Ini Pesan Sultan Sepuh XIV di HUT Kemerdekaan Indonesia Ke-73

Cirebon,- Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di Keraton Kasepuhan diikuti oleh para abdi dalem, kemantren, para juru kunci, wargi keraton, masyarakat, hingga karyawan dari Bank BRI Cirebon.

Kegiatan upacara berlangsung di halaman Taman Dewandaruu Keraton Kasepuhan, dimulai pukul 08.45 WIB dengan inspektur upacara dipimpin langsung oleh Sultan Sepuh XIV P.R.A.  Arief Natadiningrat.

Pada perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-73, Sultan Sepuh berpesan agar menjaga persatuan dan kesatuan, karena persatuan dan kesatuan Republik Indonesia sedang diuji sekarang ini.

BACA YUK:  Penyelesaian Konflik Keraton Kasepuhan di Balaikota Cirebon Deadlock

“Dengan era globalisasi, ere internet, era demokrasi, dan multi partai sedang diuji. Mudah-mudah, kita bisa lolos dan tetap menjaga persatuan dan kesatuan,” ujarnya usai upacara 17 Agustus, Jumat (17/8/2018).

Lanjut dia, kita harus mencegah dan menolak berita-berita hoax, serta adu domba yang sekarang melanda hampir ukurannya begitu cepat, jam dan menit kepada masyarakat.

“Inilah yang kami prihatin, sehingga masyarakat Indonesia jangan mudah terpancing,” bebernya.

Selain itu, kata Sultan, kita juga harus menghormati adat dan tradisi budaya kita. Karena adat dan tradisi budaya kita adalah jati diri bangsa, yang tertuang dalam lambang negara di Burung Garuda yaitu Bhinneka Tunggal Ika.

BACA YUK:  Program Ngariung di Santika, Harga Mulai Rp 60 Ribu per Orang

“Mari bersama-sama memajukan kebudayaan nasional kita, sesuai dengan Undang-undang No. 5 tahun 2017 yang menyebutkan bahwa kebudayaan kita ini adalah budaya adi luhung, yang memperekat persatuan dan kesatuan,” ungkapnya.

“Marilah kita memajukan pariwisata Indonesia untuk meningkatkan ekonomi daerah dan ekonomi nasional. Dengan ekonomi nasional dan daerah, ini bisa menyumbangkan kepada APBN dan bisa menyejahterakan masyarakat,” tutupnya. (AC212)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *