Ini yang Dilakukan Kelurahan Pekiringan Kota Cirebon dalam Penanganan Banjir

Cirebon,- Memasuki musim hujan, Kelurahan Pekiringan, Kecamatan Kesambi Kota Cirebon melakukan upaya penanganan banjir di beberapa titik rawan banjir.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meninggikan tanggul di Sungai Sijarak.

Lurah Pekiringan, Diza Satya AP menjelaskan penanganan banjir di wilayah Kelurahan Pekiringan, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, telah dilakukan sebelum musim hujan dengan melakukan normalisasi sungai dan perbaikan drainase.

“Semenjak saya menjabat sebagai Lurah Pekiringan pada tahun 2022, ada beberapa yang sudah dilakukan yaitu normalisasi sungai dan pembersihan saluran-saluran drainase yang ada di wilayah Kelurahan Pekiringan dan dibantu oleh DPUTR,” ujar Diza kepada About Cirebon, Kamis (8/2/2024).

BACA YUK:  Aktivasi IKD Masih Minim, Pj Wali Kota Cirebon Dorong Masyarakat Untuk Lakukan Aktivasi

Pada tahun 2023 akhir, kata Diza, melalui pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (Kemen PUPR RI) bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), serta Wakil Wali Kota Cirebon saat itu melakukan normalisasi Sungai Sijarak.

“Mungkin, selama 10 tahun sungai tersebut tidak dikeruk dan mengakibatkan beberapa RW di Kelurahan Pekiringan berdampak banjir. Seperti kita ketahui bersama, di Kelurahan Pekiringan itu titik pusat banjir di Kota Cirebon,” katanya.

Untuk itu, tambah Diza, Pemerintah Daerah Kota Cirebon sangat konsen menangani banjir di Kota Cirebon. Seperti yang sudah dilakukan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Cirebon, Agus Mulyadi dan Kepala BBWS, langsung meninjau lokasi yang sudah dilakukan pengerukan di Sungai Sijarak.

BACA YUK:  Libur Sekolah, 100 Anak Ikuti Khitanan Massal Pertamina Regional JBB

“Dampak dari normalisasi sungai itu sangat signifikan, yang tadinya 2 – 3 RW yang terpendam banjir sekarang tinggal beberapa rumah saja yang ada di bantaran sungai. Maka dari itu, untuk menanggulangi hal tersebut perlu meninggikan tanggul,” jelasnya.

“Bersama Pj Wali Kota Cirebon dan Kepala BBWS, peninggian tanggul di Sungai Sijarak ini akan segera dilaksanakan. Kita sudah cek ke lapangan dan mudah-mudahan semuanya bisa terlaksana dengan baik,” pungkasnya. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *