Senin, 25 Mei 2020

Ini yang Dilakukan Telkomsel Untuk Mengurangi Penggunaan Plastik

Populer

H-3 Lebaran Idulfitri Kendaraan Roda Dua Padati Jalur Pantura Cirebon

Cirebon,- H-3 menjelang Hari Raya Idulfitri, Jalur Pantura Cirebon dipadati kendaraan roda dua dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah,...

Tetap Dukung PSBB, Grage Mall dan Grage City Mall Memilih Buka Sehabis Lebaran

Cirebon,- Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Cirebon di perpanjang mulai hari ini tanggal 20 Mei - 2...

Bila Masih Ditemukan Warga Mudik, Polresta Cirebon Akan Putar Balik Kendaraan

Cirebon,- Pemerintah telah mengeluarkan larangan mudik lebaran pada Hari Raya Idul Fitri tahun 2020 ini guna mencegah penyebaran virus...

Masjid Raya At-Taqwa dan Masjid Sang Cipta Rasa Tidak Menggelar Salat Id

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon telah memperpanjang masa PSBB tahap kedua selama 14 hari kedepan.PSBB tahap kedua sudah dimulai...

Pemda Kabupaten Cirebon Lakukan Test Swab Massal di Pasar Sumber

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon kembali menjalani test massal Covid-19 menggunakan metode PCR (Polymerase Chain Reaction) atau swab.Kali ini,...

Cirebon,- Telkomsel mengajak masyarakat untuk menunjukkan komitmen dan memberikan aksi nyata dalam mengurangi penggunaan plastik sekaligus mengurangi sampah plastik melalui gerakan #BhayPlastik.

Hari ini, Sabtu (2/2/2019), gerakan #BhayPlastik diselenggarakan di Kota Cirebon bertempat di area Bima, diikuti oleh berbagai komunitas.

1. Diikuti Komunitas

Gerakan sosial yang diadakan sejak Desember 2018 ini bertujuan untuk menyebarkan kesadaran lingkungan, khususnya agar masyarakat dapat lebih bijak dalam menggunakan plastik.

Loading...

General Manager Youth & Community Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Ricky E Panggabean berharap kegiatan seperti ini bisa diikuti oleh ratusan komunitas anak muda di setiap kota yang ada.

“Kita berharap juga, keikutsertaan komunitas muda ini tergambar dengan hastag #BhayPlastik yang bisa viral di social media masing-masing,” ujarnya kepada About Cirebon.

Lanjut Ricky, ajakan untuk mengurangi plastik tersebut dilakukan bukan hanya nyata dalam pengambilan plastik, tetapi berharap bisa viral juga di sosial media masing-masing.

“Kami percaya, perubahan yang besar dapat dimulai dari sebuah aksi yang sederhana seperti ini,” katanya.

2. Ajak Generasi Muda

Ricky menjelaskan, setiap tahunnya, Indonesia memproduksi sampah plastik sebanyak 64 juta ton sampah plastik. Bahkan, sebanyak 3,2 juta ton sampah plastik tersebut dibuang kelaut.

“Dan itu, menyebabkan Indonesia sebagai penyumbang sampah plastik terbesar ke dua di dunia,” terangnya.

Bahkan, kata Ricky, banyak video yang beredar penyu dari hidungnya ditarik sedotan plastik, kemudian ada ikan paus yang mati dan di dalam perutnya berisi sampah plastik.

“Jadi, itulah sebabnya Telkomsel mengajak generasi muda supaya ikut peduli terhadap bahaya menggunakan plastik,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, anak muda bisa mengkampanyekan kepada sekelilingnya untuk tidak menggunakan plastik dan bahaya dari plastik.

“Bukan saja anak muda, semua orang dapat ikut berpartisipasi dengan melakukan aksi sederhana, seperti mendaur ulang plastik bekas yang bisa menjadi barang yang bermanfaat hingga mengganti penggunaan plastik sekali pakai,” terang Ricky.

3. Diselenggarakan di 11 Kota

Untuk mengajak lebih banyak lagi masyarakat untuk terlibat dalam gerakan sosial #BhayPlastik, kegiatan ini di selenggarakan di 11 kota, yaitu Medan, Pekanbaru, Lampung, Serang, Bogor, Cirebon, Semarang, Malang, Balikpapan, Makassar, dan Manado.

Menurut Ricky, untuk di area Jabodetabek Jabar, Kota Cirebon merupakan kota terakhir dari 11 kota, sebelumnya sudah diselenggarakan di Bogor dan Serang.

