsi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelenggarakan program kampanye anti korupsi sebagai upaya membangun penyadaran publik dan meningkatkan partisipasi publik dalam gerakan antikorupsi.

Kegiatan kampanye tersebut berupa Roadshow Bus KPK dengan target sasaran masyarakat umum yang terdiri atas pelajar, guru, mahasiswa, dosen, aparat pemerintahan, komunitas, dan lain-lain.

Epi Handayani, selaku Kordinator Bus KPK mengatakan roadshow Bus KPK menyasar 11 Kota/Kabupaten di Pulau Jawa, yang dimulai sejak tanggal 24 September 2018 hingga 31 Oktober 2018.

BACA YUK:  Hasil Sidak, Hewan Ternak di Kecamatan Gebang Tidak Terjangkit Penyakit Kuku dan Mulut

“Kegiatan Road Show Bus KPK bertujuan untuk membumikan isu-isu pemberantasan korupsi di masyarakat, dan menghadirkan KPK secara rill ditengah-tengah masyarakat,” ujarnya saat jumpa pers di Kantor Dinas komunikasin Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, Kamis (27/9/2018).

Lebih lanjut, kegiatan roadshow Bus KPK ini dilaksanakan, mengingat upaya mencegah korupsi merupakan proses panjang yang harus dipakukan oleh KPK. KPK harus secara kongkrit berinteraksi dengan masyarakat untuk memberikan pengetahuan mengenai korupsi dari bagaimana cara melawan korupsi.

“Di 11 kota/kabupaten yang sudah ditetapkan akan menggelar berbagai kegiatan yang disesuaikan target sasaran,” ungkapnya.

BACA YUK:  Catat! Harga Terkini Hewan Kurban Jelang Idul Adha 2022, Dari Kambing Hingga Sapi

Epi menjelaskan, Bus KPK pertama kali diluncurkan pada tahun 2014 lalu bersama Giz, yang pada awalnya bernama Bus ACLC. Setelah diluncurkan, bus KPK melakukan perjalanan ke Yogyakarta dan sekitarnya untuk mendukung peringatan Hari Anti Korupsi Internasional tahun 2014.

“Setelah dilakukan perbaikan ulang dan re-branding, bus KPK pada tahun 2018 ini kembali menyapa masyarakat Indonesia melalui program pengutan kampanye anti korupsi “Jelajah Negri, Bangun Anti Korupsi”,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Asep Dedi mengatakan dari 11 kota/kabupaten yang dikunjungi Bus KPK untuk menyosialisasikan gerakan anti korupsi, Kota Cirebon salah satunya.

BACA YUK:  Info Loker : Ruang Guru

“Roadshow ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai Jumat sampai Minggu,” ujarnya.

Menurutnya Dedi, kegiatan Bus KPK merupakan bagian dari pencegahan korupsi juga, karena tugasnya bukan hanya penindakan tapi ada pencegahan didalamnya.

“Bus KPK nanti akan standby di depan Balaikota Cirebon sampai jam 19.00 WIB. Selama bus dalam keadaan aktif, bisa dikunjungi,” tandasnya. (AC212)

(Dilihat: 6 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.