Ini Satu-satunya Wanita yang Ikut Kirab Anyer – Bali dengan Bersepeda Onthel

0
145
Ni Made Dwi Puspasari asal Bali

Cirebon,- IVCA (International Veteran Cycle Association) merupakan event tahunan bagi pegiat sepeda tua tingkat dunia.

Pada tanggal 12 – 16 April 2018 yang akan datang, perhelatan ini diselenggarakan di Bali. Event ini merupakan yang pertama kali digelar di Indonesia, bahkan Asia.

Aston Hotel

Untuk memeriahkan event tersebut, Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) menyelenggarakan kirab yang dimulai pada tanggal 24 Maret 2018 di Anyer dan akan berakhir di Bali dengan bersepeda.

Peserta kirab diikuti sebanyak 10 peserta. Dari 10 peserta Kirab IVCA yang menggowes sepeda onthel dari Anyer menuju Bali, salah satunya adalah perempuan.

Sosok wanita bernama Ni Made Dwi Puspasari asal Bali ini sudah 18 tahun bersepeda onthel. Kata dia, untuk gowes jarak jauh ini bukan yang pertama kali.

Istana Kerang

“Ini sudah yang kesekian kali, waktu itu pernah mengikuti Event Srikandi Indonesia dari Aceh menuju Padang, Mamuju – Makasar, dan Bali – Jakarta,” ujarnya, Selasa (27/3/2018).

Kata dia, selama perjalanan dari Anyer sampai Cirebon jalannya masih ada yang kurang mulus, karena menggunakan sepeda tua, sepeda juga kurang mendukung.

“Mengikuti kirab ini, ingin mengetahui sensasi selama perjalanan, karena lain dari pada yang lain,” kata wanita berusia 44 tahun ini.

Ia pun berbagi tips untuk melakukan perjalanan jauh dengan bersepeda. Menurutnya, harus menjaga pola makan selama perjalanan.

“Jangan makan pedas dan bersantan,” bebernya.

Di samping itu, lanjut dia, mengikuti kirab ini untuk mengkampanyekan untuk bersepeda, dan jangan malu bersepeda, apalagi itu sepeda onthel. (AC212)