Jumat, 20 September 2019

Ini Tujuan Diselenggarakannya Fashion Show Batik Goes to Campus

Populer

Ribuan Masyarakat Tumpah Ruah Saksikan Festival Budaya Cirebon

Cirebon,- Festival Budaya Cirebon (Nadran Gunung Jati) yang berlangsung di Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon berlangsung meriah, Sabtu (14/9/2010). Ribuan...

Gadis Asal Cirebon yang Masuk The Voice of Germany 2019 Sudah Memiliki Bakat Sejak Balita

Cirebon,- Claudia Emmanuela Santoso yang mengikuti ajang pencarian bakat di Jerman yakni The Voice of Germany 2019 merupakan gadis...

Ini Tanggapan Pihak Sekolah dan Adik Kelas Claudia yang Masuk The Voice of Germany 2019

Cirebon,- Gadis asal Cirebon Claudia Emmanuela Santoso yang mengikuti ajang pencarian bakat di Jerman The Voice of Germany 2019...

Seorang Difabel Ini Menyelesaikan Finswimming 3.000 Meter pada event Navy Open Tournament Lanal Cirebon

Cirebon,- Navy Open Tournament 2019 yang diselenggarakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AL ke-74 dan Hari Jadi...

Navy Open Tournament 2019 Bisa Meningkatkan Pariwisata Laut Cirebon

Cirebon,- Puluhan peserta dari berbagai wilayah di Jawa Barat, hingga Surabaya dan Jakarta ikut serta dalam Navy Open Tournament...

Cirebon,- Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI PT) Senja IAIN Syekh Nurjati Kota Cirebon menggelar acara HIP-Fest 2019 yang berlangsung di halaman Kampus IAIN Syekh Nurjati, Jalan Perjuangan, Kota Cirebon, Selasa (21/5/2019).

1. Edukasi Batik

Kegiatan HIP-Fest 2019 yang mengusung tema Fashion Show Batik Goes to Campus tersebut berkolaborasi dengan beberapa pengusaha batik yang ada di Cirebon.

Muhamad Sultoni, selaku Pengurus HIPMI BBC Kota Cirebon, bidang UMKM dan Koperasi mengatakan diusungnya tema Batik Goes to Campus tersebut artinya bahwa kampus merupakan bagian dari aktivitas akademika yang mau tidak mau, suka tidak suka harus memgemban amanah kebudayaan.

“Sekaligus tradisi, edukasi bahwa batik tidak hanya masuk wilayah kebudayaan saja, tetapi masuk dalam wilayah pendidikan yang harus kita ikutkan dalam dunia kesantunan, keramahtamahan, dan dunia pariwisata tentunya,” ujarnya kepada About Cirebon di sela-sela acara.

Lanjut Sultoni, agenda dari kegiatan ini sendiri yakni bagaimana mensyiarkan atau mempublikasikan komoditas yang ada di HIPMI PT, seperti komoditas kerajinan, hingga hasil olahan makanan.

2. Lomba Fashion Show

Terkait fashion show Batik Goes to Campus, menurut Sultoni, diikuti peserta dari wilayah Cirebon, terutama dari beberapa universitas yang ada di Kota Cirebon.

“Jadi kegiatan ini sekaligus juga memberikan edukasi dan mengaplikasikan kepada peserta bagaimana memakai batik secara fashion maupun secara tradisi,” terangnya.

Karena, kata Sultoni, penggunaan batik di wilayah akademisi merupakan bagian dari warisan leluluhur yang perlu dilestarikan bersama-sama.

“Jadi bagaimana kita memakai batik bukan hanya di saat resmi, tetapi untuk santai atau acara apapun,” ungkapnya.

3. Bisa Membawa Tradisi

Pantauan About Cirebon, peserta yang mengikuti Fashion Show Batik Goes to Campus begitu sangat antusias, walapun kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan oleh HIMPI PT tersebut.

Pihaknya berharap, dengan diselenggarakan kegiatan ini bahwa insan akademisi bisa menjadi tolak ukur bagaimana tradisi budaya, mewarisi batik itu sebagai bagian dari pada kebudayaan kita.

“Saya berharap, insan akademisi bisa membawa tradisi bagaimana kita berpakaian yang santun, ramah, serta berbudaya,” harap Sultoni.

4.  Pebisnis Muda Cirebon 

M. Sultoni selain Pengurus HIPMI BPC Kota Cerbon bidang UMKM dan Koperasi , juga pemilik Nisbiq Batik di PGC ( Pusat Grosir Cerbon) Lantai 2 Blok A93-95 dengan Motto Merajut Budaya Menuai Prestasi, menunjukkan bahwa batik sarat makna dengan insan akademisi untuk selalu berprestasi.

Sementara itu , ditemui selesai acara, Ali Hasbi alias ICAL DELU yang selaku Juri Fashion Show merasa terhormat ketika dapat kesempatan menampilkan lagu #BatikKita saat penutupan acara.

Pemilik usaha Batik BangSin ini mengungkapkan harapannya dengan semakin banyak yang mendengar lagu #BatikKita semoga bisa diterima masyarakat luas dari berbagai kalangan dan menjadikannya lagu Batik Nasional.

Tuturnya, lagu tersebut bisa langsung ditonton video klipnya di YouTube dengan keyword : ICAL DELU – Batik Kita“. (AC212)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Telkomsel Luncurkan Aplikasi DIGI X Absensi Digital Berbasis Mobile

Tasikmalaya,- Telkomsel terus berkomitmen dalam mengembangkan ekosistem digital di bidang pendidikan. Sebagai upaya mewujudkan komitmen tersebut, Telkomsel menghadirkan aplikasi...

64 Peserta dari Berbagai Daerah Ikuti CSB Billiard Tournament Seri #3

Cirebon,- CSB Mall dengan konsep sportaimentnya kembali menghadirkan CSB Billiard Tournament seri #3 yang diselenggarakan sejak 16 sampai 22 September 2019 di Atrium CSB...

Sembilan Bayi Lahir Tepat di Tanggal 19-9-19 di RSIA Cahaya Bunda

Cirebon,- Sembilan bayi dari sembilan pasangan suami istri melahirkan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Cahaya Bunda, Kota Cirebon bertepatan di tanggal cantik, Kamis...

A.I.O Store, Pusat AC Pertama Dengan Belasan Brand Hadir di Kota Cirebon

Cirebon,- Pusat Air Conditioning (AC) A.I.O All In One Store melakukan Grand Opening sebagai penanda dibukanya toko AC di Kota Cirebon, Kamis (19/9/2019). Toko pusat...

Meriahkan Hari Jadi Cirebon ke-650, Jurnalis Cirebon Beradu Membuat dan Membaca Puisi

Cirebon,- Dalam ranga rangkaian Hari Jadi Cirebon ke-650, Pemerintah Daerah Kota Cirebon menggelar lomba jurnalis berpuisi yang diikuti oleh teman-teman media di Cirebon baik...

More Articles Like This