Sabtu, 24 Agustus 2019

Ini yang Dilakukan Telkomsel Untuk Mengurangi Penggunaan Plastik

Populer

Serunya Kebersamaan Warga RW 03 Widarasari di Peringatan HUT RI

Cirebon,- Peringatan Kemerdekaan RI yang ke-74 diperingati oleh berbagai lapisan masyarakat. Hal tersebut juga dilakukan sebagai agenda rutin setiap...

Hari Kemerdekaan ke-74, Daop 3 Cirebon Bagikan 1945 Air Minum Kemasan dan Pesta Diskon Untuk Penumpang Argo Cheribon

Cirebon,- Sejalan dengan komitmen KAI untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh stakeholder yang ada, PT KAI Daop 3...

Menikmati Perjalanan Cirebon Menuju Solo

Cirebon,- Kota Surakarta, juga disebut Solo, adalah wilayah otonom dengan status kota yang berada di bawah Provinsi Jawa Tengah,...

Seluruh Karyawan Cirebon Power Melaksanakan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI

Cirebon,- Karyawan dan pekerja di lingkungan pembangkit Cirebon Power turut melaksanakan upacara HUT Ke-74 Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8/2019). Upacara...

Pererat Silaturahmi, CSB Mall Gelar Touring Bersama Tenant

Cirebon,- Dalam rangka mempererat tali silaturahmi, CSB Mall menggelar touring bersama tenant-tenant CSB Mall, Senin (19/8/2019).Kegiatan touring motor tersebut...

Cirebon,- Telkomsel mengajak masyarakat untuk menunjukkan komitmen dan memberikan aksi nyata dalam mengurangi penggunaan plastik sekaligus mengurangi sampah plastik melalui gerakan #BhayPlastik.

Hari ini, Sabtu (2/2/2019), gerakan #BhayPlastik diselenggarakan di Kota Cirebon bertempat di area Bima, diikuti oleh berbagai komunitas.

1. Diikuti Komunitas

Gerakan sosial yang diadakan sejak Desember 2018 ini bertujuan untuk menyebarkan kesadaran lingkungan, khususnya agar masyarakat dapat lebih bijak dalam menggunakan plastik.

General Manager Youth & Community Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Ricky E Panggabean berharap kegiatan seperti ini bisa diikuti oleh ratusan komunitas anak muda di setiap kota yang ada.

“Kita berharap juga, keikutsertaan komunitas muda ini tergambar dengan hastag #BhayPlastik yang bisa viral di social media masing-masing,” ujarnya kepada About Cirebon.

Lanjut Ricky, ajakan untuk mengurangi plastik tersebut dilakukan bukan hanya nyata dalam pengambilan plastik, tetapi berharap bisa viral juga di sosial media masing-masing.

“Kami percaya, perubahan yang besar dapat dimulai dari sebuah aksi yang sederhana seperti ini,” katanya.

2. Ajak Generasi Muda

Ricky menjelaskan, setiap tahunnya, Indonesia memproduksi sampah plastik sebanyak 64 juta ton sampah plastik. Bahkan, sebanyak 3,2 juta ton sampah plastik tersebut dibuang kelaut.

“Dan itu, menyebabkan Indonesia sebagai penyumbang sampah plastik terbesar ke dua di dunia,” terangnya.

Bahkan, kata Ricky, banyak video yang beredar penyu dari hidungnya ditarik sedotan plastik, kemudian ada ikan paus yang mati dan di dalam perutnya berisi sampah plastik.

“Jadi, itulah sebabnya Telkomsel mengajak generasi muda supaya ikut peduli terhadap bahaya menggunakan plastik,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, anak muda bisa mengkampanyekan kepada sekelilingnya untuk tidak menggunakan plastik dan bahaya dari plastik.

“Bukan saja anak muda, semua orang dapat ikut berpartisipasi dengan melakukan aksi sederhana, seperti mendaur ulang plastik bekas yang bisa menjadi barang yang bermanfaat hingga mengganti penggunaan plastik sekali pakai,” terang Ricky.

3. Diselenggarakan di 11 Kota

Untuk mengajak lebih banyak lagi masyarakat untuk terlibat dalam gerakan sosial #BhayPlastik, kegiatan ini di selenggarakan di 11 kota, yaitu Medan, Pekanbaru, Lampung, Serang, Bogor, Cirebon, Semarang, Malang, Balikpapan, Makassar, dan Manado.

Menurut Ricky, untuk di area Jabodetabek Jabar, Kota Cirebon merupakan kota terakhir dari 11 kota, sebelumnya sudah diselenggarakan di Bogor dan Serang.

“Tapi, secara nasional ada 11 kota yang diadakan aksi sosial #BhayPlastik,” kata Ricky.

4. Membuat Viral

Sementara itu, Branch Manager Telkomsel Cirebon, Fachrul Rizzal menjelaskan aksi sosial #BhayPalstik yang diselenggarakan di Cirebon diikuti oleh lima komunitas.

“Memang tidak terlalu banyak, harusnya hanya 50 peserta saja. Tetapi melihat antusiasnya sangat besar sekali yang datang, bahkan ini lebih dari 50 peserta,” kata Fachrul.

Menurut Fachrul, kegiatan seperti ini berharap bisa viral di sosial media, karena memang peserta yang ikut di aksi ini yang benar-benar aktif di sosial media seperti instagram, twitter, hingga membuat vlog.

“Melalui itu, kita ingin memberikan perubahan besar bagi lingkungan dengan mengajak semua orang untuk mulai merubah kebiasaan sehari-hari dalam penggunaan plastik,” kata Fachrul.

5. Rangkaian Acara

Sementara itu, Ricky menambahkan rangkaian acara #BhayPlatik diawali dengan kegiatan Trash Run. Trash Run ini adalah kegiatan lari santai sembari mengambil sampah di sepanjang area yang dilewati.

“Yang tujuannya untuk memberikan contoh kepada masyarakat sekitar, bahwa kita semua bisa berkontribusi dalam gerakan peduli lingkungan,”
Ujar Ricky.

Usai melakukan Trash Run, acara dilanjut dengan Plastalk, yang merupakan kegiatan edukasi mengenai bahaya sampah plastik dan cara merubah plastik bekas menjadi sebuah karya seni yang berguna dan bernilai ekonomis.

“Pembicaranya sendiri dari LSM yang memang sehari-hari berkecimpung dalam hal kepedulian terhadap lingkungan,” terangnya.

Kemudian, kata Ricky, acara dilanjut dengan membagi-bagikan trash bag kepada masyarakat, untuk digunakan sebagai pengganti kantong plastik belanja.

“Di setiap kota yang diselenggarakan kegiatan ini, dikemas sama ada Trash Run, Plastalk, dan membagi-bagikan trash bag,” tandasnya.

6. Dimulai dengan hal kecil

Salah satu peserta, Rania Ardhany, dari SMA Negeri 2 Kota Cirebon yang mengikuti acara ini sangat mengapresiasi, menurutnya acara ini sangat berguna dan dapat mengedukasi.

“Seru banget, dari acara ini bisa ketemu temen-temen baru dan dapat pengalaman baru ngambilin sampah plastik,” kata Rania.

Dirinya mengaku tertarik dengan acara ini, karena memang senang dengan alam, ingin menjaga alam, serta ingin berkontribusi untuk menjaga alam.

“Kita harus bisa bersama-sama menjaga alam dimulai dengan hal kecil, seperti mengganti penggunaan palstik sekali pakai,” tutupnya. (AC212)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Turnamen Ping-pong Nge-Mall CSB Cup Diikuti Peserta dari Seluruh Indonesia

Cirebon,- Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Kota Cirebon bekerja sama dengan CSB Mall kembali menggelar Turnamen Disdik Cup...

Gali Potensi Hasil Hutan, West Java Forest Festival 2019 Kembali Digelar di Cirebon

Cirebon,- Dalam rangka peningkatan wawasan masyarakat tentang pentingnya fungsi hutan, produk hasil hutan unggulan, meningkatkan nilai tambah produk hasil hutan, serta pemanfaatan hasil hutan...

Hari Jadi Cirebon ke-650, Daop 3 Cirebon Berikan Diskon 10 Persen Untuk Pengguna KA Argo Cheribon, Ini Syaratnya

Cirebon,- Turut memeriahkan Hari Jadi Cirebon ke-650, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Oprasional (Daop) 3 Cirebon memberikan diskon 10 persen untuk pengguna KA...

Mudahkan Pelanggan JNE, Pembayaran Transaksi Bisa Dengan OVO

Jakarta,- OVO platform pembayaran, rewards, dan layanan keuangan digital terdepan di Indonesia, mengumumkan kerja sama dengan JNE sebagai perusahaan jasa pengiriman ekspres dan logistik...

Ribuan Jamaah Padati Kuliah Umum dan Tabligh Akbar bersama Ustadz Abdul Somad di UGJ

Cirebon,- Ribuan jamaah memadati acara Kuliah Umum dan Tabligh Akbar bersama Ustadz Abdul Somad (UAS) di halaman parkir Kampus I Universitas Gunung Jati (UGJ),...

More Articles Like This