Kabar Gembira, Perayaan Tahun Baru Imlek Tahun 2023 di Kota Cirebon akan Lebih Meriah

Cirebon,- Perayaan Tahun Baru Imlek tahun 2023 di Vihara Dewi Welas Asih yang berada di Jalan Kantor, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk diprediksi akan lebih meriah dibanding tahun sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan sudah dicabutnya kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah.

Pada perayaan tahun baru imlek, pihak Vihara Dewi Welas Asih tidak akan membatasi pengunjung yang ingin beribadah pada malam tahun baru imlek. Namun, pihaknya meminta kepada jemaah untuk tetap menggunakan masker pada saat beribadah.

Sekretaris Panitia Imlek dan Cap Go Meh 2023, Richard Dharma Pekasa mengatakan dengan adanya pencabutan kebijakan PPKM oleh Presiden RI Joko Widodo dan sudah didapatnya surat rekomendasi dari Satgas COVID-19 Kota Cirebon, tahun ini perayaan tahun baru Imlek di Vihara Dewi Welas Asih sudah bisa dilaksanakan secara normal.

BACA YUK:  Info Loker! Lowongan Kerja Terbaru di Jumbo Restaurant Seafood

“Sejak tahun 2021 dan tahun 2022, perayaan Imlek dilakukan secara terbatas. Namun, pada tahun 2023 ini akan lebih meriah dibanding tahun sebelumnya, karena telah dicabutnya kebijakan PPKM oleh Presiden Jokowi, akan tetapi kami menyarankan untuk jemaah untuk tetap menggunakan masker,” ujar Richard saat ditemui About Cirebon di Vihara Dewi Welas Asih, Rabu (11/1/2023).

Tahun ini juga, kata Richard, diperbolehkan melakukan perayaan atau kirab budaya Cap Go Meh yang nantinya akan dilaksanakan pada tanggal 5 Februari 2023. Kirab budaya akan mengelilingi Kota Cirebon seperti kegiatan Cap Go Meh sebelum terjadinya COVID-19.

BACA YUK:  Wali Kota Cirebon Dorong Dispusip Kota Cirebon, Pengelolaan Kearsipan dengan Digital

“Dua tahun kemarin perayaan Cap Go Meh kita tidak melaksanakan karena Pandemi COVID-19, tetapi tahun ini akan dilaksanakan Cap Go Meh secara meriah,” kata Richard.

Menjelang perayaan tahun baru Imlek, Vihara Dewi Welas Asih Cirebon akan melaksanakan kegiatan seperti sebelum pandemi COVID-19. Mulai dari Bhakti Sosial, Sembahyang Sang Sin (Lam Keng) pada 14 Januari 2023, Cuci Ruang Dewa Dewi pada 16 Januari 2023, Sembahyang Malam Imlek pada 21 Januari 2023, Sembahyang Ciap Sin pada 25 Januari 2023, Sembahyang Keng Thi Kong dan Sembahyang Ci Suak pada 29 Januari 2023, serta Kirab Budaya Cap Go Meh pad 5 Februari 2023.

BACA YUK:  Puluhan Mahasiswa Fakultas Psikologi UI Sambangi Sekolah Alam Wangsakerta Cirebon, ini Tujuannya

“Akan ada juga pemasangan lilin, nanti kurang lebih ada 200 pasang lilin di hari Imlek. Kami prediksi di acara Malam Imlek akan lebih ramai dibanding tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Richard berharap pada tahun baru Imlek tahun 2023 atau 2574, ke depan walau pemberitaan-pemberitaan tahun ini masa resisi ekonomi, kita harus tetap optimis. Setiap langkah yang kita lakukan, kata Richard, dengan pikiran, ucapan dan perbuatan yang baik.

“Semoga semua ke depan bisa lebih baik, yang terpenting semua tetap berhati-hati dalam menjalankan kehidupan,” harapnya. (HSY)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *