Minggu, 23 Januari 2022

Inilah Capaian Vaksinasi di Kabupaten Cirebon

Populer

Bakso Rusuk Joss Sajikan Menu Fenomenal dan Tempat yang Nyaman

Cirebon,- Kamu pecinta bakso? Jangan ngaku pecinta bakso kalau kamu belum coba bakso yang unik, viral dan fenomenal ini,...

Deteksi Dini Semakin Krusial Cegah Progresivitas Glaukoma, Faktor Anatomis Turut Berpengaruh Memicu Glaukoma Primer Sudut Tertutup Kronis

Jakarta,– Nyaris tak memiliki gejala pada tahap awal, glaukoma berpotensi memberi impak yang lebih fatal: kebutaan permanen. Peningkatan tekanan...

Tiga Prodi Memulai Kegiatan Perkuliahan di Kampus ITB Cirebon

Cirebon,-:Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH), telah memulai program multikampus sebagai wujud pengembangan institusi...

Wah, Penyerahan Perdana All New BR-V di Honda Mulya Putra Cirebon

Cirebon, - Honda Mulya Putra Cirebon yang berlokasi di Jalan Brigjen Darsono, Bypass Cirebon untuk pertama kalinya menyerahkan secara...

Kendalikan Harga, Mulai Hari ini Operasi Pasar Murah di Kota Cirebon Berlangsung Selama Tiga Hari

Cirebon,- Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Cirebon menggelar operasi pasar murah selama tiga hari 18 - 20 Januari...

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon terus gencar melakukan vaksinasi untuk warganya. Hal tersebut dilakukan agar Kabupaten Cirebon mencapai herd immunity untuk pencegahan Covid-19.

Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih mengatakan hingga saat ini capaian vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Cirebon sudah mencapai 43,83 persen. Bahkan, untuk lansia sendiri sudah mencapai 27,28 persen capaian vaksinasinya.

“Semoga dengan adanya Gebyar  Vaksinasi Keluarga ini bisa membantu capaian target Vaksinasi di Kabupaten Cirebon,” ujar Ayu sapaan akrab Wakil Bupati Cirebon, Kamis (4/11/2021).

Loading...

Dengan pelaksanaan gebyar vaksinasi keluarga, Ayu berharap target vaksinasi dosis 1 bisa mencapai 50 persen dan lansia 40 persen segera tercapai. Pada kegiatan Gebyar Vaksinasi Keluarga pihaknya menargetkan 1.200 dosis yang disuntikkan kepada masyarakat di Desa Kejuden.

BACA YUK:  Bupati Cirebon: Hentikan Wacana Ambil Alih Wilayah, Batas Wilayah Sudah Diatur Permendagri

“Kegiatan ini dilakukan selama enam hari dengan target 1.200 dosis. Semoga apa yang ditargetkan untuk mencapai herd immunity bisa tercapai,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, untuk mencapai target herd immunity, Pemerintah Kabupaten Cirebon melakukan jemput bola bagi warga yang jauh dari fasilitas kesehatan seperti puskesmas.

“Untuk vaksinasi secara jemput bola (door to door) kita lakukan dengan cara vaksinasi keluaraga. Ada beberapa skema misalnya warga jauh dengan lokasi vaksin kita lakukan jemput bola, artinya dilakukan di rumah warga maupun posyandu, sehingga warga bisa divaksin,” jelas Ayu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlundungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Cirebon, Hj. Eni Suhaeni mengatakan kegiatan Gebyar Vaksinasi Keluarga dilakukan serentak di semua desa di Kabupaten Cirebon.

Menurutnya, ada 612 Praktik Mandiri Bidan (PMB) yang tersebar di 412 desa dan 12 kelurahan yang akan melakukan vaksinasi di Kabupaten Cirebon.

“Kita mendapatkan target dari BKKBN Pusat sebanyak 612 ribu dosis vaksin untuk sasaran keluarga, untuk dua kali dosis,” katanya.

BACA YUK:  Sumur Artesis, Solusi untuk Wilayah yang Sulit Akses Air Bersih di Kota Cirebon

Eni menjelaskan, saat rapat evaluasi dengan capaian vaksinasi di Kabupaten Cirebon, Bupati Cirebon menyampaikan target bagi puskesmas dan bidan desa untuk vaksinasi.

“Saat evaluasi puskesmas ditargetkan 500 dosis vaksin setiap harinya dan bidan desa 10 dosis vaksin untuk lansia,” terangnya.

Selama ini, kata Eni, bidan desa sudah melakukan target capaian vaksinasi di Kabupaten Cirebon. Bahkan, sudah dilakukan pada awal September lalu.

“Bidan desa sekarang ditargetkan 50 dosis vaksin, artinya kalau di jumlah total keseluruhan bisa ratusan dosis vaksin yang sudah di salurkan,” bebernya.

Namun demikian, pihaknya dalam kegiatan Gebyar Vaksinasi Keluarga ini dibantu oleh beberapa pihak. Seperti dibantu oleh Dinkes, Polresta Cirebon.

“Hari ini kami targetkan 5.000 vaksin bisa tersalurkan. Tetapi kalau kurang, Dinkes menawarkan vaksin juga,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Ramaikan Wisata Kuliner, Kedai 1818 Buka Cabang Baru di Sinapeul Majalengka

Cirebon,- Setelah sukses membuka cabang di berbagai daerah, Crab 1818 kini membuka kembali di Majalengka, Sabtu (22/1/2022). Lokasinya berada...

Kerja Sama dengan Kodim 0620/Cirebon, Aston Cirebon Jalani Vaksin Booster COVID-19

Cirebon,- Aston Cirebon Hotel & Convention Center menggelar vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster untuk seluruh karyawan, Sabtu (22/1/2022). Kegiatan yang bekerja sama dengan...

Mulai Tahun 2023 Tenaga Honorer Dihapus, ini Kata Sekda Kota Cirebon

Cirebon,- Pemerintah pusat melalui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menghapus tenaga honorer pada tahun 2023 mendatang. Dengan begitu, di instansi pemerintahan...

Kolaborasi PWI, PMI dan At-Taqwa Center dalam Kegiatan Donor Darah

Cirebon, - Dalam rangka kolaborasi menyambut Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cirebon bekerja sama dengan Attaqwa Centre Cirebon dan...

More Articles Like This