Jelang Libur Akhir Tahun, Polres Cirebon Lakukan Pengecekan Kendaraan dan Test Urine Supir Bus

Cirebon, 19 Desember 2017,- Mengantisipasi kecelakaan di jalan raya, Polres Cirebon menggelar kegiatan pengecekan kendaraan umum yang berlangsung di PO Sahabat, Jalan Raya Tegal Wangi, Kabupaten Cirebon, Selasa (19/12/2017).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Cirebon, AKBP. Risto Samodra dan juga Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon.

“Kegiatan pengecekan dan kesiapan perusahaan bus ini dalam rangka mereka melayani masyarakat pada libur panjang akhir tahun,” ujar Kapolres Cirebon kepada awak media.

Risto memastikan, bahwa kendaraan yang kita cek semuanya kendaraan layak jalan, kondisi bagus, siap melayani masyrakat dalam libur panjang nanti.

BACA YUK:  Coffee Shop Ramah Anak, Kopi Manao Hadirkan Menu Bliss Series untuk Anak-anak

“Untuk kendaraan kita cek semuanya, dan pengendaranya sendiri kita lakukan test urine,” paparnya.

Test Urine kepada supir bus.

Kata Risto, bila ditemukan armada yang tidak layak jalan akan diberhentikan. Kita cek bersama-sama antara Polres Cirebon dengan Dinas Perhubungan untuk mengantisipasi justru jangan sampai terjadi yang bisa merugikan pengguna jalan lainnya.

“Kami menghimbau kepada masyarakat yang menggunakan angkutan umum, pilihlah angkutan umum yang layak, yang terjamin keselamatannya. Secara kasat mata, bisa dilihat dari fisik kendaraannya tersebut, bila dirasa kurang nyaman lebih baik ganti bus lain,” tandasnya.

BACA YUK:  Percepat Eliminasi TB Di Indonesia Tahun 2022, Giatkan Peran Wadah Kemitraan TB Nasional

Selain itu, H. G. Budi Waluyo, dari Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon menambahkan, untuk pengecekan armada di PO Sahabat kita sudah ambil sample, bahwa kendaraan semua layak jalan.

“Pengecekan yang dilakukan pertama masalah ban artinya ban menggunakan standar minimal bukan maksimal, artinya kembangnya masih 1 mili masih layak jalan, kalau maksimal walapun 1 mili harus diganti bannya,” jelasnya.

Walaupun kendaraanya bagus dan layak jalan, Budi menegaskan, bahwa keselamatan yang utama yaitu terkait dengan pengendaranya. Untuk hasil pengecekan yang dilakukan semuanya layak jalan.

BACA YUK:  Sukseskan Program Pemerintah, Skrining dan Deteksi TBC Gratis Digelar di Cirebon

“Kemudian mulai dari lampu sen, lampu jauh, lampu dekat, ban, angin, hingga pengereman, semua berfungsi dan layak jalan,” bebernya. (AC212)

(Dilihat: 11 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.