Kamis, 2 Desember 2021

Jaga Kelestarian Tari Topeng, ini yang Dilakukan Pertamina Internasional EP di Cirebon

Populer

Barisa Cafe Usung Konsep Pantai Lengkap dengan Pasirnya

Cirebon,- Jika kamu rindu dengan suasana pantai di Bali, kafe ini menghadirkan konsep dengan suasana pantai. Namanya Barisa Cafe,...

Geubrina Cafe Aceh, Kuliner Aceh Terlengkap di Kota Cirebon dan ini Promonya di Bulan Desember

Cirebon,- Aceh memiliki beragam kuliner yang khas untuk bisa dinikmati bagi para pecinta kuliner. Di Cirebon, terdapat kafe atau...

Catat Tanggalnya, TDA Cirebon Gandeng Lintas Institusi Gelar Pesta Wirausaha dan Vaksinasi

Cirebon,- Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Cirebon bersama Polres Cirebon Kota, Pemerintah Daerah Kota Cirebon dan komunitas lainnya akan...

Pengurus Ikatan Alumni UGJ Cirebon Periode 2021 – 2025 Resmi Dilantik

Cirebon,- Pengurus Ikatan Alumni (IKA) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) periode 2021-2025 resmi dilantik. Pelantikan tersebut berlangsung di Ruang...

UMK Kota Cirebon Tahun 2022 Naik Sebesar Rp. 33 Ribu

Cirebon,- Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cirebon dan Dewan Pengupahan Kota (Depeko) telah menggelar rapat penetapan Upah Minimum Kota...

Cirebon,- Untuk menjaga kelestarian Tari Topeng, PT. Pertamina (Persero) melalui anak usahanya Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi (Pertamina Internasional EP) bekerja sama dengan Keraton Kasepuhan Cirebon dan Yayasan Belantara Budaya Indonesia secara resmi membuka gelaran Pertamina Budaya di Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat, pada Sabtu (22/9/2018).

Presiden Direktur PIEP, Denie S. Tampubolon menyatakan Cirebon merupakan kota sejarah yang banyak menyimpan kekayaan budaya Indonesia yang harus dilestarikan bersama-sama.

“Melalui Program Pertamina Budaya, diharapkan bisa menjaga kelestarian budaya Indonesia, khususnya seni tari topeng Cirebon yang sudah melegenda dan diwariskan turun-temurun sejak masa Kesultanan Cirebon dipimpin Sunan Gunung Jati,” ujarnya usai peresmian Sekolah Tari Gratis di Keraton Kasepuhan Cirebon.

Loading...
BACA YUK:  Goa Sunyaragi Akan Kembali Gelar Pertunjukan Seni Gratis Bagi Wisatawan

Menurut Denie, untuk melestarikan budaya khas Cirebon, bekerja sama dengan Kesultanan Kasepuhan Cirebon dan Yayasan Belantara Budaya Indonesia. Pihaknya menyepakati program edukasi tari kepada masyarakat Cirebon dalam setahun kedepan.

“Saya berharap program kerja sama ini mampu meningkatkan potensi kemandirian masyarakat dan memperkenalkan budaya Indonesia ke dunia internasional,” terangnya.

Ia berharap, kegiatan ini mendapat dukungan positif dari pemerintah setempat serta membangun citra positif perusahaan.

Seni Tari Topeng, lanjut Denie, bukan hanya sebagai hiburan dan seni semata, tetapi memiliki nilai-nilai kehidupan yang sangat relevan dengan konteks kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini.

Dalam tarian tersebut terkandung nilai-nilai kepemimpinan, kebijaksanaan dan kasih sayang. Bahkan, tarian ini juga menggambarkan perjalanan hidup manusia sejak dilahirkan hingga menginjak dewasa. 

“Kalau kita baca sejarah dan nilai-nilai filosofi yang terkandung dalam seni tari topeng Cirebon, banyak yang bisa kita ambil pelajaran,” ungkapnya.

Salah satunya, kata dia, karakter Topeng Temenggung, yang menggambarkan kebaikan kapada sesama manusia, saling menghormati dan senantiasa mengembangkan silih asah, silih asih dan silih asuh.

BACA YUK:  AR Learning Center Rombak SDM & Bentuk Yayasan Pusat Pembelajaran Nusantara

“Begitu juga karakter Topeng Klana, yang melambangkan kerja keras dan usaha untuk menggapai apa yang dicita-citakan,” imbuh Denie. 

Disaksikan langsung oleh jajaran Direksi PIEP, gelaran Pertamina Budaya dimeriahkan dengan aksi menari serempak bersama masyarakat yang dikemas dalam aksi flashmob.

Ratusan masyarakat yang hadir dalam pembukaan Pertamina Budaya ini, secara serentak melakukan aksi menari bersama. Tua – muda, laki-laki dan perempuan, semuanya larut dalam kegembiraan. Aksi flashmob ini merupakan bagian dari komitmen bersama untuk menjaga tradisi seni tari topeng Cirebon.    

Gelaran Pertamina Budaya, merupakan bagian dari rangkaian Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Internasional EP di Kota Cirebon, Jawa Barat.

Sehari sebelumnya, di Kota Udang ini, juga telah dilaksanakan Pertamina Mengajar sebagai bentuk  kepedulian terhadap duna pendidikan. PIEP menyerahkan berbagai bantuan antara lain tas sekolah untuk para siswa serta sumbangan buku-buku bacaan untuk melengkapi perpustakaan sekolah yang diharapkan dapat menunjang aktivitas belajar mengajar siswa. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Kunjungi Kabupaten Cirebon, Wakil Menteri Pertanian Ajak Petani Gunakan Mesin Pertanian Modern

Cirebon,- Bupati Cirebon Drs. H. Imron mendampingi Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi dalam kunjungan kerja ke area persawahan...

Tidak Miliki Pita Cukai, Rokok Ilegal Rugikan Keuangan Negara

Cirebon, - Peredaran rokok ilegal harus terus dipersempit, bahkan dihilangkan. Pasalnya, selain lebih berbahaya terhadap kesehatan, rokok ilegal juga merugikan keuangan negara. Kepala Kantor Kantor...

Waspada Penipuan, Beredar Donasi Tempat Ibadah Mengatasnamakan Wakil Wali Kota Cirebon

Cirebon,- Belakangan ini beredar terkait pembagian donasi tempat ibadah yang mengatasnamakan Wakil Walikota Cirebon, Dra. Eti Herawati melalui pesan singkat WhatsApp. Oknum tersebut menghubungi...

Setiap PNS Baru di Kota Cirebon Wajib Menanam Satu Pohon

Cirebon,- Sebanyak 213 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melakukan pengambilan sumpah dan janji menjadi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon....

More Articles Like This