Selasa, 26 Januari 2021

Jalur Kereta Api Elevated Akan Dibangun di Kota Cirebon

Populer

Obyek Wisata Baru Tenjo Layar Kuningan Segera Dibuka⁣⁣

⁣Kuningan, - Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) Tenjo Layar merupakan salah satu obyek wisata baru di Kuningan...

Sensasi Makan Durian Montong Petik Langsung dari Pohon di Kopi Montong

Cirebon,- Berada di ketinggian 150 meter di atas permukaan laut (MDPL), agrowisata durian Kopi Montong yang berlokasi di Sindang...

Agrowisata dan Edukasi Griya Hidroponik Tawarkan Konsep Petik Sendiri⁣

Cirebon,- Griya Hidroponik Cirebon yang berada di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa, Kedawung, Kabupaten Cirebon menjual segala macam produk sayuran...

Program Jelajah Rasa, Kandang Ayam Hadirkan Menu Korean Taste⁣⁣⁣

⁣⁣Cirebon,- Kandang Ayam Resto yang yang berlokasi di Jalan Sudarsono No. 281A, Kota Cirebon, pada Januari 2021 menghadirkan program...

Saung Kopi Gowes Hadir di Jalur Favorit Bersepeda, ini Konsepnya⁣

Cirebon,- Berada di jalur favorit bersepeda dengan view pesawahan dan berlatar gunung Ciremai, Sakowes (Saung Kopi Gowes) hadir untuk...

Cirebon,- Menteri Perbuhungan Republik Indonesia berencana membangun jalur kereta elevated atau jalur kereta layang di Kota Cirebon. Rencananya, pembangunan jalur kereta elevated ini akan diintegrasikan dengan jalur kereta cepat Jakarta – Surabaya.

Menhub, Budi Karya Sumadi mengatakan rencana kereta api cepat Jakarta-Surabaya baru akan dimulai pada tahun 2022 dan selesai diperkirakan pada tahun 2026.

“Nah ini kan sekaligus yah, jadi semua kereta api saya akan naikan (elevated) bersamaan dengan kereta api cepat Jakarta-Surabaya,” ujarnya kepada awak media di Stasiun Cirebon Kejaksan, Selasa (31/12/2019).

Loading...
BACA YUK:  15 Januari 2021, Nakes di Kota Cirebon Mulai Divaksin

Sehingga, lanjut Budi, dengan adanya jalur kereta api elevated nantinya tidak ada lagi perlintasan sebidang di Cirebon, Semarang, atau beberapa kota yang lain.

“Sekarang sedang dilakukan kajian. Jepang sedang melakukan kajian, jadi nanti bila ada orang Jepang atau ada tim Kementerian Perhubungan kesini tolong disupport yah,” kata Budi.

Untuk bentang elevatednya, tambah Budi, menunggu kajian terlebih dahulu. Bila sudah ada kajian ataupun survei baru bisa menentukan.

“Untuk bentang elevated kita belum tahu, makanya survei itu yang akan menentukan,” ungkapnya.

Sekedara diketahui, lalu lintas kereta api di Kota Cirebo merupakan jalur terpadat. Kereta api yang melintas di wilayah Kota Cirebon bisa terjadi setiap tujuh menit sekali.

Sementara itu, Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis saat dikonfirmasi terpisah mengucapkan terima kasih atas rencana akan dibuatnya jalur elevated di Kota Cirebon.

Menteri Pehubungan Budi Karya Sumadi saat menyapa penumpang kereta api di Stasiun Cirebon, Selasa (31/12/2019).

“Subhanallah luar biasa, itulah perhatian Pemerintah Pusat. Karena pemerintah pusat melihat potensi Cirebon, sehingga penangannya harus dibantu oleh pemerintah pusat,” ujarnya kepada About Cirebon saat ditemui di Balai Kota Cirebon.

Azis mengucapkan terima kasih, atas apa yang Menhub sampaikan untuk merencanakan jalur kereta api elevated untuk bisa segera diwujudkan di Kota Cirebon.

“Untuk tindal lanjut, tentunya kami akan segera meremajakan kembali usulan yang sudah lama, untuk dikirim kembali ke Pemerintah Pusat supaya bisa segera disesuaikan konsepnya dan segera dilaksanakan,” kata Azis.

“Kota Cirebon sudah mengirimkan usulan kepada Pemerintah Pusat dua kali, dan ini akan menindaklanjuti surat yang ketiga,” pungkasnya. (AC212)

BACA YUK:  Inilah Tempat Wisata Kuliner di Talun Kabupaten Cirebon dengan Suasana Persawahan ⁣
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Ruang Isolasi Mandiri di The Radiant Hotel Cirebon Sudah Terisi 9 Pasien

Cirebon,- Pemerintah Kabupaten Cirebon telah menyiapkan tempat isolasi mandiri untuk pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di The Radiant Hotel Cirebon. Namun,...

PPKM di Kabupaten Cirebon Diperpanjang Hingga 8 Februari 2021

Cirebon,- Pelaksanaan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di Kabupaten Cirebon berakhir hari ini 25 Januari 2021. Namun, Bupati Cirebon Drs. H. Imron akan memperpanjang...

ACT Cabang Cirebon Kirim Bantuan Untuk Sulbar dan Kalsel

Cirebon,- Aksi Cepat Tanggap (ACT) cabang Cirebon melepas bantuan dari Cirebon untuk korban terdampak bencana di Sulawesi Barat (Sulbar) dan Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin...

Maryam Qonita, Wanita dari Kuningan yang Pernah Mewakili Indonesia di Forum PBB⁣

Kuningan,- Tidak pernah terbayangkan oleh Maryam Qonita bisa menempuh pendidikan beasiswa S2 hingga ke New York University di Amerika Serikat. Dengan kesederhanaan yang dimiliki,...

More Articles Like This