Kamera e-Tilang Sudah Terpasang di Kota Cirebon, Ini Pelanggaran yang Terdeteksi Kamera

Cirebon,- Sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) akan diterapkan di seluruh wilayah Indonesia. Kabarnya, Korlantas Polri akan menerapkan mulai 17 Maret 2021.

Bahkan, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cirebon Kota telah menyiapkan kamera pemantau CCTV di 10 titik dan 6 titik kamera e-TLE. Sehingga, pengemudi yang melanggar akan terdeteksi kamera e-TLE.

Kasatlantas Polres Cirebon Kota, AKP La Ode Habibi Ade Jama mengatakan penerapan e-tilang di Indonesia rencananya akan diterapkan mulai 17 Maret 2021. Sedangkan untuk di Kota Cirebon masih menunggu arahan dari Korlantas Polri.

BACA YUK:  DPC PPP Kota Cirebon Siapkan Penjaringan Bacaleg

“Untuk Korlantas mulai diterapkan 17 Maret 2021. Kalo kita (Polres Cirebon Kota) menunggu perintah,” ujar Habibi saat dihubungi About Cirebon, Sabtu (20/02/2021).

Habibi menjelaskan, ada lima pelanggaran yang terdeteksi kamera E-TLE. Pertama menerobos lampu merah atau traffic light, kedua pelanggaran marka jalan (garis stop).

Ketiga, pelanggaran tidak menggunakan helm, keempat tidak menggunakan sabuk keselamatan. Dan, kelima menggunakan ponsel saat mengemudi atau berkendara.

“Itu lima pelanggaran yang akan terdeteksi oleh kamera E-TLE. Di Kota Cirebon sudah ada 6 titik yang terpasang kamera E-TLE,” ungkapnya.

BACA YUK:  Milad Mubarak ke-2 Lembaga AR Learning Center 6 - 8 Juni 2022 Digelar di Yogyakarta

Menurut Habibi, rencana awal pemasangan CCTV di Kota Cirebon ada 10 titik dan 6 titik kamera E-TLE. 6 titik yang sudah terpasang E-TLE yakni pertigaan BTN Krucuk, perempatan Siliwangi, perempatan Asia, perempatan Latpri Cipto, perempatan Gunungsari, dan perempatan Rajawali Perumnas.

“Sosialisasi e-tilang di Kota Cirebon sudah dilakukan dan pelaksanaan hari H nya masih menunggu Korlantas dan Polda,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 122 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.