Senin, 24 Januari 2022

Ini yang Disiapkan PT. KAI Daop 3 Cirebon Pada Masa Angkutan Lebaran 2019

Populer

Bakso Rusuk Joss Sajikan Menu Fenomenal dan Tempat yang Nyaman

Cirebon,- Kamu pecinta bakso? Jangan ngaku pecinta bakso kalau kamu belum coba bakso yang unik, viral dan fenomenal ini,...

Ramaikan Wisata Kuliner, Kedai 1818 Buka Cabang Baru di Sinapeul Majalengka

Cirebon,- Setelah sukses membuka cabang di berbagai daerah, Crab 1818 kini membuka kembali di Majalengka, Sabtu (22/1/2022). Lokasinya berada...

Deteksi Dini Semakin Krusial Cegah Progresivitas Glaukoma, Faktor Anatomis Turut Berpengaruh Memicu Glaukoma Primer Sudut Tertutup Kronis

Jakarta,– Nyaris tak memiliki gejala pada tahap awal, glaukoma berpotensi memberi impak yang lebih fatal: kebutaan permanen. Peningkatan tekanan...

Kerja Sama dengan Kodim 0620/Cirebon, Aston Cirebon Jalani Vaksin Booster COVID-19

Cirebon,- Aston Cirebon Hotel & Convention Center menggelar vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster untuk seluruh karyawan, Sabtu (22/1/2022)....

Mulai Tahun 2023 Tenaga Honorer Dihapus, ini Kata Sekda Kota Cirebon

Cirebon,- Pemerintah pusat melalui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menghapus tenaga honorer pada tahun 2023 mendatang....

Cirebon,- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon melaksanakan gelar pasukan Angkutan Lebaran 2019 yang berlangsung di Halaman Kantor Daop 3 Cirebon, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Minggu (26/5/2019).

Gelar pasukan ini menandai hari pertama posko KAI dalam rangka melayani masyarakat yang mudik dan balik menggunakan moda angkutan kereta api. Pada musim Lebaran 2019, KAI menetapkan masa mudik Lebaran selama 22 hari yakni dari 26 Mei 2019 (H-10) hingga 16 Juni 2019 (H+10).

1. Diperkirakan Alami Peningkatan

Loading...

Pada periode masa angkutan lebaran 2019 tersebut KAI menyiapkan segala sumber daya demi melayani konsumen secara maksimal.

Kesiapan yang dilaksanakan oleh KAI yakni mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan KAI secara keseluruhan.

BACA YUK:  Menghibur Anak Saat Vaksin, Transformer Hadir di Vaksin Merdeka

Vice President PT. KAI Daop 3 Cirebon, Tamzil Nurhamedi mengatakan dengan maksimalnya persiapan KAI menyambut Angkutan Lebaran, seluruh proses perjalanan mudik maupun balik berjalan lancar tanpa kendala.

“Tahun ini, PT KAI Daop 3 Cirebon memperkirakan akan terjadi peningkatan total volume penumpang sebesar 4,7 persen dari 150.369 penumpang di tahun lalu menjadi 157.501 penumpang pada masa Lebaran tahun ini,” ujarnya usai Apel Gelar Pasukan kepada awak media.

2. Tingkatkan Pengawasan

Guna memastikan keselamatan perjalanan KA, PT KAI Daop 3 Cirebon meningkatkan pengawasan di daerah-daerah rawan dan menyiagakan 12 tenaga daerah rawan ekstra dan Alat Material Untuk Siaga (AMUS).

Tamzil menjelaskan AMUS tersebut berupa batu balas atau kricak, bantalan rel, pasir, dan sebagainya.

“Kami juga menambah petugas penjaga pelintasan KA sebidang sebanyak 116 orang serta menambah petugas pemeriksa jalur sebanyak 46 orang,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Tamzil, tenaga flying gank disiagakan 24 jam apabila terjadi rinja (rintang jalan) atau KKA (kecelakaan kereta api).

BACA YUK:  Kota Cirebon Masuk PPKM Level 2, ini Penjelasannya

3. Petugas yang Disiagakan

Di samping itu, PT KAI Daop 3 Cirebon menyiapkan tenaga keamanan Angkutan Lebaran dari internal (Polsuska dan security) serta eksternal (TNI/Polri).

Petugas yang akan disiagakan sebanyak 150 tenaga Polsuska yang akan bertugas di atas KA dan di stasiun.

Sementara itu, menurut Tamzil, sebanyak 218 personel security akan menjaga di tiap stasiun dan aset KAI.

“Sedangkan tenaga eksternal dari TNI/Polri sebesar 96 personel termasuk 2 anjing pelacak (K-9) disiagakan untuk menjaga stasiun, parkir, dan jalur KA,” bebernya.

Selama masa Angkutan Lebaran 2019 tersebut, Tamzil memastikan seluruh pegawai KAI dimaksimalkan untuk membantu kelancaran pelayanan di stasiun-stasiun dan tidak diperkenankan mengambil cuti tahunan.

4. Posko Kesehatan

Selain itu, PT. KAI Daop 3 Cirebon menyiagakan posko kesehatan di stasiun, yakni Stasiun Kejaksan, Stasiun Prujakan, Stasiun Brebes, dan Stasiun Jatibarang.

“Setiap Posko Kesehatan tersebut ada empat petugas kesehatannya yang bertugas selama 24 jam,” ujar Manager Kesehatan Daop 3 Cirebon, Fatekur Rozi.

Lanjut Fatekur, untuk di Stasiun Kejaksan dan Stasiun Prujakan Cirebon dalam posko kesehatan ada layanan pemeriksaan kesehatan (Rikes) untuk menangani penumpang sakit dan awak KA.

BACA YUK:  AMITRA Hadirkan Produk Pembiayaan Logam Mulia, Beli Emas

“Rikes ini juga ditunjukan untuk awak KA yang ingin menjalankan dinas, dalam hal ini Masinis, Asisten Masinis, Kondektur, Polsuska, termasuk Reska,” tandas Fatekur. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Peduli Banjir Waled, DPC PKB Kabupaten Cirebon Dirikan Posko

Cirebon,- Banjir yang menggenang di wilayah Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon beberapa hari lalu menyita banyak perhatian masyarakat, tak terkecuali...

Cegah Penyebaran Omicron, Goa Sunyaragi Perketat Protokol Kesehatan untuk WNA

Cirebon,- Badan Pengelola Taman Air Goa Sunyaragi (BPTAGS) memperketat wisatawan asing atau WNA yang hendak berkunjung ke objek wisata Goa Sunyaragi. Pengetatan turis asing...

Terus Kembangkan dan Lindungi UMKM, Batur Mba Wulan Gelar Acara “Ngopi”

Cirebon,- Sebagai wujud komitmen dan kepedulian akan pengembangan UMKM di Wilayah Cirebon, BMW (Batur Mba Wulan) menggelar diskusi bareng lewat Ngopi (Ngobrol Hepi) Bareng...

Hujan Deras di Kota Cirebon, Tumbangkan Pohon dan Timpa Pengendara

Cirebon,- Hujan deras dan angin kencang melanda Kota Cirebon pada Minggu sore, (23/01/2022) mengakibatkan pohon tumbang di Jalan Cipto Kota Cirebon dan menimpa pengendara...

More Articles Like This