Jaga Daya Beli dan Keterjangkauan Harga, DKPPP Kota Cirebon Kembali Gelar GPM

Cirebon,- Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon kembali menyelenggarakan Gerakan Pangan Murah (GPM). Acara tersebut berlangsung di Lapangan Pesisir RW 10, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Rabu (22/5/2024).

Gerakan Pangan Murah dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan ini diisi dengan 11 komoditas utama seperti bawang putih, bawang merah, beras SPHP maupun premium, daging sapi, daging ayam, telur, gula pasir, cabai rawit merah, cabai merah, hingga minyak goreng.

BACA YUK:  Pimpinan Apel Hari Kebangkitan Nasional, Pj Wali Kota Cirebon Sampaikan Pesan Ini

Kepala DKPPP Kota Cirebon, Elmi Masruroh mengatakan Gerakan Pangan Murah kali ini merupakan kegiatan yang ke-23 di tahun 2024. Untuk kali ini, GPM digelar Lapangan Pesisir RW 10, Kelurahan Panjunan, Kota Cirebon.

“GPM ini bertujuan untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan. ada 11 komoditas pangan strategis lengkap yang digelar dalam acara GPM,” ujar Elmi kepada About Cirebon.

Menurut Elmi, saat ini harga beras di Kota Cirebon sudah mengalami penurunan harga. Namun di pasaran, harga beras medium masih dijual di atas harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh pemerintah.

BACA YUK:  Peringati Hari Tari Sedunia, Wabup Cirebon Minta Pertahankan Seni Budaya

“HET beras sekarang ini dihargai Rp 12.500 /kg, sedangkan harga beras medium di pasaran masih diharga Rp 13 ribuan. Sehingga, kami tetap menggelar GPM dengan menyediakan beras SPHP dengan harga Rp 11.400 /kg,” jelasnya.

Pemerintah Daerah, kata Elmi, terus berkomitmen untuk terus berupaya menjaga daya beli masyarakat dan keterjangkauan harga pangan. Sehingga, kegiatan GPM ini terus kami gencarkan setiap bulannya dengan menyediakan komoditas pangan dengan harga di bawah pasar.

“GPM ini akan diselenggarakan setiap bulan. Untuk bulan depan, rencananya akan diselenggarakan di wilayah Kecamatan Kesambi. Untuk lokasi akan kami informasikan lebih lanjut,” pungkasnya. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *