KAI Akan Luncurkan Kereta ‘First Class’, Ini Bentuknya

0
648

Jakarta – PT. Kereta Api Indonesia (KAI) akan meluncurkan gerbong sleeper dalam waktu dekat. Sebanyak empat gerbong sleeper ini sedang diproduksi oleh PT. Inka (persero). Gerbong ini didesain dengan fasilitas yang sama atau mendekati layanan first class di pesawat terbang.

“Kami akan segera tes kereta sleeper ini untuk mengetahui respons pasar seperti apa,” kata Direktur Utama PT. KAI Edi Sukmoro kepada Wartawan di Stasiun Gambir, Jumat (13/4/2018).

Dalam rilis yang diterima aboutcirebon, kereta tersebut disebut sleeper karena penumpangnya bisa mengatur tempat duduknya sampai ke posisi tidur.

Aston Hotel

Hal itu sama dengan seat penumpang di pesawat first class yang selama ini tidak hanya bisa tidur, namun juga dilengkapi dengan fasilitas mumpuni seperti televisi, sajian makanan, dan sebagainya.

Menurut Edi, sudah waktunya masyarakat Indonesia memiliki angkutan umum mewah yang tak kalah dengan yang ada di luar negeri. Terlebih, gerbong sleeper ini hasil produksi dalam negeri.

Rencananya, kereta-kereta itu akan disertakan di rangkaian kereta jarak jauh, yakni rute Jakarta-Surabaya. Namun hingga saat ini pihak PT. KAI masih berkomunikasi dengan INKA untuk kedatangan empat unit gerbong sleeper tersebut.

Sementara Pihak PT. KAI juga masih menghitung harga tiket. Diperkirakan harganya masih di bawah 1 juta atau setara kelas prioritas dari kereta reguler.

“Tarif sedang dihitung, mudah-mudahan satu dua hari ini sudah bisa keluar. Tapi kalau menurut saya, (harga tiket) di atas Rp 900.000 karena yang (kereta) prioritas sudah segitu harganya,” tutup Edi. (AC350)

Bagikan:
Signup for the newsletter