Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Polresta Cirebon Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Tol

Cirebon,- Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) Polresta Cirebon telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di dua jalur, yakni jalan tol dan jalan arteri.

“Untuk jalan tol kami memprediksi terjadi peningkatan volume kendaraan disepanjang jalur tol Cipali sampai wilayah Kanci Pejagan,” ujar Kapolresta Cirebon, Kombes Pol. M. Syahduddi usai apel pergeseran pasukan Operasi Lilin Lodaya 2020 di Mapolresta Cirebon, Senin (21/12/2020).

Meskipun pemerintah sudah memangkas cuti bersama selama tiga hari, kata Syahduddi, kita memprediksi akan terjadi peningkatan volume kendaraan yang akan melintasi jalur tol Cipali sepanjang libur Natal dan Tahun Baru.

BACA YUK:  Inilah Fakta Mas Kawin Pernikahan Viral di Cirebon

Oleh karena itu, lanjut Syahduddi, pihaknya mengantisipasi di jalur tol dengan mendirikan pos terpadu pengamanan di gerbang tol Palimanan dengan melibatkan personil dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Jasa Marga, Pengelola Tol, dan juga dari Satpol PP.

“Di Rest Area wilayah hukum Polresta Cirebon juga kita menempatkan personil dan pos pengamanan terpadu,” jelasnya.

Konsepnya, tambah Syahduddi, dengan mempertimbangkan penyebaran Covid-19 di Rest Area, akan berkoordinasi dengan pengelola tol untuk membatasi jumlah kapasitas daya tampung sebesar 50 persen dari standarnya.

BACA YUK:  Satuan Reserse Narkoba Polresta Cirebon Amankan Pengedar Narkoba Jenis Sabu

“Nanti di Rest Area akan dilakukan pengendalian dan pemantau bersama-sama dengan pengelola jalan tol tersebut. Jika kapasitas sudah 50 persen, kita himbau untuk singgah di rest area berikutnya,” kata Syahduddi.

“Begitupun dengan pengemudi yang sudah datang direst area, kita berikan batas waktu. Bila sudah batas waktunya sudah berakhir untuk sesegera mungkin meninggalkan rest area untuk bergantian,” tambahnya.

Untuk pengalihan arus, kata Syahduddi, pihaknya mempedomani surat edaran dari Kementerian Perhubungan dalam hal ini Direktur Perhubungan Darat.

“Akan ada pembatasan angkutan kendaraan barang tertentu di hari-hari tertentu yang melintas jalur Tol. Jadi, ketika arus kendaraan di tol Cipali mengalami kepadatan saat arus mudik kita akan mengalihkan kendaraan sumbu tiga ke jalur arteri,” terangnya.

BACA YUK:  Jadwal Samsat Keliling P3DW Ciledug Kabupaten Cirebon, 9 - 14 Mei 2022

“Kendaraan sumbu tiga termasuk kendaraan tempel yang mengangkut barang tambang, galian batu, pasir, kita alihkan kejalur arteri. Kecuali kendaraan yang mengangkut kebutuhan barang sembako, BBM, Gas, termasuk air minum dalam kemasan,” imbuhnya.

Dalam kota, menurut Syahduddi, sepenuhnya tidak dilakuan pembatasan. Namun, ketika arus lalu lintas di arteri cukup padat, akan dilakukan penebalan personil. (AC212)

(Dilihat: 7 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.