Inilah 5 Buah yang Cocok untuk Kulit Tetap Sehat

Memiliki kulit yang sehat, kenyal, dan terawat tentunya idaman semua orang. Buah sebagai sumber nutrisi dan vitamin esensial diketahui amat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Mengonsumsi buah rutin tidak hanya baik untuk tubuh secara keseluruhan, mengonsumsi buah juga baik untuk kesehatan kulit.

Beberapa jenis buah sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Berikut 5 diantara beberapa buah yang bagus untuk kulit agar tetap sehat dan terawat.

1. Alpukat
Alpukat memiliki kandungan lemak sehat tinggi yang bisa membuat kulit tetap elastis dan terasa kenyal. Selain itu, alpukat juga kaya akan vitamin C dan E yang tidak hanya dapat menjaga kelembapan kulit, dari vitamin tersebut dapat membuat kulit tampak cerah merona. Manfaat vitamin C sendiri berasal dari kandungan antioksidan yang membantu produksi kolagen untuk kulit sehat.

Dari vitamin E yang terkandung dalam buah alpukat juga berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas dari sinar UV yang bisa menyebabkan penuaan pada kulit.

BACA YUK:  RSD Gunung Jati Tindak Lanjuti Arahan Pj Wali Kota Cirebon Usai Sidak

2. Apel
Apel yang tinggi akan kandungan vitamin A dan C membantu kulit tetap sehat alami. Vitamin C pada apel serta kadar air yang sangat tinggi bermanfaat untuk menjaga kulit kita agar tetap cerah, lembap, dan kenyal. Bahkan kulit apel juga tinggi antioksidan, potassium, magnesium, dan serat larut yang bukan hanya melindungi kulit dari radikal bebas, melainkan juga membuat tampilan kulit menjadi cerah dan awet muda.

3. Pepaya
Pepaya menjadi salah satu buah yang baik untuk kesehatan kulit. Pepaya mengandung molekul antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat membantu meningkatkan elastisitas pada kulit. Selain itu, pepaya juga dapat mengurangi garis halus dan kerutan yang menjadi tanda-tanda penuaan dini.

Beberapa kandungan buah pepaya yang baik untuk kesehatan kulit diantaranya vitamin A, C, K, dan E, memiliki beragam vitamin B, dalam buah pepaya juga terdapat Kalsium, Fosforus, Kalium, dan Magnesium. Lebih dari itu, pepaya juga mengandung enzim papain. Enzim papain ini sering kali dijumpai ke dalam produk-produk eksfoliasi kulit sebagai zat antiradang dan mencegah penuaan.

BACA YUK:  Mengenal A. Moethalib, Toko Kopiah Nasional Tertua di Kota Cirebon

4. Semangka
Selanjutnya ada buah semangka yang kaya akan kandungan air mampu melembapkan dan mengencangkan kulit, tentunya baik untuk kesehatan kulit.

Buah ini juga kaya akan berbagai nutrisi lain seperti vitamin C, A dan B1, bersatu untuk menjadikan kulit tampak bercahaya dan sehat dengan memperbaiki tekstur yang tidak merata, mencegah kerusakan kulit, juga bahkan mengurangi peradangan. Semangka miliki kandungan karoten yang diyakini dapat mengendalikan tanda-tanda penuaan.

Buah semangka juga mengandung astringent alami yang mampu mengencangkan kulit. Selain itu, semangka juga dapat merevitalisasi kulit kusam menjadi lebih cerah.

BACA YUK:  Kapolres Cirebon Kota Gelar Halalbihalal Bersama Tahanan

5. Tomat
Selain semangka, tomat juga memiliki rasa segar yang mengandung banyak sekali manfaat yang bisa membuat kulit tetap sehat.

Mengonsumsi tomat rutin yang memiliki kandungan kalium dan vitamin C dapat membantu mencerahkan kulit yang kusam. Tomat juga memiliki kandungan likopen yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas sehingga menjaga kulit dari penuaan dan tetap awet muda serta terhindar dari berbagai kerusakan pada kulit.

Tidak hanya itu, tomat memiliki sifat astringen mampu mengurangi minyak berlebih sehingga kulit terhindar dari masalah jerawat, dan komedo hitam maupun komedo putih.

Itulah beberapa buah yang kaya akan manfaat untuk kesehatan kulit. Tidak hanya dari mengonsumsi buah, menerapkan pola hidup sehat dan minum air putih yang cukup juga penting untuk membantu memaksimalkan manfaatnya. (Fika Imroatul Fadilah)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *