Ini Tujuan Diselenggarakannya Fashion Show Batik Goes to Campus

0
214
Fashion Show Batik Goes to Campus

Cirebon,- Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI PT) Senja IAIN Syekh Nurjati Kota Cirebon menggelar acara HIP-Fest 2019 yang berlangsung di halaman Kampus IAIN Syekh Nurjati, Jalan Perjuangan, Kota Cirebon, Selasa (21/5/2019).

1. Edukasi Batik

Aston Hotel

Kegiatan HIP-Fest 2019 yang mengusung tema Fashion Show Batik Goes to Campus tersebut berkolaborasi dengan beberapa pengusaha batik yang ada di Cirebon.

Muhamad Sultoni, selaku Pengurus HIPMI BBC Kota Cirebon, bidang UMKM dan Koperasi mengatakan diusungnya tema Batik Goes to Campus tersebut artinya bahwa kampus merupakan bagian dari aktivitas akademika yang mau tidak mau, suka tidak suka harus memgemban amanah kebudayaan.

“Sekaligus tradisi, edukasi bahwa batik tidak hanya masuk wilayah kebudayaan saja, tetapi masuk dalam wilayah pendidikan yang harus kita ikutkan dalam dunia kesantunan, keramahtamahan, dan dunia pariwisata tentunya,” ujarnya kepada About Cirebon di sela-sela acara.

Teja Berlian
Teja Berlian 2
Teja Berlian 3

Lanjut Sultoni, agenda dari kegiatan ini sendiri yakni bagaimana mensyiarkan atau mempublikasikan komoditas yang ada di HIPMI PT, seperti komoditas kerajinan, hingga hasil olahan makanan.

2. Lomba Fashion Show

Terkait fashion show Batik Goes to Campus, menurut Sultoni, diikuti peserta dari wilayah Cirebon, terutama dari beberapa universitas yang ada di Kota Cirebon.

“Jadi kegiatan ini sekaligus juga memberikan edukasi dan mengaplikasikan kepada peserta bagaimana memakai batik secara fashion maupun secara tradisi,” terangnya.

Karena, kata Sultoni, penggunaan batik di wilayah akademisi merupakan bagian dari warisan leluluhur yang perlu dilestarikan bersama-sama.

“Jadi bagaimana kita memakai batik bukan hanya di saat resmi, tetapi untuk santai atau acara apapun,” ungkapnya.

3. Bisa Membawa Tradisi

Pantauan About Cirebon, peserta yang mengikuti Fashion Show Batik Goes to Campus begitu sangat antusias, walapun kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan oleh HIMPI PT tersebut.

Pihaknya berharap, dengan diselenggarakan kegiatan ini bahwa insan akademisi bisa menjadi tolak ukur bagaimana tradisi budaya, mewarisi batik itu sebagai bagian dari pada kebudayaan kita.

“Saya berharap, insan akademisi bisa membawa tradisi bagaimana kita berpakaian yang santun, ramah, serta berbudaya,” harap Sultoni.

4.  Pebisnis Muda Cirebon 

M. Sultoni selain Pengurus HIPMI BPC Kota Cerbon bidang UMKM dan Koperasi , juga pemilik Nisbiq Batik di PGC ( Pusat Grosir Cerbon) Lantai 2 Blok A93-95 dengan Motto Merajut Budaya Menuai Prestasi, menunjukkan bahwa batik sarat makna dengan insan akademisi untuk selalu berprestasi.

Sementara itu , ditemui selesai acara, Ali Hasbi alias ICAL DELU yang selaku Juri Fashion Show merasa terhormat ketika dapat kesempatan menampilkan lagu #BatikKita saat penutupan acara.

Pemilik usaha Batik BangSin ini mengungkapkan harapannya dengan semakin banyak yang mendengar lagu #BatikKita semoga bisa diterima masyarakat luas dari berbagai kalangan dan menjadikannya lagu Batik Nasional.

Tuturnya, lagu tersebut bisa langsung ditonton video klipnya di YouTube dengan keyword : ICAL DELU – Batik Kita“. (AC212)