Inilah 5 Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Gigi Anda

Makanan adalah sumber energi yang berasal dari zat yang mengandung beberapa nutrisi. Protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral merupakan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Selain sebagai sumber energi, makanan dapat memanjakan lidah.

Ada pula makanan yang tak baik dikonsumsi secara berlibihan dan bisa berpengaruh terhadap beberapa organ tubuh seperti halnya gigi. Radang gusi, noda dan gigi berlubang adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh makanan tertentu.

Banyak cara untuk merawat gigi salah satunya mengonsumsi makanan. Berikut adalah makanan yang baik untuk gigi, seperti dikutip dari laman citydentists.co.nz

1. Bayam
Bayam merupakan salah satu tumbuhan yang banyak ditemukan di Indonesia, dikenal sebagai sayuran yang memiliki zat besi yang cukup tinggi. Masyarakat Indonesia dalam mengonsumsi sayuran ini biasanya diolah menjadi sebuah sup bening.

Alasan yang membuat bayam begitu baik untuk gigi adalah kandungan airnya yang tinggi. karena air membantu membersihkan gigi secara alami dari partikel dan endapan makanan. Bayam juga memiliki banyak kalsium, yang membantu memperkuat enamel, lapisan tak kasat mata di sekitar gigi yang bertindak sebagai pelindung dari bakteri berbahaya.

BACA YUK:  Rizdjar Nurviat Subagja, Pemain Timnas U-16 Disambut Meriah di SD Al-Azhar 3 Kota Cirebon

2. Apel
Banyak jenis dari buah ini. Apapun jenisnya, apel sangat bagus untuk gigi karena banyak alasan seperti bayam. Memiliki kandungan air yang tinggi dan penuh dengan vitamin C. Apel juga sangat tinggi serat, nutrisi yang membantu merangsang aloran air liur yang dapat menetralkan asam yang menyebabkan penumpukan plat.

Ini tidak berarti bahwa apapun makanan yang mengandung apel baik untuk gigi seperti saus apel, sari apel, jus apel dan pai apel semuanya sarat dengan gula yang menyebabkan kerusakan pada gigi. Oleh sebab itu, jika ingin memanfaatkan untuk gigi konsumsilah apel itu secara murni.

3. Kacang
Di dunia yang serba cepat saat ini, makanan ringan biasanya dikaitkan dengan jenis kemasan, seperti biskuit, kue kering, permen, dan kue. Kacang adalah salah satu jajanan langka yang baik untuk Anda meskipun biasanya datang dalam kemasan. Baik itu kenari, kacang tanah, kacang mete, almond atau macadamias. Kacang yang dimaksud itu adalah kacang-kacangan bukan legum (biji yang digunakan untuk bahan pangan). kacang-kacangan penuh dengan nutrisi yang menyehatkan jantung dan menyehatkan gigi, seperti kalsium dan fosfor. Kami berbicara tentang kalsium sebelumnya, tetapi fungsi fosfor sebagai pendamping kalsium dengan membantu tubuh menyerap kalsium lebih efektif daripada yang dilakukannya sendiri.

BACA YUK:  Pariwisata Kota Cirebon Mulai Ramai Lagi, Okupansi Mengalami Peningkatan

Kacang secara alami kaya akan kedua mineral penting ini dan mendukung struktur gigi Anda dan mempertahankan kekerasan alaminya. Adapun berapa banyak fosfor dalam kacang, seperempat cangkir kacang mengandung sekitar 560 miligram. Tapi itu tidak seberapa dibandingkan dengan jumlah fosfor dalam kacang brazil. Satu cangkir mengandung sekitar 965 miligram, yang merupakan 96% dari jumlah harian yang direkomendasikan.

4. Kiwi
Buah kiwi adalah buah yang berbentuk seperti telur, kuliat yang tipis dan berwarna coklat memiliki ukuran yang bervariasi. Buah ini kaya dengan vitamin C dan serat makanan yang memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan termasuk dengan gigi anda. Alasan mengapa kembali ke kandungan kalsium mereka, seperti makanan lain yang tercantum di sini. Selain membantu memperkuat kekuatan email, kalsium menetralkan asam yang ditemukan dalam makanan dan minuman yang banyak mengandung kalsium, seperti minuman ringan, saus, tomat, dan buah jeruk.

BACA YUK:  Jadwal Pemadaman Listrik di Kota Cirebon, 19 Juli 2022

Makanan berserat tinggi biasanya membutuhkan lebih banyak waktu untuk dikunyah, aliran air liur yang dihasilkan membantu membersihkan dan membilas mulut dengan cara yang sama seperti air.

5. Stroberi
Semua makanan yang dirujuk di sini bagus untuk gigi Anda, tapi bagaimana dengan gusi? Tidak terlihat lagi selain stroberi. Stroberi mengandung banyak vitamin dan mineral hebat yang sudah terdaftar, tetapi stroberi juga membantu tubuh Anda memproduksi kolagen yang dibutuhkan gusi Anda untuk mendukung dan memperbaikinya. Ini dimungkinkan oleh kandungan vitamin C mereka yang tinggi. Hanya empat hingga enam buah beri yang memiliki 70% vitamin C yang direkomendasikan ahli gizi untuk dikonsumsi per hari.

Semua makanan yang telah disebutkan tadi sangat baik untuk kesehatan gigi. Tetapi nutrisi yang baik harus dilengkali dengan perawatan yang benar seperti menggosok gigi, flossing dan melakukan pemeriksaan secara teratur. (Luqman Nurhidayat)

(Dilihat: 16 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.