Jelang Hari Kemerdekaan, Komunitas Rajut Isun Membuat Bendera Merah Putih yang Menarik

Cirebon,- Menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76, Komunitas Rajutan Isun (KRI) Kabupaten Cirebon membuat Bendera Merah Putih hasil rajutan. Hasilnya sangat cantik dan menarik dengan ukuran 120cm X 80 cm.

“Jadi ide awalnya, perajut Indonesia ingin memecahkan rekor MURI tingkar nasional. Para perajut, termasuk KRI Kabupaten Cirebon, akhirnya membuat rajutan Bendera Merah Putih yang kemudian dikumpulkan untuk dirangkai menjadi sebuah bendera besar,” papar Pendiri KRI Kabuaten Cirebon, Nurisah, Jumat (13/8/2021).

Dari situlah KRI Kabupaten Cirebon berniat untuk membuat Bendera Merah Putih rajutan yang nantinya akan dipajang dan di figura sebagai hasil karya perayaan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia.

BACA YUK:  OPINI : Cirebon Katon ; Tari Topeng Cirebon Kesenian yang Jadi Media Dakwah

Dia mengaku, proses pembuatan Bendera Merah Putih tersebut memakan waktu 3 kali pertemuan yang dikerjakan oleh 12 orang pengrajin. Mereka bersemangat untuk menyelesaikan karya sebelum hari kemerdekaan tiba.

“Kami juga dibantu oleh pelatih utama di KRI Vera Dwi Ariyanti yang berjasa menularkan ilmu merajutnya kepada para anggota sebanyak 60 orang,” tambah wanita yang berusia 43 tahun ini.

Kerajinan yang biasa dibuat oleh komunitas ini diantaranya membuat tas rajut, dompet rajut, sepatu rajut, topi rajut, baju rajut, dan lainnya. Mereka pun menerima pemesanan yang hasilnya akan dikelola oleh komunitas.

BACA YUK:  Pemda Kota Cirebon Komitmen Selenggarakan PPDB Berkualitas dan Berkeadilan

“Agenda kami saat ini yaitu masih melanjutkan pembuatan pesanan tas rajut dan siap siap jika ada pameran di Cirebon atau di luar kota. Kalau sekarang situasinya sedang pandemi, jadi mungkin pameran akan sangat terbatas,” beber wanita yang memiliki hobi bermain alat musik tersebut.

Nurisah juga menyampaikan, pihaknya turut prihatin dengan pandemi yang sedang melanda bangsa ini. Tapi mereka masih ingin memeriahkan hari kemerdekaan dengan terus berkarya dari rumah masing-masing. (AC560)

(Dilihat: 78 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.