Istana Kerajinan Kerang Cirebon yang Mendunia

Cirebon,- Cangkang kerang bagi sebagian orang memang sudah tidak berguna lagi. Namun, oleh tangan Nurhandiah J Taguba, cangkang kerang disulap menjadi kerajinan yang bernilai tinggi. Inilah saat About Cirebon melihat produk yang menakjubkan di Showroom Istana Kerajinan Kerang Multi Dimensi Jalan Ki Ageng Tapa, Desa Astapada, Tengah Tani, Kabupaten Cirebon, sekitar 15 menit dari Pusat Kota Cirebon.

Nurhandiah menceritakan berawal hanya menjadi penyuplai cangkang kerang ke luar negeri, kini usahanya menjadi besar dan berkembang hingga ke belahan dunia.

BACA YUK:  Belajar Jadi Pilot di Cirebon, Josep Asal Papua ingin Membangun Daerahnya

“Awalnya ada permintaan dari teman suami dari Filipina minta dikirim kerang simping,” ujar pemilik Istana Kerajinan Kerang, Nurhandiah J Taguba kepada About Cirebon, Kamis (1/2/2018).

Sampai akhirnya, kata dia, orderan begitu pesat dengan dikirim bahan setengah jadi keluar negeri. Namun dengan terus belajar dan mencoba membuat kerajinan kerang, ternyata kerang bisa dijadikan kreasi yang unik.

“Setelah kami mendapatkan ilmu dasarnya, kita coba membuat kerajinan dari cangkang kerang sendiri yang dipadukan dengan kearifan lokal Indonesia, seperti membuat piring, vas bunga,” tuturnya.

BACA YUK:  Polresta Cirebon Amankan Dua Pelaku Curas, Motif: Korban Menang Lomba Burung

Lanjut dia, dari situ banyak sekali penawaran yang datang seperti dari pemerintah daerah untuk mengembangkan usaha kerajinan kerang.

” Kami terus berkreasi dengan memadukan berbagai variasi seperti kerang, fiber glass dan bahan lainnya, dan ternyata hasilnya lebih bagus,” bebernya.

Seiring dengan berjalannya waktu dengan mengikuti pameran, sampai akhirnya kita mendapatkan buyer. Dengan buyer seperti Spanyol dan Italia, kami sering bertukar pikiran sehingga mendapatkan produk yang sesuai dengan  market disana.

Istana Kerajinan Kerang Cirebon sudah dikenal di berbagai negara seperti Amerika, Spanyol, Arab, Italia Afrika, Jepang, Thailand, Pracis, hingga Timur Tengah serta beberapa negara Eropa lainnya.

BACA YUK:  Info Loker! Lowongan Kerja Terbaru di PT Central Capital Futures Cirebon

 

Yang tadinya banyak dikenal di luar negeri, kini  dengan semakin banyak kunjungan wisatawan domestik ke Cirebon, produk-produk Istana Kerajinan Kerang semakin banyak diminati dan menjadi salah satu destinasi wisata di Cirebon. (AC212/Advertorial).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *