Inilah Pemenang Liga Bola Basket Antar SD GMC Champions Cup 2019

0
160
Juara I GMC Champions Cup 2019, SD BPK Penabur Kota Cirebon

Cirebon,- GMC Champions Cup Primary School 2019 series 3 sukses digelar. Kompetisi yang digelar sejak akhir bulan Februari tersebut diikuti delapan tim dari tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kota Cirebon.

Wilyandi, selaku penyelenggara GMC Champions Cup Primary School 2019 series 3 mengatakan turnamen bola basket liga SD ini merupakan liga yang diselenggarakan oleh GMC Arena bekerja sama dengan toko Champions.

Aston Hotel

“Tahun ini merupakan tahun ketiga dan turnament bola basket liga SD ini sudah diselenggarakan sejak tahun 2016,” ujarnya kepada About Cirebon usai laga Final di GOR GMC Arena, Jalan Sutomo Melati, Kota Cirebon, Sabtu (23/3/2019) malam.

1. Kompetisinya Semakin Ketat

Wily menjelaskan, Liga bola basket antar SD dari tahun ke tahun selalu ada peningkatan peserta sehingga tingkat kompetisiinya semakin ketat.

“Dibanding dua tahun sebelumnya, liga antar SD ini semakin ketat. Karena, peserta yang ingin ikut sudah dibimbing dan sekolah-sekolah sudah mempersiapakan untuk pemain-pemainnya,” terang Wily.

Laga Final SD BPK Penabur melawan SD Putra Nirmala

Lanjut Wily, turnamen liga bola basket sebelumnya, karena memang masih dalam tahap percobaan, peserta yang ikut tidak seperti sekarang ini.

“Sekarang yang ikut dalam liga bola basket antar SD ada 8 tim,” jelasnya.

2. Pemenang Liga antar SD Tahun 2019

Untuk tim yang terdaftar dalam GMC Champions Cup Primary School 2018 series 3 yakni SDN Bima Kota Cirebon, SD Santa Maria, SD BPK Penabur, SD Kinderfield, SD Putra Nirmala, SD Karyamulya, SD Kartini dan SD Al-Azhar.

Pemenang pertama liga antar SD tahun 2019 series 3 dimenangkan oleh SD BKP Penabur, juara kedua diraih oleh SD Putra Nirmala.

Sedangkan untuk juara 3 diraih oleh SDN Bima Kota Cirebon dan yang menjadi juara harapan SD Santa Maria.

Juara II GMC Champions Cup 2019, SD Putra Nirmala

Pada liga memperebutkan juara 3, SDN Bima mengalahkan SD Santa Maria, dan untuk laga final SD Putra Nirmala bertemu dengan SD BPK Penabur.

Pantauan About Cirebon saat laga final SD BKP Penabur memperoleh skor 63 dan SD Putra Nirmala dengan skor 53, hanya selisih 10.

3. Akan Diselenggarakan Kembali 

Menurut Wily, saat melihat pertandingan final antara SD BPK Penabur dan SD Putra Nirmala semakin ketat. Bahkan, SD Putra Nirmala salah satu tim kuda hitam.

“Karena, SD Putra Nirmala ini baru pertama kali masuk final dan SD Bima Kota Cirebon baru pertama kali mengikuti kompetisi liga,” bebernya.

Juara III GMC Champions Cup 2019, SDN Bima Kota Cirebon

Wily berharap, dengan diselenggarakannya liga bila basket antar SD, dapat memunculkan bibit-bibit baru pemain bola basket di Kota Cirebon.

“Diakhir tahun 2019 kita akan buat kembali liga antar SD dan mencoba untuk liga open. Jadi tidak hanya dari Kota Cirebon saja pesertanya, tetapi dari luar Cirebon bisa ikut liga tersebut,” tandasnya.

4. Pembinaan untuk Junior

Sementara itu, Ketua Perbasi Kota Cirebon, Deddi Bomel mengatakan pihak Perbasi Kota Cirebon tentunya sangat berterima kasih kepada penyelenggara atas digelarnya Liga bola basket antar SD.

“Ini merupakan suatu pembinaan dan juga untuk mencari bibit-bibit pemain bola basket yang potensial dari Kota Cirebon,” ujarnya.

Dedi berharap, liga anatar SD akan terus berkelanjutan, karena yang namanya olahraga tidak bisa instan. Sehingga perlu adanya pembinaan dengan diselenggarakannya liga basket junior.

“Mudah-mudahan, Kota Cirebon bisa berprestasi lebih baik lagi, terutama dari generasi ke generasi dalam bidang olahraga bola basket,” harapnya.

5. Sebagai Pembinaan Karakter

Menurut Deddi, banyak orang yang tidak menyadari bahwa pertandingan ini bukan biasa saja, padahal pertandingan ini adalah suatu pembinaan yang secara menyeluruh.

“Baik pembinaan terhadap atlet, pelatih,bahkan juga pembinaan kepada wasit,” terangnya.

Para pemenang GMC Champions Cup 2019

Tujuan dari liga ini, kata Dedi, memang mencari kemenangan dari setiap tim yang ikut, tetapi ada yang lebih penting dari kemenangan yaitu pembinaan karakter.

“Kalah atau menang jangan dipikirkan untuk junior ini, tapi yang lebih penting lagi adalah pembinaan karakter,” tandasnya. (AC212)