Ini Tujuan DKIS Kota Cirebon Kunjungi Kabupaten Badung Bali

Bali,- Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon melakukan Studi Komparasi untuk pengembangan Smart City dan Kehumasan.

Kegiatan tersebut, DKIS bersama awak media sekaligus untuk penguatan hubungan media di Kota Cirebon, berkunjung ke Command Center Dinas Komunikasi dan Informatika, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Ma’ruf Nuyasa, selaku Sekretaris Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Cirebon mengatakan kunjungan ke Kabupaten Badung ini bertujuan untuk menggali lebih banyak informasi dan belajar terkait program-program yang masuk didalam Smart City Kabupaten Badung dan juga terkait dengan Kehumasan.

BACA YUK:  Jadwal Pemadaman Listrik di Kota Cirebon, 5 Juni 2022

“Kenapa demikian, karena tahun 2017 kami (Kota Cirebon) lolos assement 25 Kota/Kabupaten se-Indonesia menuju Smart City,” ujarnya kepada About Cirebon, Senin (5/11/2018).

Sehingga, kata Ma’ruf, kunjungannya ke Kabupaten Badung ingin belajar atau istilanya ingin kolaborasi, sinergitas dan sharing yang berkaitan dengan Smart City.

“Kunjungan ini juga bukan hanya dari sisi Smart City, kami juga ingin menggali terkait potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Badung,” ungkapnya.

Usai mengunjungi dan saling sharing dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung Bali, menurut Ma’ruf, dari beberapa program yang ada di Pemerintah Kabupaten Badung, ada beberpa program yang menurutnya bisa diterapkan di Kota Cirebon.

BACA YUK:  Pakai Knalpot Bising, 48 Sepeda Motor Diamankan Satlantas Polresta Cirebon

“Salah satunya tadi, penyediaan wifi gratis. Kalau di Kabupaten Badung aksesnya sudah menggunakan Fiber Optik, kami di Cirebon baru sebagian, dan ini sudah kita lakukan,” bebernya.

“Tadi, informasi dari Kabupaten Badung, ada kerja sama dengan pihak non pemerintah dan ini juga akan kita upayakan di Kota Cirebon. Termasuk di dalamnya pemanfaatan CCTV,” imbuhnya.

Dari hasil kunjungannya, kata Ma’ruf, bisa semakin memantapkan Smart City dan untuk memaksimalkan sarana yang ada di Kota Cirebon, khusunya dijaringan Fiber Optik dan akses CCTV.

BACA YUK:  Cicipi Hidangan Japanese Katsu Seaweed Curry Rice di Aston Bogor

Selain itu, lanjut Ma’ruf, mengenai salah satu aplikasi yang dimiliki Kabupaten Badung yang bernama SITA (Sistem Informasi Pariwisata), di Kota Cirebon pun sudah memiliki aplikasi yang sama yaitu Wistakon (Wisata Kota Cirebon).

“Secara detail, ini sangat bagus sekali, karena memang Kabupaten Badung ini sudah menjadi destinasi tujuan wisata baik nasional maupun internasional,” jelasnya.

“Insyaallah, beberapa item yang terkait dengan pemanfaatan teknologi, khususnya untuk pengembangan pariwisata, kita juga akan kembangkan di Kota Cirebon,” tutupnya. (AC212)

(Dilihat: 12 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.