Jingga Media

Jingga Media

Komunitas Jingga Media merupakan sebuah lembaga Nirlaba yang bergerak dalam Bidang Analisis Data dan Pengembangan Media Komunitas. Semenjak berdirinya -yakni pada tanggal 20 Nopember 2012- lembaga ini memiliki tujuan untuk melakukan kerja-kerja penguatan komunitas, terutama melalui strategi pengembangan media dan jaringan informasi. Dalam hal ini, pemanfaatan teknologi diposisikan sebagai alat utama untuk membuka arus informasi dan komunikasi sebuah komunitas. Jingga Media telah menciptakan beberapa kunci sebagai usaha dalam mewujudkan sebuah pengembangan media komunitas, antara lain : pengembangan website desa, peluncuran media sekolah online, fasilitasi portal pertanian, serta penguatan radio komunitas. 

Sejalan dengan tujuan utama pendiriannya sebagai lembaga pengembangan media komunitas, maka Jingga Media juga melakukan sebuah usaha untuk menciptakan indikator sebagai alat ukur pencapaian kerja. Melalui sistem riset dan penelitian tentang media secara berkala dan berkelanjutan, Jingga Media  membantu sebuah pembacaan dan publikasi tentang dunia pengembangan media komunitas kepada masyarakat luas. 

Selain memfungsikan usaha dan kerja-kerja di atas, Jingga Media juga merupakan lembaga fasilitator untuk pelatihan-pelatihan pengembangan media, seperti pengenalan teknologi informasi untuk wilayah pedesaan dan sekolah, peningkatan kapasitas dokumentasi dan penulisan, kampanye media komunitas, dan lain sebagainya.

PRODUK 

1. Pengembangan website pedesaan 

2. Fasilitasi portal pertanian 

3. Peluncuran media sekolah online 

4. Penguatan radio komunitas 

5. Penerbitan buletin komunitas 

6. Penerbitan laporan riset bulanan 

7. Kampanye pemanfaatan internet secara sehat 

8. Penerbitan video komunitas dan fim dokumenter 

9. Workshop dan pelatihan pengembangan media komunitas 

10. Diskusi dan seminar

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *