Inspirasi Aksi Kebaikan di Bulan Ramadan dari Kreator Konten Hobby Makan dan Bena Kribo

Momen Ramadan menjadi waktu dimana komunitas dan umat Muslim di Indonesia saling menginspirasi dan menemukan kebaikan. Tak hanya komunitas, kreator konten pun turut ambil bagian untuk berbagi kebaikan dengan masyarakat lokal melalui inisiatif yang unik dan inspiratif. Dengan semangat untuk beramal di #BulanKebaikan ini, kreator asal Pontianak, Hobby Makan (Richard Erfandy dan Tiwi), dan kreator Bena Kribo menginisiasikan serangkaian gerakan sosial demi mendukung komunitas dan menginspirasi lebih banyak kebaikan di sekitar kita.

Richard Erfandy, atau yang kerap disapa Evan, memulai Hobby Makan bersama sang istri, Tiwi, pada 2017. Menjadi kreator konten melalui akun Hobby Makan berawal dari hobinya mencari dan menikmati jajanan pinggir jalan. Berbekal kamera ponsel, Evan dan Tiwi konsisten turun ke jalan, mencicipi kuliner lokal yang khas, dan menceritakan pengalaman mereka melalui konten video yang dibagikan di Halaman Facebook dan akun Instagram. Tak hanya pemirsa dari Indonesia, konten kuliner Hobby Makan ini rupanya juga dinikmati pemirsa dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, termasuk komunitas pekerja Indonesia di Taiwan dan Arab Saudi. Menonton konten Hobby Makan membawa nostalgia tersendiri akan cita rasa jajanan khas Tanah Air.

BACA YUK:  Jadwal Samsat Keliling P3DW Ciledug Kabupaten Cirebon, 18 – 23 April 2022

Ketekunan dan konsistensi membuat konten Hobby Makan mulai memberikan pemasukkan bagi Evan dan Tiwi. Keduanya pun berinisiatif untuk mengalokasikan sebagian pemasukkan tersebut untuk membantu para pedagang jajanan pinggir jalan melalui sistem traktiran. “Kami memborong dagangan untuk kemudian dibagikan secara gratis, terutama bagi mereka yang belum pernah mencicipi jajanan tersebut, agar tertarik untuk membeli dan datang kembali,” kata Evan. Dagangan laris dan penggemar Hobby Makan senang mendapat traktiran.

Melihat antusiasme dan dampak positif dari sistem traktiran ini, Evan dan Tiwi menyadari bahwa upaya memberdayakan pedagang pinggir jalan ini harus dilakukan secara bersama-sama. Inilah cikal bakal lahirnya gerakan sosial #LanjutkandiKamu. Hobby Makan mengajak para penggemarnya dimanapun mereka berada untuk melakukan hal serupa di kota asal masing-masing. “Selama tujuan utamanya untuk mendukung pedagang kecil dan memberdayakan mereka agar lebih produktif dan sejahtera, kami pasti dukung,” ucap Evan. Gerakan #LanjutkandiKamu kini sudah tersebar di kota-kota besar di Indonesia, diantaranya Jakarta, Surabaya, Malang, Bandung, Bekasi, Tangerang, Solo, dan Yogyakarta.

Kreator asal Pontianak, Hobby Makan (Richard Erfandy dan Tiwi)

Pada Ramadan tahun ini, melalui gerakan #LanjutkandiKamu, Hobby Makan akan menyambangi pedagang jajanan pinggir jalan, memberikan sejumlah modal untuk berjualan selama dua sampai tiga hari, dan membagikan dagangan mereka secara gratis. “Harapan kami, jajanan lokal bisa tetap eksis, dan para pedagang kecil ini juga dapat terus memperoleh penghasilan dan semakin berkembang meski di tengah masa yang menantang ini,” tambah Evan. Hingga saat ini, gerakan #LanjutkandiKamu telah menjangkau lebih dari 1.200 pedagang jajanan di seluruh Indonesia.

BACA YUK:  Ratusan Jamaah Masjid Raya At-Taqwa Kota Cirebon Gelar Doa Bersama Untuk Putra Ridwan Kamil

Menjadi bermanfaat bagi orang lain juga menjadi cita-cita luhur dari kreator BenaKribo. Mengawali perjalanannya dengan membuat konten-konten komedi, kini Bena mulai mengembangkan konten edukasi yang membagikan tips dan trik membuat konten yang menarik dan interaktif di media sosial, serta cara memanfaatkan fitur Instagram atau Facebook dengan optimal untuk mempromosikan usaha. “Kurasi dan kualitas konten menjadi prioritas saya. Cara saya menjelaskan – step by step – dengan gaya monolog, saya berupaya untuk sedetail mungkin agar orang awam pun bisa mudah memahami dan mempraktekkannya,” kata Bena.

Secara khusus di momen #BulanKebaikan ini, BenaKribo akan membagikan konten-konten edukasi seputar ilmu pengetahuan agama Islam. “Di bulan yang spesial ini, saya akan membuat konten Islami yang ringan melalui video-video pendek, salah satunya membahas kebiasaan hidup sehari-hari menurut hadits. Harapannya, bisa memperluas wawasan teman-teman Muslim agar ibadahnya semakin baik,” ucap Bena. Selain itu, Bena juga terus mengajak para penggemarnya untuk berbagi berkah dengan pengemudi ojek online melalui donasi paket sembako dan menunjukkan dukungan bagi pelaku usaha kecil dengan membeli produk mereka dan membagikannya kepada teman atau keluarga.

BACA YUK:  Anggaran Capai Rp 34,3 Triliun Disiapkan Pemerintah untuk THR PNS 2022

Bena mengatakan, konten tentang cara membuat Instagram Story yang menarik, seperti mengedit visual atau mengganti font, menjadi salah satu tipe konten yang paling banyak disukai. Rupanya, konten ini sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin menjadi kreator atau yang sedang memulai usaha kecil dan ingin membuat konten promosi. “Rasanya senang sekali ketika banyak yang nge-save atau re-share. Beberapa followers bahkan mengirimkan DM dan menceritakan bagaimana konten saya ini bisa berdampak positif bagi kehidupan mereka,” tambah Bena.

Inisiatif sosial Bena Kribo tak hanya di momen Ramadan. Baru-baru ini, Bena mendirikan komunitas sosial, @catverse.indonesia, yang membuka donasi dan membagikan makanan untuk kucing-kucing jalanan dan memberikan bantuan medis bagi kucing yang sakit. Hingga saat ini, komunitas tersebut sudah mendistribusikan ratusan kilogram makanan kucing. (*)

 

(Dilihat: 48 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.