Inilah Kuliner Gado-Gado Ampera Cirebon yang Wajib Anda Dikunjungi

Cirebon,- Selain kuliner empal gentong, nasi jamblang, mie koclok, nasi lengko, docang, hingga tahu gejrot, Gado-gado Ampera Cirebon menjadi salah satu kuliner yang patut di coba ketika berkunjung ke Kota Cirebon.

Berlokasi di Jalan Ampera Raya, Kelurahan Pekiringan, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Gado-gado Ampera Cirebon sudah hadir sejak tahun 1992. Dengan cita rasa yang khas, Gado-gado Ampera Cirebon ini menjadi salah satu warung gado-gado legend di Kota Cirebon.

Gado-gado Ampera Cirebon ini berisi sayur-sayuran seperti kol, timun, tahu, kangkung, hingga kacang panjang yang dipadukan dengan bumbu kacang yang khas dan juga kuah kari kuning.

Gado-gado Ampera

Selain itu terdapat kerupuk udang khas Cirebon dan juga emping. Gado-gado Ampera Cirebon ini bisa dipadukan dengan lontong atau juga nasi, serta tambahan gorengan bakwan sayur dan gorengan tempe.

BACA YUK:  Info Loker! Lowongan Kerja Terbaru bulan Februari untuk Wingstop Cirebon 2024

R. Moh. Bunur, pemilik Gado-gado Ampera Cirebon mengatakan Gado-gado Ampera Cirebon hadir sejak tahun 1992. Awalnya, kata Bunur, Gado-gado Ampera ini berjualan kaki lima di pinggi jalan Ampera Kota Cirebon.

“Awalnya kita berjualan kaki lima di pertigaan Jalan Ampera Raya pada tahun 1992. Kemudian pada tahun 2000, kami pindah di warung sederhana dengan kapasitas yang lebih besar,” ujar Bunur saat ditemui About Cirebon, Sabtu (25/11/2023).

Bunur menjelaskan, Gado-gado Ampera Cirebon pada umumnya sama seperti gado-gado sayur pada umumnya. Namun yang berbeda dari penyajiannya terdapat tambahan kerupuk udang khas Cirebon dan emping.

“Bumbu kacangnya yang kami gunakan juga lebih khas, apalagi ditambah dengan kuah kari kuning yang diolah sendiri. Sayur-sayur yang digunakan juga mengunakan bahan-bahan pilihan dan langsung dari petani,” katanya.

BACA YUK:  Dinkes Kota Cirebon Siagakan Tim Kesehatan di Setiap Pos Pengamanan Nataru

“Kami juga memberdayakan petani kangkung yang ada di sekitar warung Gado-gado Ampera Cirebon, jadi sayurannya selalu fresh,” tambahnya.

Setiap harinya, Gado-gado Ampera Cirebon buka dari pukul 10.00 sampai 16.00 WIB. Bagi yang tidak ingin terlalu lama menunggu, kalian bisa datang sebelum jam makan siang.

Bahkan, dalam sehari Gado-gado Ampera Cirebon ini bisa terjual hingga 400 porsi. Belum lagi pada saat akhir pekan, bisa lebih dari 400 porsi.

“Kalau hari biasa bisa terjual 400 porsi, apalagi saat weekend bisa lebih dari itu. Kita juga pernah habis sampai 1.000 porsi perhari pada saat setelah lebaran,” katanya.

Untuk satu porsi Gado-gado Ampera Cirebon ini tidak sampai menguras kantong. Pasalnya, dengan harga Rp 20 ribu per porsi, rasanya sudah cukup kenyang.

BACA YUK:  Tim Kampanye Daerah Pasangan Prabowo - Gibran di Kota Cirebon Terbentuk

“Alhamdulillah sudah banyak juga pengunjung dari luar kota yang datang ke Gado-gado Ampera Cirebon, seperti Bandung, Jakarta, Tegal hingga Semarang,” terangnya.

Bagi yang malas datang langsung ke Warung Gado-gado Ampera Cirebon, menu gado-gado ini sudah tersedia di seluruh aplikasi pesan antar online.

“Saat ini kami sudah ada di seluruh aplikasi pesan antar online. Jadi yang malas keluar, bisa langsung pesan melalui aplikasi,” ungkapnya.

Sampai saat ini, Gado-gado Ampera Cirebon sudah memiliki 3 cabang di Kota Cirebon yakni cabang Yogya Junction, Yogya Grand Karanggetas, dan cabang di Kawasan Pemuda Sport Center.

“Mudah-mudahan Gado-gado Ampera Cirebon bisa merambah cabang ke kota-kota lainnya,” pungkas Bunur. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *