Kakorlantas Polri: Berlakunya One Way Sampai Hari ini Tergantung Kondisi Lapangan

0
65

Cirebon,- Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Kakorlantas Polri) Irjen. Pol. Drs. Refdi Andri, M.Si kembali meninjau arus mudik lebaran tahun 2019 di Gate Tol Palimanan, Kabupaten Cirebon, Minggu (2/6/2019) siang.

Menurut Refdi, one way hari ini diberlakukan dari KM 70 Cikampek Utama sampai KM 414 Kalikangkung dan sampai KM 420 Krapyak.

Aston Hotel

“Untuk contra flow, dalam waktu bersamaan juga kita lakukan pada ruas tol Cikampek dari KM 35 sampai KM 61,” ujar Refdi saat meninjau Gate Tol Palimanan.

Lanjut Refdi, bahkan pihaknya sudah menyiapkan untuk contra flow semenjak KM 29 sampai KM 70, sehingga pergerakan kendaraan menuju ruas-ruas selanjutnya menjadi lebih baik.

1. Melihat Kondisi Lapangan

Teja Berlian
Teja Berlian 2
Teja Berlian 3

Hari ini, Minggu (2/5) bagaimana yang sudah dikonsepkan dan disosialisasikan, serta disepakati adalah hari ke-4 atau hari terakhir diberlakukannya one way.  One way sudah dilakukan pada tanggal 30-31 Mei, 1-2 Juni 2019.

“Tanggal 2 Juni adalah hari terakhir, tetapi itu pun bukan harga mati, sama dengan konsep-konsep jarak yang kita lakukan saat ini,” ungkapnya.

Pada konsep awal one way akan diberlakukan mulai KM 70 sampai KM 263 Brebes Barat, tetapi karena kebutuhan lapangan, padatnya lalu lintas, dan meningkatnya volume kendaraan, one way diberlakukan hingga KM 414 dan KM 420.

“Begitu juga diberlakukannya one way bisa berakhir hari ini atau sampai H-1 lebaran, tergantung melihat volume kendaraan dan kondisi lapangan,” ujarnya.

Kalau melihat kondisi saat ini, kata Refdi, kemungkinan kalau kita melihat pergerakan-pergerakan hari ini rasanya seiimbang dengan apa yang kita cermati dan evaluasi kemarin. Memang one way kemarin yang sangat panjang itu baru dibuka pukul 12.00, tetapi hari ini mulai KM 70 sampai KM 414 dan KM 420 sudah diberlakuka. sejak pukup 06.00 WIB.

“Tetapi ini menjadi bahan evaluasi kita, akan kah kita lanjut atau tidak, nanti keputusannya sore menjelang malam atau malam menjelang tengah malam,” ungkapnya.

2. Melakukan Evaluasi

Saat peninjaun di KM 188 Gate Tol Palimanan, Kakorlantas Polri beserta jajaran melakukan evaluasi singkat tentang apa yang sudah dilakukan khususnya lima hari terakhir semenjak dilakukannya operasi ketupat 2019.

“ Pergerakan-pergerakan di tempat ini (Tol Palimanan) sudah kita lakukan evaluasi,” terangnya.

Kemarin, kata Refdi, semenjak tanggal 30 Juni sampai tanggal 1 Juni 2019 kemarin ada yang mengatakan pergerakan di Tol Palimanan agak tersendat. Tetapi, setelah dicermati dan mendapat laporan dari pelaksana yang bertugas, memang ada ketersendatan itu.

“Ini juga merupakan bagian sedikit perlambatan, sehingga yang mengarah Kalikangkung pun tidak begitu tersendat,” bebernya.

Namun, menurut Refdi, ketersedatan dan perlambatan itu masih batas toleransi, dua sampai tiga Kilometer kemudian 45 menit sampai satu jam sudah mencair kembali.

“Mudahan-mudahan apa yang sudah kita lakukan khusunya contra flow dan one way masuk hari ke-4 ini tidak ada hambatan-hambatan,” katanya.

3. One Way Saat Arus Balik

Langkah-langka yang dilakukan selama 4 sampai 5 hari terakhir ini, menurut Refdi, tentu ini akan menjadi acuan kita, apa yang akan dilakukan dua hari kedepan menjelang hari raya Idul Fitri.

“Dan yang lebih signifikan nanti, apa yang mesti kita lakukan cara bertindak yang bagaimana, pola-pola tindak yang seperti apa, ketika melaksanakan langkah-langkah pengamanan dan melakukan rekayasa untuk masyarat yang balik dari kampung halaman, yaitu di tanggal 7,8, dan 9 Juni,” ujarnya.

“Memang, waktu operasi kita sampai tanggal 10 Juni 2019, tetapi kita usahakan dan maksimalkan masyarakat sudah kembali lebih banyak pada tanggal 7,8, dan 9 Juni,” imbuhnya.

Pada saat arus balik nanti, pihaknya akan berlakukan kembali one way sejak KM 420, KM 414 lanjut sampai KM 70 Cikampek Utama. (AC212)