Inilah Manfaat Geomembrane yang Belum Banyak Diketahui

Geomembrane adalah salah satu jenis material Geosintetik yang berfungsi sebagai lapis kedap air yang terbuat dari bahan sintetik semacam plastik. Geomembran diproduksi dengan menggunakan lembaran polimer konsisten tipis umumnya, namun diproduksi juga dengan menggunakan impregnasi geotekstil dengan shower hitam-atas, elastomer atau polimer, atau sebagai geocomposites aspal berlapis-lapis.

Plastik geomembrane ini juga, dapat menjadi lapisan kedap untuk memisahkan material padat maupun cairan yang berupa limbah maupun bukan limbah dengan sifatnya yang kedap membuat tanah dasar dibawahnya tetap terjaga, tidak tercemari. Lalu kira-kira dimana saja lokasi untuk mengaplikasikan jenis plastik geomembrane ini di kehidupan manusia sehari-hari. Berikut manfaat geomembrane :

1. Konstruksi Jalan
Di area konstruksi jalan, plastik geomembrane dapat digunakan untuk lapisan tanah dasar yang berair (memiliki mata air) yang sulit kering. Geomembrane berfungsi sebagai separator dan juga lapis kedap sehingga timbunan tanah bagus / timbunan perkerasan diatasnya menjadi terjaga dan tidak terganggu dari air maupun tanah lunak yang mendesak ke atas.

BACA YUK:  Solusi Islam Menghentikan Kaum Pelangi

2. Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah dan Limbah
Pada area Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah dan limbah, jenis plastik geomembrane berfungsi sebagai lapis kedap menjaga tanah tetap asli dan tidak tercemar oleh mikroorganisme jahat pembawa masalah.

Penggunaan Geomembrane untuk Kolam Air Bersih, Kolam Cairan Limbah, TPA/Landfill, Tambak Udang/Garam, PLTU, Oil/Gas, Biogas, dll.

3. Area Tambak Budidaya
Fungsi dari jenis plastik geomembrane ini di area tambak budidaya adalah untuk mencegah air tambak berkurang akibat pasang surut air laut sehingga menjaga kelangsungan hidup ikan maupun udang yang dibudidayakan.

4. Danau Buatan
Dengan sifat geomembrane yang bisa memberikan efek untuk mengatasi kebocoran dan rembesan bakteri dari tanah untuk tidak masuk ke area danau.

5. Pond Lining
Pond liner adalah geomembrane kedap yang digunakan untuk retensi cairan, termasuk lapisan reservoir, bak retensi, penyumbatan permukaan berbahaya dan tidak berbahaya, kolam taman dan aliran buatan di taman dan kebun.

BACA YUK:  Milenial Perlu Paham Perencanaan Keuangan

Ada beberapa kelebihan geomembrane, diantaranya:
1. Ketahanannya akan ultraviolet & bahan-bahan kimia yang berbahaya,
2. Memiliki tingkat impermeabilitas yang amat tinggi & quality control yang homogen,
3. Sangat efektif serta ekonomis,
4. Mempunyai elongasi yang besar,
5. Struktur yang flexible yang mampu mengurangi kemungkinan terjadinya differential settlement,
6. Pengerjaan konstruksi yang cepat dan mudah,
7. Penginstalan bisa dibentuk sesuai ukuran dan bentuk kolam.

Insulated leachate pond with dirty water, part of landfill

Geomembrane juga dibedakan berdasarkan jenis dari plastiknyaa. Adapun jenis-jenis tersebut yaitu:

1. Linear Low DensityPolyethylene (LLDPE)
Geomembrane jenis ini dibuat dengan proses kopolimerisasi etilena dengan tekanan dan suhu yang rendah. Geomembrane LLDPE ini cenderung sangat fleksibel dan mudah dibentangkan. Namun, lapisan dari geomembrane jenis ini sedikit lebih tipis dari geomembrane jenis lainnya.

BACA YUK:  Penandatanganan MoU dan Kuliah Tamu, IAIN Syekh Nurjati Cirebon Bekerjasama dengan The Candi Medcom

2. High-DensityPolythylene (HDPE)
Geomembrane jenis ini merupakan geomembrane yang biasanya digunakan untuk alas kolam tambak. Hal ini dikarenakan, geomebrane jenis ini memiliki karakteristik yang tahan terhadap krorosi dan dapat diaplikasikan pada jenis air apapun, termasuk limbah pabrik.

3. Fleksibel Polirpopilena (FPP)
Geomembrane jenis ini berbahan resin yang dipolimerisasi dengan karet etilen propilena dan polipropilena. Geomembran FPP ini biasanya digunakan oleh industri yang besar seperti pabrik.

4. EthyVinlyAcetat (EVA)
Geomembrane EVA ini memiliki kelebihan berupa dapat menahan suhu, baik tinggi maupun rendah. Selain itu juga dapat menahan rasiasi sinar UV.

Dimana yang menjual geomembrane? Anda dapat langsung menghubungi Urban Plastic berlokasi di Jalan Kapuk Raya No. 14 RT/RW 008/02 Kelurahan Kapuk Jakarta Barat, 11720 Indonesia. Untuk order produk-produk yang dimiliki Urban Plastic bias kontak ke telpon 021 6191294/6195411 atau ke WA 08111721338 (*)

(Dilihat: 312 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.