Jelang Lebaran, Dinas Kesehatan Kota Cirebon Adakan Sosialisasi untuk Para Relawan Posko Mudik

Cirebon,- Menjelang arus mudik dan arus balik 2018, Dinas Kesehatan Kota Cirebon sudah mempersiapkan diri untuk membuka posko di beberapa titik jalur mudik. Pihaknya saat ini tengah gencar mengadakan sosialisasi keselamatan dan penanganan pertama kecelakaan untuk para relawan yang siap ditempatkan di titik posko.

Wakil Pimpinan Kesehatan Khusus Kota Cirebon, Wijaya mengatakan akan ada 5 titik posko dari Dinas Kesehatan Kota Cirebon. Kelima posko tersebut antara lain yakni di depan SD Negeri Sunyaragi, Terminal Harjamukti, kawasan Tiga Berlian, Stasiun Kejaksan, dan juga Stasiun Parujakan.

BACA YUK:  Komunitas CBW Berbagi Takjil dan Makanan kepada Para Pengguna Jalan

“Kita sudah bekerja sama dengan 10 rumah sakit dan 23 puskesmas di Kota Cirebon. Mereka akan tersebar di 5 posko secara bergantian,” ujarnya.

Di masing-masing posko akan disediakan satu ambulance, obat-obatan, peralatan medis dasar, 1 orang dokter, 2 orang perawat, 1 supir ambulance, dan tenaga relawan 4 orang di setiap shift nya. Untuk itu, perlu diperbanyak tenaga relawan yang mampu berjaga di posko sejak H-7 hingga H+7 lebaran.

“Alhamdulillah beberapa sekolah sudah ada yang bersedia menjadi relawan posko mudik 2018. Kami ajak mereka untuk mengikuti sosialisasi dan peragaan dari tenaga medis tentang hal yang harus dilakukan tenaga relawan apabila menangani kecelakaan, pingsan, dan lain sebagainya,” paparnya.

BACA YUK:  Info Loker : Maxim Cirebon

Wijaya mengatakan di tahun ini sudah ada Public Safety Center (PSC) yang siap melengkapi bantuan tenaga kesehatan pada arus mudik 2018. PSC 119 juga siap selama 24 jam menangani masyarakat apabila terjadi sesuatu yang berkaitan dengan kesehatan.

“Ini merupakan tahun pertama PSC ikut serta dalam arus mudik 2018 di Cirebon. Semoga hadirnya PSC mampu melayani masyarakat dengan baik,” tutupnya. (AC560)

(Dilihat: 11 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.