Jelang Hari Raya Idul Adha, Daya Beli Hewan Kurban Menurun Sekitar 20 Persen

Cirebon,- Pada masa Pandemi Covid-19, daya beli hewan kurban jelang hari raya Idul Adha mengalami penurunan sekitar 20 persen.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan, dan Kehutanan Kabupaten Cirebon, Ali Effendi, Senin (6/7/2020).

Menurut Ali, penurunan daya beli hewan kurban jelang hari raya Idul Adha tahun 2020 ini sekitar 20 persen.

“Bila dibandingkan dengan tahun lalu, ada penurunan sekitar 20 persen. Namun, data ini baru sementara, jika melihat angka pastinya setelah Idul Adha,” ujar Ali.

BACA YUK:  Info Loker : CV Mega Karya Nirwana

Menurut Ali, penurunan daya beli ini disebabkan karena faktor Pandemi Covid-19, tetapi tidak berpengaruh dengan kualitas ternak dan daging di Kabupaten Cirebon

“Penurunan daya beli hewan kurban ini tidak berpengaruh dengan kualitas ternak dan daging,” katanya.

Sementara itu, menjelang Hari Raya Idul Adha, pihaknya selalu menerjunkan petugas di lapangan untuk memeriksa kondisi kesehatan hewan kurban.

“Kita sudah terjunkan 100 petugas lebih untuk memeriksa kondisi hewan kurban yang dijual,” tandasnya.

Selain itu, Kabid Kesehatan Hewan, Encus Cuswati mengatakan bahwa untuk menjaga kualitas ternak harus menjaga kesehatan hewan dan juga kesehatan pemilik ternak.

BACA YUK:  MJ Batique Tampilkan Koleksi Terbaru di En's Wedding Festival 2022

Sehingga, untuk menjaga kualitas makan pihaknya telah melakukan edukasi serta menghimbau kepada peternak untuk menjaga kesehatan dan juga diri sendiri.

“Kita bina pemilik ternak Agara menjaga kesehatan hewan. Bila penjualan di pasar hewan, ada petugas yang selalu mengontrol kondisi hewan,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 5 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.