“Tapi, secara nasional ada 11 kota yang diadakan aksi sosial #BhayPlastik,” kata Ricky.

4. Membuat Viral

Sementara itu, Branch Manager Telkomsel Cirebon, Fachrul Rizzal menjelaskan aksi sosial #BhayPalstik yang diselenggarakan di Cirebon diikuti oleh lima komunitas.

“Memang tidak terlalu banyak, harusnya hanya 50 peserta saja. Tetapi melihat antusiasnya sangat besar sekali yang datang, bahkan ini lebih dari 50 peserta,” kata Fachrul.

Menurut Fachrul, kegiatan seperti ini berharap bisa viral di sosial media, karena memang peserta yang ikut di aksi ini yang benar-benar aktif di sosial media seperti instagram, twitter, hingga membuat vlog.

“Melalui itu, kita ingin memberikan perubahan besar bagi lingkungan dengan mengajak semua orang untuk mulai merubah kebiasaan sehari-hari dalam penggunaan plastik,” kata Fachrul.

5. Rangkaian Acara

Sementara itu, Ricky menambahkan rangkaian acara #BhayPlatik diawali dengan kegiatan Trash Run. Trash Run ini adalah kegiatan lari santai sembari mengambil sampah di sepanjang area yang dilewati.

“Yang tujuannya untuk memberikan contoh kepada masyarakat sekitar, bahwa kita semua bisa berkontribusi dalam gerakan peduli lingkungan,”
Ujar Ricky.

Usai melakukan Trash Run, acara dilanjut dengan Plastalk, yang merupakan kegiatan edukasi mengenai bahaya sampah plastik dan cara merubah plastik bekas menjadi sebuah karya seni yang berguna dan bernilai ekonomis.

“Pembicaranya sendiri dari LSM yang memang sehari-hari berkecimpung dalam hal kepedulian terhadap lingkungan,” terangnya.

Kemudian, kata Ricky, acara dilanjut dengan membagi-bagikan trash bag kepada masyarakat, untuk digunakan sebagai pengganti kantong plastik belanja.

“Di setiap kota yang diselenggarakan kegiatan ini, dikemas sama ada Trash Run, Plastalk, dan membagi-bagikan trash bag,” tandasnya.

6. Dimulai dengan hal kecil

Salah satu peserta, Rania Ardhany, dari SMA Negeri 2 Kota Cirebon yang mengikuti acara ini sangat mengapresiasi, menurutnya acara ini sangat berguna dan dapat mengedukasi.

“Seru banget, dari acara ini bisa ketemu temen-temen baru dan dapat pengalaman baru ngambilin sampah plastik,” kata Rania.

Dirinya mengaku tertarik dengan acara ini, karena memang senang dengan alam, ingin menjaga alam, serta ingin berkontribusi untuk menjaga alam.

“Kita harus bisa bersama-sama menjaga alam dimulai dengan hal kecil, seperti mengganti penggunaan palstik sekali pakai,” tutupnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Satu Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon Sembuh

Cirebon,- Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon mengumumkan satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon sembuh.Berdasarkan hasil...

Slamet Anak Sebatang Kara yang Tinggal di Rumah Hampir Ambruk

Cirebon,- Slamet (15) asal Blok Singkil 2 RT 02 RW 07, Desa Astanajapuran Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, kondisinya terlihat memperihatinkan.Pasalnya, Slamet merupakan anak yatim...

Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon Bertambah Satu Lagi

Cirebon,- Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon mengumumkan adanya penambahan satu pasien baru terkonfirmasi positif Covid-19, Sabtu (23/5/2020).Sehingga, total pasien terkonfirmasi positif Covid-19...

H-2 Jelang Lebaran Idulfitri, Polresta Cirebon Terus Lakukan Penyekatan Selama 24 Jam

Cirebon,- H-2 jelang Hari Raya Idulfitri tahun 2020, jajaran Polresta Cirebon bersama dengan unsur lainnya terus melakukan penyekatan di wilayah Kabupaten Cirebon.Kapolresta Cirebon, Kombes...

Polresta Cirebon Musnahkan Ribuan Minuman Keras Hasil Razia

Cirebon,- Polresta Cirebon memusnahkan barang bukti sepuluhan ribu botol minuman keras (miras) berbagai jenis hasil razia.Pemusnahan yang dihadiri Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten...

More Articles Like This