Kadin Kota Cirebon Gelar Pelatihan Cara Ekspor Barang ke Mesir

ABOUTCIREBON – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Cirebon menggelar seminar setengah hari bertema ‘Cara Ekspor Barang ke Negara Mesir’ di kantor sekertariat Kadin Jalan Terusan Bima no.3 Komplek Perkantoran Bima, Kota Cirebon, Selasa (21/6).

Pemateri dalam half day seminar ini yaitu Dede Muharram LC yang merupakan Chairman of Indonesia Egypt Business Council (IEBC). Hadir dalam seminar ini anggota Kadin Kota Cirebon dan sejumlah pengusaha.

Dalam paparannya, Dede Muharram yang merupakan pemilik Andalus City dan Salam Tour ini menjelaskan jika Mesir merupakan sebuah negara yang sangat besar potensinya untuk barang-barang dari Indonesia.

BACA YUK:  Jadwal Pemadaman Listrik di Kota Cirebon, 24 Mei 2022

“Ada beberapa produk unggulan Indonesia ke Mesir diantaranya produk pertanian, produk kelautan dan perikanan hingga produk makanan olahan,” ujar Ustadz Dede sebutan akrabnya.

Dede juga menjelaskan jika mayoritas produk ekspor Indonesia ke Mesir adalah komoditas non-migas yang berbasis pada produk hasil pertanian, minyak nabati, minyak sawit dan turunannya.

“Berdasarkan data BPS Mesir pada tahun 2021, produk halal Indonesia mendominasi total impor Mesir dengan pangsa pasar sebesar 75,9%, naik dibanding tahun 2020 (71,5%),” tambahnya.

Selain itu, Ustadz Dede juga menjelaskan jika ada kecenderungan Mesir bekerja sama dengan Indonesia di bidang pemberdayaan energi ramah lingkungan dalam menyediakan solusi inovatif.

BACA YUK:  Komisi II Usul Bangun Mall Pelayanan Publik, Wali Kota Cirebon: Kami Sudah Persiapkan

“Adanya peluang bagi pengusaha skuter listrik, mobil listrik, serta peralatan rumah tangga,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Harian Kadin Kota Cirebon, Ismayasari, mengaku jika pihaknya ingin mencari potensi barang Indonesia khususnya Kota Cirebon yang bisa diekspor ke Mesir.

“Harapannya ada produk khususnya UMKM asal Cirebon yang bisa ikut dijual ke Mesir dan negara timur tengah lain,” ujar Ismayasari.

(Dilihat: 35 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.